31 Jul 2012

Uji Kompetensi Guru| Peserta, video tutorial UKG online


Uji Kompetensi Guru
Sebenernya sih kartu peserta UKG udah pada nerima, mereka udah tahu kapan dan dimana harus melaksanakan UKGnya. Akan tetapi alangkah indahnya pabila yang tidak ikut UKG pun tetapi menginginkan tahu tentang para peserta UKG 2012, maka admin akan membagi informasi mengenai cara melihat  daftar UKG 2012 online kepada temen-temen.

Inilah langkah-langkah tahap demi tahap untuk mengetahui daftar peserta uji kompetensi Guru 2012 secara online. 

1. Lihat daftar peserta Uji Kompetensi Guru 2012 di http://ugk.kemdikbud.go.id
    maka akan muncul ini tampilan di bawah ini (untuk mencoba silahkan klik gambarnya)
beranda situs UKG
 
Daftar Peserta UKG

Pencarian peserta melalui NUPTK


2. Untuk mengtahui nama peserta UKG, Kunjungi Sergur.kemdiknas.go.id atau link mirrornya di http://118.98.221.43/index.php?4d407b3e3c7297584c2a41b355d30cb7


3. Silahkah memilih cara pencarian data berdasarkan Sekolah, Nama, atau NUPTK (bebas memilih)


4. Setelah memasukan data, klik Cari.
5. Atau apabila susah-susah klik aja link ini http://ukg.kemdikbud.go.id/index.php?pg=peserta

nah untuk lebih jelasnya cara penggunaan UKG online mari kita simak video tutorialnya di bawah ini

video tutorial UKG online
Demikianlah informasi tentang cara melihat daftar peserta UKG 2012. Semoga bermanfaat.
Baca selengkapnya >>

Uji Kompetensi Guru | kisi-kisi, contoh soal, pedoman


Ujian Kompetensi Guru |
kisi-kisi, contoh soal, pedoman
Ribut-ribut soal Uji Kompetensi Guru yang bakal sebentar lagi dilaksanakan maka, admin berusaha untuk menjelaskan secara lengkap mengenai keberadaan isu-isu yang beredar dan sedikit membingungkan para guru. Supaya tidak bingung klik aja langsung situs resmi UKG-nya, yaitu http://ukg.kemdikbud.go.id/.

akan tetapi situs resmi UKG ini sulit untuk dimasuki, dengan alasan lagi perbaikan atau mungkin lagi banyak yang mau masuk yaaaaaaa..
Nah,... yang paling penting cari tahunya ke Dinas pendidikan setempat aja..., tapi jangan diturutin kalau yang nepu-nepu atau oknum cari untung saja. Yang betul Datang ke Panitia Ujian Kompetensi Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Setempat atu masing-masing lah.....jadi tidak akan bengung... betul gak....???

Sistem Uji kompetensi guru (UKG) Online pada tahun 2012 merupakan salah satu cara yang digunakan disamping cara lain yang bersifat manual (paper pencil test)

UKG online akan dimulai secara serentak pada tgl 30 Juli 2012. Penetapan jadwal pelaksanaan UKG untuk guru untuk masing-masing jenjang pendidikan secara berurutan mulai dari jenjang SMP, SMA, SMK, TK, SD, SLB ditentukan oleh LPMP. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah TUK dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK semakin cepat pelaksanaan UKG. Bagi guru yang memiliki kekhususan yaitu Tuna Netra memerlukan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembaca soal. Lamanya waktu yang diperlukan 180 menit dan dijadwalkan khusus. Berikut kami sampaikan Tata Cara UKG Online yang diperlukan oleh para peserta UKG.

Contoh Soal UKG 2012 ukg.kemdikbud.go.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyediakan Soal UKG 2012 online di situs resmi uji kompetensi guru yang beralamat di  http://ukg.kemdikbud.go.id/ dan http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id.

Inilah daftar soal UKG 2012 yang disediakan oleh kementerian pendidikan dan kebudyaan.
Contoh Soal UKG Bahasa Inggris SMA
Contoh Soal UKG Bahasa Inggris SMP
Contoh Soal UKG Penjas SMA
Contoh Soal UKG Kimia
Contoh Soal UKG TIK
Contoh Soal UKG Akuntansi
Contoh Soal UKG Teknik Otomotif
Contoh Soal UKG Sosiologi Antropologi
Contoh Soal UKG Matematika SMP
Contoh Soal UKG BK
Contoh Soal UKG Seni Budaya
Contoh Soal UKG PKn SMA
Contoh Soal UKG PKn SMP
Contoh Soal Uji Kompotensi Guru SD
Contoh Soal Uji Kompotensi Guru Penjas Orkes SD
Contoh Soal UKG Profesi Mapel Bahasa Indonesia SMP
Contoh Soal UKG IPS SMP
Contoh Soal UKG Profesional Guru Taman Kanak-Kanak
Contoh Soal UKG Profesi Mapel Sejarah SMA MA SMK
Contoh Soal UKG Profesi Bahasa Inggris
Contoh Soal UKG IPA

Bagi anda yang belum mengetahui cara donwloadnya, blog PKBM Cibanggala akan membagi cara download Soal UKG 2012 silahkan ikuti petunjuk dibawah ini : (klik aja gambarnya langsung)

1. Kunjungi :

Pilihlah poin-poin yang telah disediakan
2. Silahkan download Soal UkG anda
a. apabila hanya ingin melihatnya saja

untuk Guru SD
untuk Guru SD Kepala Sekolah
b. apabila ingin mendowlnloadnya

apabila mendownload dengan XP tanpa download manager


Untuk contoh soal-soal yang harus di jawab, banyak situs-situs(walau agak membingungkan juga hehehe...) yang menyediakan hal-hal seperti itu. contohnya soal seperti di bawah ini. Coba Bandingkan ya.. ibu-ibu, bapak-bapak

1. Dari http://www.ujikompetensiguru.com/2012/07/soal-ukg-guru-sd.html

  • Apa saja unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah makalah?
  • Jelaskan norma apa saja yang harus dipatuhi di sekolah dan bagaimana jenis sanksinya?
  • Kemukakan prinsip-prinsip demokrasi secara umum yang anda ketahui dan bagaimana implementasinya di Indonesia!
  • Bagaimana peranan / fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup dan sebagai dasar negara?
  • Bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan / rasio?
  • Gambarkan proses-proses fotosintesis pada tumbuhan!
  • Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis?



2. Dari http://www.ujikompetensiguru.com/2012/07/soal-ukg-guru-sd.html berdasarkan Unnes (2008) :

  • Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih)
  • Gambarlah perkalian 5 - 3 dengan menggunakan garis Bilangan
  • Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
  • Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
  • Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
  • Mengapa jamur termasuk heterotrof?
  • Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
  • Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
  • Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
  • Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
  • Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
  • Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
  • Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
  • Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
  • Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
  • Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
  • Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
  • Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
  • Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural!
  • Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
  • Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
  • Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?



3. Dari http://lebahndut.blogspot.com/2012/07/kisi-kisi-soal-ukg-2012-sd-smp-sma-smk.html

1. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran

2. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian

3. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis

4. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal

5. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
Soal: Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:
A. Palmer, W
B. Gagne
C. Bright
D. AECT

6. Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :
A. harus membuat terlebih dulu
B. Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
C. harganya mahal dan modern
D. Pengoperasiannya sulit.

7. Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.

8. Manakah media yang paling baik untuk mengajar
A. VCD
B. Flip
C hart
D. OHT
E. LCD

9. Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
A. instrument perencanaan media dalam pembelajaran
B. Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
C. Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
D. Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)

10. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.

11. Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
a. bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat
membiayai sekolah anak-anaknya
b. bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c. bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d. mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.

12. KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus (a). Inovatip dan Kreatip (b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning (c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan (d ). Demonstrating the knowledge. Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
A. (a) dan (b)
B. (a) dan (d)
C. (d)
D. (c)

13. Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran akan :
(a) menarik perhatian siswa.
(b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa
(d). Merepotkan dan membebani guru

Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
A. (a) dan (b)
B. (a) dan (c)
C. (b) dan (d)
D. (c)dan (d)

14. Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.

15. Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :
A. pesan dan orang
B. Alat dan teknik
C. Lingkungan,
D. pesan dan bahan
(boleh pilih lebih dari satu jawaban).

atau bisa juga dilihat di

JADI, Soal UKG Guru dikembangkan dari kisi-kisi resmi Kemdikbud sesuai mata pelajaran yang bersangkutan, saran kami kepada Bapak/Ibu adalah daripada mencari kesana kemari tentang soal-soal UKG yang belum tentu sesuai, baik dalam materi maupun bentuknya lebih baik mari kita kembangkan kisi-kisi yang kita miliki. Kisi-kisi yang dimaksud adalah kisi-kisi UKG 2012 dari Kemdikbud yang bisa di didownload disini, Terima kasih!

untuk pedoman UKG 2012 silahkan klik link ini
untuk TOT juga bisa didownload di sini



Baca selengkapnya >>

30 Jul 2012

Kategori Jasa Usaha Makanan

Kategori Jasa Usaha Makanan
Di Amerika, menurut Spears dan Vaden, kelompok Jasa Usaha Makanan dapat dikategorikan menjadi tiga, Yaitu:

1. Kelompok komersial
Yang termasuk kelompok ini, seperti: restoran, kafetaria, bar, tavern, pub dan kontraktor makanan (untuk pabrik, rumah sakit, kantor, tempat rekreasi dan pusat kebugaran).

2. Kelompok Institusi
Yang termasuk kelompok ini adalah jasa usaha makanan yang diupayakan oleh instansi atau lembaga itu sendiri, seperti: kantin dan kafetaria di sekolah, rumah sakit,  industri, kantor dan sebagainya.

3. Kelompok Militer
Yang termasuk kelompok ini adalah jasa usaha makanan yang dikelola untuk keperluan militer di asrama, pangkalan militer dan sebagainya.

Kelompok komersial sepenuhnya mencari keuntungan, sedangkan kelompok yang lain lebih bersifat semi komersial atau sosial, maksudnya keuntungan bukan tujuan utama penyelenggaraan jasa usaha makanan

Baca selengkapnya >>

26 Jul 2012

Desain Sempurna Pada Bumi, Bukti Kesempurnaan Tuhan Sang Pencipta


desain sempurna bumi

Salah satu temuan mutakhir di dunia sains yang menjadi buah bibir di kalangan ilmuwan adalah apa yang disebut prinsip antropis.
Prinsip ini mengungkapkan bahwa setiap detail yang terdapat di alam semesta telah dirancang dengan ketepatan yang sempurna untuk memungkinkan manusia hidup. Contoh kecil dari prinsip antropis ini dapat kita temukan pada fakta-fakta yang berkaitan dengan keberadaan bumi.
Dalam hal ini, seorang astronom amerika Hugh Ross dalam bukunya yang berjudul ‘The Fingerprint of God, Recent Scientific Discoveries Reveal The Unmistakable Identitiy of The Creator’ telah membuat daftarnya sendiri sebagai berikut.

1. Jarak bumi dengan matahari
Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (atau 93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km.
Dibandingkan dengan bumi, diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa 8 menit untuk sampai ke bumi.
Jika lebih jauh:
Planet bumi akan terlalu dingin bagi siklus air yang stabil.
Jika lebih dekat:
Planet bumi akan terlalu panas bagi siklus air yang stabil

2. Gravitasi di permukaan bumi
 Gravitasi permukaan dari sebuah obyek astronomi (planet, bintang, dll) adalah percepatan gravitasi yang berlaku pada permukaan obyek tersebut. Gravitasi permukaan bergantung pada massa dan radius obyek tersebut. Seringkali gravitasi permukaan dinyatakan sebagai rasio dengan ketentuan yang berlaku di bumi.
Jika lebih kuat:
Atmosfer bumi akan menahan terlalu banyak gas beracun (amoniak dan methana)
Jika lebih lemah:
Atmosfer bumi akan terlalu tipis karena banyak kehilangan udara

3. Periode rotasi bumi
 Rotasi bumi merujuk pada gerakan berputar planet bumi pada sumbunya dan gerakan di orbitnya mengelilingi matahari.
Jika lebih lama:
Perbedaan suhu pada siang dan malam hari terlalu besar
Jika lebih cepat: 
Kecepatan angin pada atmosfer terlalu tinggi


4. Albedo
 Albedo merupakan sebuah besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar matahari yang tiba di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi perubahan panjang gelombang (outgoing longwave radiation).
Perbedaan panjang gelombang antara yang datang dan yang dipantulkan dapat dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi.
Jika lebih besar:
Zaman es tak terkendali akan terjadi
Jika lebih kecil:
Efek rumah kaca tak terkendali akan terjadi

5. Aktivitas gempa
 Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut.
Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.
Jika lebih besar:
Terlalu banyak makhluk hidup binasa
Jika lebih kecil:
Bahan makanan dasar laut tidak akan didaur ulang ke daratan melalui pengangkatan tektonik

6. Ketebalan kerak bumi
 Kerak bumi adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km, sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km.
Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt. Kerak bumi dan sebagian mantel bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km.
Jika lebih tebal:
Terlalu banyak oksigen berpidah dari atmosfer ke kerak bumi
Jika lebih tipis:
Aktivitas tektonik dan vulkanik akan terlalu besar

7. Medan magnet bumi
 Magnetosfer bumi adalah suatu daerah di angkasa yang bentuknya ditentukan oleh luasnya medan magnet internal bumi, plasma angin matahari, dan medan magnet antarplanet.
Di magnetosfer, campuran ion-ion dan elektron-elektron bebas baik dari angin matahari maupun ionosfir bumi dibatasi oleh gaya magnet dan listrik yang lebih kuat daripada gravitasi dan tumbukan.
Jika lebih kuat:
Badai elektromagnetik akan terlalu merusak
Jika lebih lemah:
Kurangnya perlindungan dari radiasi berbahaya yang berasal dari luar angkasa

8. Interaksi gravitasi dengan bulan
 Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit bulan mengelilingi bumi.
Besarnya gaya sentrifugal bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi bumi dan bulan. Hal ini menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8cm/tahun.
Jika lebih besar:
Efek pasang surut pada laut, atmosfer dan periode rotasi semakin merusak
Jika lebih kecil:
Perubahan tidak langsung pada orbit menyebabkan ketidakstabilan iklim

9. Kadar karbondioksida dan uap air dalam atmosfer
 Atmosfer bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya.
Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam.
75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet. Atmosfer tidak mempunyai batas yang langsung tapat berbatasan, tetapi agak menipis lambat laun dengan menambah ketinggian, tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar.
Jika lebih besar:
Efek rumah kaca tak terkendali akan terjadi
Jika lebih kecil:
Efek rumah kaca tidak memadai

10. Kadar ozon dalam atmosfer
 Ozon terdiri dari 3 molekul oksigen dan amat berbahaya pada kesehatan manusia. Secara alamiah, ozon dihasilkan melalui percampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer.
Ozon tertumpu di bawah stratosfer di antara 15 dan 30 km di atas permukaan bumi yang dikenal sebagai ‘lapisan ozon’.
Ozon dihasilkan dengan pelbagai persenyawaan kimia, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (uv) dari matahari.
Jika lebih besar:
Suhu permukaan bumi terlalu rendah
Jika lebih kecil:
Suhu permukaan bumi terlalu tinggi, terlalu banyak radiasi ultraviolet


Daftar di atas hanyalah sedikit contoh dari sekian banyaknya data yang melimpah tentang adanya prinsip antropis.
Namun, yang sedikit inipun cukup untuk menghancurkan mitos yang dipercaya para ilmuan materialis, yaitu bahwa keberadaan bumi beserta kehidupan yang terdapat padanya terjadi secara kebetulan melalui serangkaian peristiwa acak tanpa perencanaan.

Siapapun yang mempelajari data-data ini tidak akan gagal untuk sampai pada kesimpulan bahwa bumi ini merupakan tempat yang telah dirancang dengan tingkat kerumitan yang tak terbayangkan dan dengan kesesuaian yang sempurna demi keberlangsungan kehidupan di dalamnya.


Baca selengkapnya >>

25 Jul 2012

Kiat Untuk Tetap Termotivasi


kiat untuk tetap termotivasi

Menjadi sukses adalah impian semua orang. Tentunya untuk itu diperlukan motivasi yang kuat untuk mengatasi tantangan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Motivasi ini harus ditumbuhkan dari dalam diri sendiri. Anda bisa saja membaca ratusan buku atau pergi ke puluhan seminar untuk memperoleh suntikan motivasi, namun hal yang sering terjadi adalah kenaikan emosi sesaat untuk berubah. Barangkali ini bertahan satu atau dua minggu dan setelah itu Anda merasa semuanya kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi yang lama. Pernahkah merasa begitu?
“Motivasi adalah pohon yang Anda siram dengan kedisiplinan diri”
Bagaimana caranya supaya Anda tetap termotivasi untuk bekerja mencapai tujuan yang diinginkan? Intinya motivasi adalah seni berkomunikasi dengan diri sendiri. Komunikasi ini melibatkan perasaan yang Anda rasakan melalui emosi yang muncul.

Lantas apa bedanya antara perasaan dan emosi?
Contohnya begini, jika Anda merasa bersalah maka emosi yang muncul bisa ketakutan dihakimi, ingin melarikan diri, dsb. Jika Anda merasa bahagia, emosinya bisa berupa keceriaan, kegembiraan, keinginan berbagi, dsb. Emosi timbul sebagai akibat dari perasaan yang terjadi didalam diri.
Jadi sebetulnya mudah untuk hidup termotivasi. Kuncinya adalah rasakan hal-hal yang membahagiakan dan bayangkan kesuksesan yang akan Anda raih. Saya jamin Anda akan termotivasi untuk bekerja.
Selain itu ada beberapa tips yang ingin saya berikan agar Anda bisa termotivasi kapanpun dan dimanapun:

1. Selalu konsisten
Kemudahan timbul dari kebiasaan. Motivasi pun sama. Ia memerlukan kedisiplinan sehingga Anda terbiasa hidup dengan motivasi. Ada ungkapan bagus yang mengatakan, “Sesuatu yang Anda ulangi tiap hari selama 21 hari akan menjadi kebiasaan”. Saya anjurkan Anda untuk mempraktekkannya. Mulai dengan hal yang sederhana seperti tersenyum dihadapan cermin, mengatakan “Yes” sebelum bekerja, dan banyak lagi.

2. Bertanggung jawab
Anda perlu seseorang yang bersedia mengingatkan Anda untuk tetap berada di tujuan. Ia bertugas memberikan dukungan dan menjadi mitra bertukar pikiran bagi ide dan gagasan yang Anda punya. Dari sini Anda akan merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik baginya. Proses mencapai tujuan menjadi lebih mudah dengan hadirnya seseorang yang menjadi cermin diri Anda.

3. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang bervisi sama
Kalau Anda mau menurunkan berat badan, pastikan Anda bersama teman-teman yang mempunyai tujuan sama. Kalau Anda ingin membangun bisnis, bertemanlah dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis atau mereka yang mau memulai bisnis. Anda bisa memperoleh energi dan motivasi dari mereka. Akan sangat mudah untuk termotivasi ketika Anda memperoleh support. Apa yang Anda rasakan sebagai rintangan ketika bekerja sendiri bisa teratasi dengan bantuan dan dukungan teman-teman yang bervisi sama.

4. Fokus pada proses, bukan tujuan
Ini yang sangat penting. Seringkali Anda turun mental ketika dihadapkan pada kesulitan mencapai tujuan. Fokuslah pada proses. Setiap proses memerlukan waktu. Entah cepat, entah lambat. Tujuan Anda sudah jelas, namun perjalanan menuju kesana bisa berliku dan naik turun. Dengan fokus pada proses Anda terhindar dari beban mental karena sekarang Anda memegang kendali atas proses itu sendiri, bukan dikendalikan oleh target untuk mencapai tujuan.
Sekarang Anda lebih tahu bahwa motivasi merupakan kunci untuk meraih sukses. Yang Anda perlukan sekarang adalah kemauan kuat untuk menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Seperti apa kata pepatah “Ada kemauan ada jalan”. Selamat mengerjakan dan jangan lupa hargai diri Anda disetiap momen keberhasilan sekecil apapun itu.

SUMBER: http://www.aku.web.id/2012/06/motivasi-diri-kiat-untuk-meraih-sukses.html

Baca selengkapnya >>

23 Jul 2012

Sekilas Mengenai Penyakit Gondok


sekilas penyakit gondok

Sekilas mengenai Penyakit Gondok Atau Gondongan Penyakit gondok atau yang dalam istilah medis struma adalah terjadinya pembengkakan atau benjolan besar yang terdapat pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) hal ini terjadi disebabkan oleh pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal. Penyakit gondok biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan yodium terhadap tubuh. Jika kekurangan zat yodium pada wanita yang sedang hamil terkadang dapat  menyebabkan bayi meninggal dunia atau lahir dengan keterbelakangan mental serta dapat juga dapat lahir dengan cacat telinga (tuli /krenitisme) walaupun si ibu tidak sedang memiliki penyakit gondok.  Yodium yang kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan dan minuman berada dalam bentuk ion yodium, dan besarnya bergantung dari kadar yodium dalam tanah. Tanah dengan kadar yodium rendah mengakibatkan banyak pasien menderita penyakit gondok dan dapat ditanggulangi dengan mengkomsumsi garam yang ber-iodinisasi NaI (100mg iyodium per gram garam).
Umumnya penderita penyakit gondok tidak merasakan gejala apapun,namun ada sebagian kecil yang mengalami gejala sebagai berikut:

Parotid peradangan (atau parotitis) di 60-70% dari infeksi dan 95% dari pasien dengan gejala. Parotitis menyebabkan rasa sakit pembengkakan dan lokal, terutama ketika mengunyah. Hal ini dapat terjadi pada satu sisi (unilateral) tetapi lebih umum pada kedua sisi (bilateral) pada sekitar 90% kasus.
Demam, Sakit kepal, atau Orchitis, mengacu pada peradangan menyakitkan testis. Pria masa pubertas yang mengembangkan gondok memiliki risiko 30 persen orkitis.

Gejala lain dari gondong dapat termasuk mulut kering, wajah sakit dan / atau telinga dan kadang-kadang dalam kasus yang lebih serius, kehilangan suara. Selain itu, sampai dengan 20% dari orang yang terinfeksi dengan virus gondong tidak menunjukkan gejala, sehingga memungkinkan untuk menjadi terinfeksi dan menyebarkan virus tanpa menyadarinya.

Sumber: http://obatherbals.biz/cara-mengobati-gondok/

Baca selengkapnya >>

11 Jul 2012

Batik dari Negeriku Indonesia Tercinta


Batik dari Negeriku
Indonesia  Tercinta

Berbagai macam ragam budaya ada di negeri Indonesia, Mulai dari kesenian, tarian, alat musik, bangunan, lagu daerah, senjata tradisional, masakan, ramuan herbal, dan masih banyak lainnya. Salah satu peninggalan warisan budaya indonesia adalah Batik yang merupakan salah satu warisan Budaya Indonesia, 

Kesenian batik merupakan kesenian gambar atau melukis di atas kain untuk dijadikan pakaian, yang menjadi salah satu budaya dari keluarga raja-raja Indonesia pada zaman dahulu. Sejarah batik diperkirakan dimulai pada zaman prasejarah dalam bentuk prabatik dan mencapai hasil proses perkembangannya pada zaman Hindu dan merupakan karya seni Istana yang diteruskan pada zaman Islam dengan  bakuan tradisi yang ada  baik teknis maupun estetis, dan pada zaman Islam itu dikembangkan dan diperbaharui dengan unsur-unsur baru.

Pada mulanya batik hanya dikerjakan terbatas dalam keraton saja dan batik yang dihasilkan untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta, dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik seluruh rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa setelah akhir abad ke delapan belas atau awal abad ke sembilan belas. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai  pada awal abad ke dua puluh dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920.


Dalam perkembangannya lambat laun kesenian membatik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas hingga menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangga untuk mengisi waktu senggang. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari : pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur. Dan selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana, kemudian perlahan menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.


Bahkan di Indonesia ada daerah yang dikenal dengan kota batik, dengan hal ini sebagai bangsa Indonesia kita merasa sangat bangga dengan budaya batik sekarang ini. Pemerintah telah mencanangkan untuk hari jum’at adalah hari memakai batik untuk semua pegawai dan para pendidik di Indonesia, tujuannya agar batik adalah sebagai symbol bangsa indonesia.

Kini batik sudah menjadi bagian pakaian tradisional Indonesia. Dan pada hari Jumat tanggal 2 Oktober tahun 2009, UNESCO atau Educational Scientific and Cultural Organisation, menetapkan batik sebagai warisan Budaya milik bangsa Indonesia. Hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh penduduk ini pun dijadikan sebagai Hari Batik. 

Tapi kenyataannya sekarang banyak masyarakat yang kurang memperhatikan hari batik, kadang malah sebagian dari mereka bersikap apatis terhadap semua ini. Bahkan mereka merasa malu atau kurang percaya diri, kurang menarik, kurang nyaman jika memakai batik, mereka beranggapan memakai batik adalah terlalu sangat formal, malah yang lebih tragis lagi mereka  seakan akan menganggap rendah orang yang memakai batik, dengan beragam istilah seperti kolot, pakaian kondangan, pakaian hanya untuk hajatan, pakaian untuk wong tuo, atau dengan ucapan  " habis dari kondangan ya ? atau pulang dari hajatan ya ? " Lihatlah Hari jumat yang merupakan Hari berpakaian batik, dapat kita lihat masih banyak kalangan atau segolongan  dari kita yang tidak memakai batik. Bagaimana kita bilang cinta Indonesia dan berteriak  melantangkan suara " ini budayaku, ini milik kami " Tapi apa..? Kita sendiri  malu untuk memakai batik yang jelas jelas warisan dari Budaya negeri kita Indonesia.


Warisan budaya yang dititipkan kepada kita seharusnya kita jaga untuk generasi selanjutnya, banyak sekarang designer-designer batik dari negeri kita yang tidak kalah trend dengan designer negara barat. Seharusnya kita sadar akan memakai batik, kenapa harus malu dengan budaya kita. Tentu kita tahu banyak batik yang ditiru oleh bangsa lain, banyak produk impor batik dari negara lain, seharusnya kita berjuang supaya budaya kita tidak lagi direbut oleh negara lain, jika kita cinta kepada Indonesia sudah barang tentu kita  tidak hanya  berpangku tangan dan omong besar, atau malah hanya menyuarakan dengan lantang " ini budaya kami, ini milik bangsa kami, dan sampai titik darah terakhir  akan kami jaga dan di bela.."  Hahahahaaaa..., tong kosong  memang nyaring bunyinya.  Jadilah warga negara Indonesia yang baik dan cintai apa yang Indonesia punya. Batik Dari Negeriku Indonesia serta ribuan warisan budaya yang lainnya kita jaga dan kita lestarikan di negeri Indonesia untuk generasi selanjutnya.


sumber: http://sekedarwawasan.blogspot.com/2012/05/batik-dari-negeriku-indonesia-tercinta.html

Baca selengkapnya >>

10 Jul 2012

RPP Tematik Kelas 2 SD: Tempat Umum | Pertemuan 9, 10, 11, dan 12


sekolah sebagai salah satu tempat umum

TEMA         : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU         : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR

  • Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
  • Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
  • Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
  • Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
  • Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
  • Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).


II.   INDIKATOR
· Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
· Menceritakan sopan santun di tempat umum.
· Menjaga ketertiban umum..
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
· Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
· Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
· Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
· Memilih bacaan yang disenangi.
· Menikmati kegiatan membaca.
· Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
· Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
· Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
· Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
· Pengurangan tiga bilangan.
· Mengetahui ukuran berbagai benda.
· Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
· Bekerjasama dengan teman.
· Memberi tanggapan secara santun.
· Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan

  • Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
  • Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
  • Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
  • Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Tempat Umum).


2.   Kegiatan Inti
1) Sebelum memasuki materi pokok semua siswa diajak berdinamika dengan dara menghitung (Matermatika)

  • Semua siswa dibagi dua kelompok besar dan membuat lingkaran (bisa di dalam kelas)
  • Setelah lingkaran sudah jadi ditunjuk pimpinan atau ketua untuk berdiri di tengah lingkaran.
  • Ketua akan mengatur jalannya permainan berhitung.
  • Ditentukan salah satu anak untuk center sebagai awal hitungan
  • Searah jarum jam 
  • Anggota hanya menghitung 1, 2, 3, 4,  ( 5 )
  • Ketika sampai pada hitungan ke lima ( 5 ) tidak diucapkan angkanya tetapi diganti dengan kata ”Merdeka”
  • Dilanjutkan dengan hitungan berikutnya 6, 7, 8, 9 ”Merdeka” 
  • Demikian seterusnya sampai semampunya hitungan ke berapa 
  • Aturan tidak boleh ada yang salah. Dan kalau ada yang salah harus diulang lagi sampai benar
  • Dimulai dikomando oleh ketua sekaligus merangkap menjadi juri.

2) Setelah selesai bermain semua siswa melanjutkan mengerjakan tugas di halaman 59 tentang matematika yaitu:

  • Pengurangan bilangan
  • Pengurangan dengan teknik meminjam
  • Pengurangan tiga bilangan

3) Bagian “Ayo Bercerita” Semua siswa diminta membuat cerita tentang tempat umum yang pernah dikunjungi (Apa kah ada peristiwa yang menyenangkan, yang mengesankan, yang menyedihkan dsb). Masing-masing siswa bercerita dengan teman sebangkunya secara bergantian dan siswa mencatatnya (BI, Mat, PA, ,PKn & PS,)
4) Cerita masing-masing siswa didiskusikan dengan teman yang duduk di bangku sebelahnya untuk membahas cara
5) Bagaimana agar lingkungan sekitar tidak terjadi kerusakan
6) Semua cerita yang sudah ditulis dikumpulkan kepada guru untuk dinilai dan sebagai salah satu portofolio siswa.
7) Setelah itu semua siswa diajak menyimak wacana di halaman 67
8) Serita yang belum lengkap dan siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk melengkapi kalimat tersebut dengan memilih kata-kata yang ada di bagian bawah.
9) Bagian “Ayo Bermain” semua siswa diminta membaca teks bacaan di hal 68. Setelah itu mereka diajak keluar kelas untuk mempraktekkan permainan  tersebut. Aturan main dibuat dan disepakati bersama. (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
10) Semua Siswa  melakukan gerak dasar melempar dengan benar kaleng-kaleng yang telah disusun. Melempar mengikuti aba-aba dan irama yang diatur bersama (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
11) Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal di bagian ”Ayo Belajar” halaman 71 dan 72
12) Bagian “Budi Pekerti” semua siswa diminta membaca bacaan di hal 70. Kemudian mereka ditugaskan untuk menyalin di bukunya masing-masing. Dan yang lebih penting adalah semua siswa diharapkan menerapkan perilaku sesuai petunjuk dalam berbudi pekerti.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup

  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.



IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
  • Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).



V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.



Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2

Baca selengkapnya >>

5 Jul 2012

RPP PKn Kelas IX Paket B Sem 2: Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa


menggali potensi demi keunggulan bangsa
NAMA KEJAR                        :

MATA PELAJARAN              : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS/SEMESTER               : IX/II

                                                        STANDAR KOMPETENSI    : Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.

KOMPETENSI DASAR         : -   Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi  keunggulan bangsa.

INDIKATOR                          : -   Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

ALOKASI WAKTU                : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)

Baca selengkapnya >>

4 Jul 2012

PKBM diharapkan bisa mandiri

PKBM diharapkan bisa mandiri
Lewat seminar ini diharapkan dapat memelihara dialog dan konsultasi berkelanjutan serta bersifat membangun terkait tema Kesetaraan dan Keunggulan PKBM: Peningkatan Mutu, Jejaring, Kepemilikan dan Keluaran.

Seminar yang diselenggarakan selama empat hari ini diharapkan dapat memberikan para peserta perspektif internasional mengenai situasi, keadaan terkini dari PKBM yang akan menghasilkan pengetahuan, gagasan dan kemungkinan terbaik untuk mengadaptasi berbagai kisah sukses dan strategi peningkatan mutu PKBM dalam kaitannya dengan tantangan dan isu yang ada di masing-masing negara peserta.

Menjadi pembicara dalam kegiatan internasional tersebut antara lain; Mr. Kiichi Oyasu dari Unesco Dhaka, Prof. Dr. Sasai Hiromi dari National Institute for Educational Research Jepang, Prof. Dr. Teuchi dari Tsukuba University Jepang, dan beberapa nara sumber dari Indonesia.

Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Ella Yulaelawati mengatakan revitalisasi  PKBM perlu dilakukan melalui berbagai upaya peningkatan mutu, kemandirian, dan keberlangsungan.
Tujuannya, agar mampu melakukan analisis kebutuhan dan potensi yang berkembang di masyarakat, serta mampu menggerakkan sumber daya yang ada.

“Keberhasilan PKBM terletak pada kemampuan PKBM itu dalam memberikan dampak kolektif pada kumpulan individu dan masyarakat sekitar,” kata Ella Yulaelawati di Jakarta, Jumat (27/4).

Menurut Ella dampak tersebut berupa penyadaran dan komitmen pengentasan ketunaaksaraan dan pengentasan kemiskinan. Keberhasilan PKBM,kata dia, juga harus ditunjukkan dari tumbuhnya komunitas-komunitas kecil yang sadar serta dapat meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga dan peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, pihaknya memandang perlu revitalisasi PKBM melalui beberapa hal, di antaranya, peningkatan mutu kelembagaan termasuk manajemen dan alokasi dana untuk membuat outlet PKBM, untuk dapat memasarkan produk-produk hasil PKBM. Selain itu, diperlukan pengembangan PKBM Tematik yang menguatkan potensi lokal.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI), Kemendikbud, Lydia Freyani Hawadi mengatakan revitalisasi PKBM sangat penting untuk dilakukan saat ini.

Menurutnya, PKBM memiliki peran penting dalam perluasan akses pendidikan pada komunitas masyarakat terpencil dan marjinal. Sehingga, masyarakat di kawasan tersebut tidak mengalami ketertinggalan dari daerah lainnya.

Menurut Lydia, peningkatan peran PKBM dalam pemassalan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat mungkin dilakukan mengingat PKBM merupakan lembaga pendidikan nonformal penyelenggara layanan pendidikan anak usia dini, nonformal, dan informal.

Layanan PAUD yang diselenggarakan PKBM juga memiliki sisi strategis lainnya karena dapat disinergikan dengan layanan pendidikan kecapakapan keorangtuaan (parenting education) bagi para orang tua dengan anak usia dini, pendidikan kecakapan hidup, dan pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). (rizal/dms)

sumber: http://www.paudni.kemdiknas.go.id/dikmas/index.php/component/content/article/56-pembelajaran-dan-peserta-didik/649-pkbm-diharapkan-bisa-mandiri.html
Baca selengkapnya >>

3 Jul 2012

Dirjen PAUDNI: Satu Desa Satu PAUD


Peta PAUD di Campakamulya

Direktur Jenderal Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Dirjen PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psi menegaskan visi Kemdikbud tahun 2012 penguatan pelayanan dengan satu desa satu PAUD.

Menurut Prof. Reni Hawadi Akbar—sapaan akrab Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini, upaya menerapkan satu desa minimal satu PAUD merupakan suatu keharusan. Ia mengharapkan pemerintah daerah dapat mendukung program tersebut.

Pernyataan itu Reni lontarkan seusai penandatangan MoU antara Ditjen PAUDNI, Pemda Kabupaten Sumbawa Barat, dan PT Newmont Nusa Tenggara, belum lama ini.

Kesepakatan kerja sama antara Ditjen PAUDNI, Pemda Kabupaten Sumbawa, dan PT Newmont Nusa Tenggara ini berkaitan dengan peningkatan mutu dan pengembangan program dalam rangka percepatan pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam MoU tersebut disepakati Ditjen PAUDNI bertugas dan bertanggung jawab menetapkan standar mutu pendidik dan tenaga kependidikan sehingga memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas secara profesional.

Selain itu, Ditjen PAUDNI juga menetapkan standar pembinaan dan pengelolaan lembaga dan melaksanakan pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan program PAUDNI.

Sementara itu Pemda Kabupaten Sumbawa Barat menyiapkan dan menetapkan pendidik dan tenaga kependidikan seperti guru, tutor, fasilitator, pamong belajar, penilik, dan tenaga administrasi sesuai dengan kebutuhan dan jumlah lembaga, menetapkan lokasi pembangunan dan menyediakan fasilitasi anggaran pembiayaan pendidikan PAUDNI, yang proprosional melalui APBD.

Pemda Sumbawa Barat juga sepakat untuk menetapkan pedoman penyelenggaraan PAUDNI berbasis budaya dan kearifan lokal, serta melaksanakan pembinaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program PAUDNI.

Sedangkan PT Newmont Nusa Tenggara menyiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas pembelajaran untuk menunjang program PAUDNI melalui dana CSR, menyediakan dukungan untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pelatihan, dan peningkatan mutu dan tenaga kependidikan PAUDNI, serta melakukan publikasi tentang program kerjasama ini kepada masyarakat luas. (Sugito/HK)

sumber: http://www.paudni.kemdikbud.go.id/dirjen-paudni-satu-desa-satu-paud/
Baca selengkapnya >>