sekolah sebagai salah satu tempat umum |
TEMA : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
- Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
- Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
- Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
- Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
- Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
- Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
- Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
- Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).
II. INDIKATOR
· Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
· Menceritakan sopan santun di tempat umum.
· Menjaga ketertiban umum..
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
· Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
· Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
· Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
· Memilih bacaan yang disenangi.
· Menikmati kegiatan membaca.
· Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
· Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
· Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
· Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
· Pengurangan tiga bilangan.
· Mengetahui ukuran berbagai benda.
· Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
· Bekerjasama dengan teman.
· Memberi tanggapan secara santun.
· Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
- Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
- Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2. Kegiatan Inti
1) Sebelum memasuki materi pokok semua siswa diajak berdinamika dengan dara menghitung (Matermatika)
- Semua siswa dibagi dua kelompok besar dan membuat lingkaran (bisa di dalam kelas)
- Setelah lingkaran sudah jadi ditunjuk pimpinan atau ketua untuk berdiri di tengah lingkaran.
- Ketua akan mengatur jalannya permainan berhitung.
- Ditentukan salah satu anak untuk center sebagai awal hitungan
- Searah jarum jam
- Anggota hanya menghitung 1, 2, 3, 4, ( 5 )
- Ketika sampai pada hitungan ke lima ( 5 ) tidak diucapkan angkanya tetapi diganti dengan kata ”Merdeka”
- Dilanjutkan dengan hitungan berikutnya 6, 7, 8, 9 ”Merdeka”
- Demikian seterusnya sampai semampunya hitungan ke berapa
- Aturan tidak boleh ada yang salah. Dan kalau ada yang salah harus diulang lagi sampai benar
- Dimulai dikomando oleh ketua sekaligus merangkap menjadi juri.
2) Setelah selesai bermain semua siswa melanjutkan mengerjakan tugas di halaman 59 tentang matematika yaitu:
- Pengurangan bilangan
- Pengurangan dengan teknik meminjam
- Pengurangan tiga bilangan
3) Bagian “Ayo Bercerita” Semua siswa diminta membuat cerita tentang tempat umum yang pernah dikunjungi (Apa kah ada peristiwa yang menyenangkan, yang mengesankan, yang menyedihkan dsb). Masing-masing siswa bercerita dengan teman sebangkunya secara bergantian dan siswa mencatatnya (BI, Mat, PA, ,PKn & PS,)
4) Cerita masing-masing siswa didiskusikan dengan teman yang duduk di bangku sebelahnya untuk membahas cara
5) Bagaimana agar lingkungan sekitar tidak terjadi kerusakan
6) Semua cerita yang sudah ditulis dikumpulkan kepada guru untuk dinilai dan sebagai salah satu portofolio siswa.
7) Setelah itu semua siswa diajak menyimak wacana di halaman 67
8) Serita yang belum lengkap dan siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk melengkapi kalimat tersebut dengan memilih kata-kata yang ada di bagian bawah.
9) Bagian “Ayo Bermain” semua siswa diminta membaca teks bacaan di hal 68. Setelah itu mereka diajak keluar kelas untuk mempraktekkan permainan tersebut. Aturan main dibuat dan disepakati bersama. (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
10) Semua Siswa melakukan gerak dasar melempar dengan benar kaleng-kaleng yang telah disusun. Melempar mengikuti aba-aba dan irama yang diatur bersama (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
11) Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal di bagian ”Ayo Belajar” halaman 71 dan 72
12) Bagian “Budi Pekerti” semua siswa diminta membaca bacaan di hal 70. Kemudian mereka ditugaskan untuk menyalin di bukunya masing-masing. Dan yang lebih penting adalah semua siswa diharapkan menerapkan perilaku sesuai petunjuk dalam berbudi pekerti.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
- Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
- Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas 2
postingan yang bagus tentang rpp tematik kelas 2 sd tempat umum
BalasHapus