23 Jul 2012

Sekilas Mengenai Penyakit Gondok


sekilas penyakit gondok

Sekilas mengenai Penyakit Gondok Atau Gondongan Penyakit gondok atau yang dalam istilah medis struma adalah terjadinya pembengkakan atau benjolan besar yang terdapat pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) hal ini terjadi disebabkan oleh pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal. Penyakit gondok biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan yodium terhadap tubuh. Jika kekurangan zat yodium pada wanita yang sedang hamil terkadang dapat  menyebabkan bayi meninggal dunia atau lahir dengan keterbelakangan mental serta dapat juga dapat lahir dengan cacat telinga (tuli /krenitisme) walaupun si ibu tidak sedang memiliki penyakit gondok.  Yodium yang kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan dan minuman berada dalam bentuk ion yodium, dan besarnya bergantung dari kadar yodium dalam tanah. Tanah dengan kadar yodium rendah mengakibatkan banyak pasien menderita penyakit gondok dan dapat ditanggulangi dengan mengkomsumsi garam yang ber-iodinisasi NaI (100mg iyodium per gram garam).
Umumnya penderita penyakit gondok tidak merasakan gejala apapun,namun ada sebagian kecil yang mengalami gejala sebagai berikut:

Parotid peradangan (atau parotitis) di 60-70% dari infeksi dan 95% dari pasien dengan gejala. Parotitis menyebabkan rasa sakit pembengkakan dan lokal, terutama ketika mengunyah. Hal ini dapat terjadi pada satu sisi (unilateral) tetapi lebih umum pada kedua sisi (bilateral) pada sekitar 90% kasus.
Demam, Sakit kepal, atau Orchitis, mengacu pada peradangan menyakitkan testis. Pria masa pubertas yang mengembangkan gondok memiliki risiko 30 persen orkitis.

Gejala lain dari gondong dapat termasuk mulut kering, wajah sakit dan / atau telinga dan kadang-kadang dalam kasus yang lebih serius, kehilangan suara. Selain itu, sampai dengan 20% dari orang yang terinfeksi dengan virus gondong tidak menunjukkan gejala, sehingga memungkinkan untuk menjadi terinfeksi dan menyebarkan virus tanpa menyadarinya.

Sumber: http://obatherbals.biz/cara-mengobati-gondok/

2 komentar:

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...