5 Jul 2012

RPP PKn Kelas IX Paket B Sem 2: Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa


menggali potensi demi keunggulan bangsa
NAMA KEJAR                        :

MATA PELAJARAN              : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS/SEMESTER               : IX/II

                                                        STANDAR KOMPETENSI    : Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.

KOMPETENSI DASAR         : -   Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi  keunggulan bangsa.

INDIKATOR                          : -   Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

ALOKASI WAKTU                : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Menunjukkan contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri
2.  Menunjukkan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri
3.   Menunjukkan contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa
4.  Menunjukan upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri
2. Upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri
3. Contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa
4. Upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa Faktor-faktor yang mendorong dan
  
C.     METODE
Inkuiri, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi dan diskusi

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.







2.








3. 
Pendahuluan
a. Apersepsi
   Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
    - Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
    - Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

Kegiatan inti
a.       Secara berkelompok warga belajar menginventarisasi berbagai aktivitas dalm kehidupan sehari-hari
b.      Memilah aktifitas-aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri
c.       Mendiskusikan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
d.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing kemudian ditanggapi oleh kelompok yang lain.
e.       Klarifikasi oleh tutor terhadap hasil diskusi.

Penutup
a.           Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi.
b.          Post Test
c.           Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit







60 menit






10 menit


Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.







2.








3. 
Pendahuluan
a. Apersepsi
    Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
o  Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan  tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
o   Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Dalam kelompok yang sudah terbentuk warga belajar mencari contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa dari media masa.
b.      Mendiskusikan upaya-upaya agar prestasi diri dapat menunjang keunggulan bangsa.
c.       Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompokya masing-masing kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.
d.      Klarifikasi oleh tutor terhadap hasil diskusi warga belajar.

Kegiatan Penutup
a.       Warga belajar dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi  .
b.       Post test
c.       Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor.
10 menit





60 menit








10 menit


E.     SUMBER BELAJAR
Ø  Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø  Artikel orang-orang berprestasi
Ø  Buku-buku (sumber) lain yang relevant.


F.      PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas warga belajar saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.






Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1.      Sebutakn tiga (3) contoh aktivitas yang dapat mewujudkan potensi diri!
2.      Jelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai prestasi diri!
3.      Berikan tiga (3) contoh prestasi diri yang berkaitan dengan akademik!
4.      Berikan tiga (3) contoh prestasi diri dalam bidang olah raga!
5.      Jelaskan upaya apa yang kamu lakukan untuk dapat mewujudkan prestasi dalam rangka menjunjung keunggulan bangsa!


                                          Cianjur, ............................
  Mengetahui
Ketua PKBM.....................                                                            Tutor Mata Pelajaran

 

 

 

   _______________________                                                      _____________________
  
NIP.                                                                                            NIP.

1 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang RPP PKn Kelas IX Paket B Sem 2: Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

    BalasHapus

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...