7 Mei 2013

Curug Tonjong: Jalan Menuju Sekolah Ku


Curug Tonjong:
Jalan Menuju Sekolah Ku
Desa Sukasirna merupakan sebuah desa di Kecamatan Campakamulya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Sebuah desa yang masih asri jauh dari keramaian kota, meskipun hanya dari kota kecamatan. Jarak antara desa dan kota kecamatan kurang lebih 10 km. Dikelilingi oleh bukit-bukit terjal sehingga mempengaruhi pada mata pencaharian penduduknya, yaitu sebagai petani. Di desa ini hanya terdapat 3 (tiga) Sekolah Dasar Negeri, 1 (satu) Madrasah Ibtidaiyyah dan 2 (dua) Kelompok Belajar Kesetaraan Paket B.

Kondisi Geografis ini lah yang menyebabkan terdapat banyak air terjun-air terjun yang apabila ditata dan diolah akan menjadi aset pariwisata di Kecamatan Campakamulya. Salah satu air terjun yang biasa banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar adalah Curug Tonjong, yang berada di Kp. Jamilega RT. 04 RW 01 yang berbatasan langsung dengan Kp. Cilondok Desa Cilangari Kabupaten Bandung Barat. 

Keberadaan Curug Tonjong ini belum mendapat perhatian maksimal dari Pemerintah Setempat, baik dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten.  Aliran air curug ini berasal dari sungai kecil (solokan) Tonjong yang berhulu di Bukit Harendong Papak. Sebuah bukit yang merupakan Rencana Utama (grand design) dari Pemerintah Hindia Belanda dulu sebagai wilayah datar untuk perumahan ketika Bendungan Cibanggala dibangun.

Curug Tonjong ini bermuara di aliran Sungai Cisokan (daerah hulu), yang merupakan batas alam antara Desa Sukasirna dan Desa Cilangari, sekaligus Batas Alam Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat. Curug Tonjong ini berada di bawah SDN Sirnarasa Kecamatan Campakamulya, sehingga sebagian siswanya berasal dari seberang Timur Sungai Cisokan, yaitu Desa Cilangari Kabupaten Bandung Barat. Jalur jalan ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki dari Pasar Cilangari ataupun dari SDN Sirnarasa.

Apabila dikelola dengan baik curug ini merupakan aset pariwisata yang sangat potensial, di samping keberadaannya yang sangat indah, juga aliran Sungai Cisokannya dapat dijadikan tujuan wisata Arung riam maupun arung jeram.

Suasana alami Curug Tonjong dapat dilihat ditayangan berikut ini:

atau kawan-kawan dapat mengunduhnya dengan klik tautan ini

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...