15 Apr 2012

Membuat Blog Dapat Banyak Komentar

Membuat Blog Dapat Banyak Komentar
Saya sedang terus belajar membuat blog yang dapat mendapatkan banyak komentar.Karena ketika saya sedang “blogwalking” ke blog teman-teman yang lain, saya sering melihat kenapa blog yang satu dapat banyak komentar dan kenapa blog yang lain sepi sekali pemberi komentar layaknya piala uber, tapi nggak banyak yang memberi sorakan. :). Nggak seru kan? 

Blogwalking adalah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh pengunjung blog dengan mengunjungi blog sejenis di search engine google dan kemudian setelah ketemu, baca-baca lalu mereka meninggalkan “jejak” yaitu berupa komentar di blog tadi. Tujuannya pemberi komentar bisa memberikan alamat blognya dan menanamkan kata kunci yang ditarget. Sehingga diharapkan tautan balik ke blognya menjadi meningkat dan ini akan sangat berpengaruh pada posisi search engine rangking blog tersebut. Bayangkan saja, dengan banyak-banyak blogwalking ke blog sejenis, sudah dapat cuci mata, dapat baca-baca, dapat banyak ide, eh masih dapat memberikan komentar ( tautan balik ) yang sangat menguntungkan posisi blog anda di search engine. Enak kan? Nah sebagai pemilik blog yang diberikan komentar, tentunya juga untung dong. Karena dapat content. :) Dapat isi. Ibarat sosis, ada dagingnya. :) Nyam. 

Jadi jangan sungkan kasih komentar yang banyak di blog ini yah! :) Ntar dibeliin sosis kalau ketemu. :) Lalu bagaimana caranya, jika anda pemilik blog supaya mendapatkan banyak komentar, dan bukan hanya sekedar “Banyak Kunjungan” saja, inilah dia:

Pastikan blog anda menarik dan mudah dijelajahi. 
Yah kalau blognya ruwet, dengan warna gelap banget atau warnanya mencolok mata, terus banyak sekali flash banner dimana-mana, bagaimana orang bisa betah berlama-lama? Jangankan memberikan komentar. Bertahan lebih dari 5 menit saja sudah syukur. :) Jangan tertawa, saya masih loh menemukan banyak blog seperti itu. Coba deh cari-cari lewat search engine. Anda akan menemukan blog beragam jenis dan warna serta corak. Beberapa sangat profesional, beberapa sangat atraktif, beberapa cool abis, kayak blog ini. :) hahaha. Kapan lagi muji diri sendiri. 

Pastikan blog anda layak diberi komentar
Jadi pastikan postingannya menarik untuk dikomentari. Tidak harus selalu bermanfaat. Boleh saja post anda lucu, menggemaskan, romantis, menyeramkan; Hiiiii! atau apapun yang penting menghibur dan mengundang komentar. Kalau nggak menarik gimana mau komentar? membosankan! :) Nah gimana tehniknya supaya menarik? saya akan buat di satu postingan sendiri yah. Nantikan! 

Undang mereka untuk mengisikan komentar
Bila komentar yang anda inginkan, maka mintalah! Jangan asumsikan bahwa pengunjung sudah pasti tahu maunya kita. Mereka tidak tahu dan tidak mau tahu. Anda harus sampaikan, misalnya: 
  • Pesan sekarang juga! Isikan email dan nama anda dibawah ini! 
  • Berikan komentar anda di bawah postingan ini! 
  • Bagaimana menurut anda, apa yang saya sampaikan diatas? 
  • Saya sukanya Brenda, bagaimana menurut anda, pembaca? 
  • silahkan berikan komentar anda. ——– 
Jadi intinya: minta saja, libatkan mereka. Jangan dicuekin. Nanti mereka merasa nggak diperhatikan. Okay?

Kalau anda mempunyai Newsletter, maka beritahu mereka kalau anda membuat postingan baru
Ini ampuh sekali. Seorang teman baik saya, Welly Kusuma, pemilik wellymulia.com yang pertama kali menunjukkan kepada saya pentingnya memberitahu newsletter saya kalau saya habis ngepost di blog saya. Tidak heran website Welly komentarnya untuk satu postingan saja bisa sampai 50-an. Wow! Silahkan kunjungi website Welly di: wellymulia.com setelah membaca postingan ini! :) 

Kreatiflah! Gunakan berbagai cara! 
Misalnya: ada yang memberikan sebuah report/ebook setiap ada komentar baru yang berkualitas. Tidak heran blognya mendapatkan banyak sekali komentar! Karena anda seperti menyogok pengunjung untuk memberikan komentar. Dan itu bagus! kreatif. 

Gunakan fitur berlangganan via email yang disediakan oleh Google Feedblitz
Feedblitz adalah sebuah program yang anda bisa daftar dan gunakan gratis di feedblitz.com yang gunanya adalah untuk pengunjung blog anda bisa berlangganan setiap postingan anda di email mereka. Jika anda memasang fasilitas ini di blog anda ( seperti yang saya lakukan, disebelah kanan atas blog ini. Pastikan anda berlangganan blog saya di email anda, supaya anda tidak ketinggalan postingan yang keren dan bermanfaat. Apalagi Gratis! ) maka setiap anda melakukan posting sebuah artikel di blog anda mereka akan mendapatkan ringkasannya. Dan apabila pelanggan tadi ingin membaca lebih jauh maka mereka bisa mengklik link yang akan membawa mereka langsung ke postingan anda. Hampir semua blog hebat menggunakan fasilitas “berlangganan isi blog via email ini” jadi jangan remehkan fasilitas ini. Ibaratnya anda sudah punya pengunjung setia dari blog anda. Bergabunglah dengan 80 orang lebih yang berlangganan blog ini, yang tidak mau ketinggalan berita-berita terhangat tentang bisnis online! Okay, jadi anda sekarang sudah tahu cara-cara mendapatkan banyak komentar ke blog anda. Ingatlah bahwa komentar juga sama dengan konten. Ingat sosis! :) Dan ada interaksi antara anda dengan pengunjung. Bayangkan kemungkinannya jika blog anda bukan hanya banyak pengunjung namun juga banyak komentarnya! 

Nah, sekarang, isikan komentar anda dibagian bawah postingan ini!

sumber: Kusuma Putra

12 komentar:

  1. ya begitulah, kadang memang ada yang banyak komentara, ada juga yang tidak.
    kalau saya beri komentar, terkadang karena informasinya sangat menarik. misal saya mau berkunjung ke suatu tempat.
    nah otomatis kan tinggal search penginapan yang dekat, tarif, dll.
    btw, nice info gan.

    BalasHapus
  2. info yang bermanfaat,, thanks,,

    BalasHapus
  3. nice info banget...

    jangan lupa ya buat blogwalking ke blog saya

    BalasHapus
  4. info yang sangat bermanfaat :) blogwalking ya beri komentar apapun di blog saya . terimakasih :)

    BalasHapus
  5. blog saya termasuk yang miskin komentar. sering ngiri berkunjung ke blog lain, blogwalking yang bisa puluhan komentarnya per posting.

    tapi yang terpenting buat saya adalah tetap menulis dan membuat tulisan bermanfaat buat yang baca. semoga hal itu akan otomatis mengundang pembaca berkomentar.

    BalasHapus
  6. info yang sangat membantu ,blog saya miskin komentar :(

    BalasHapus
  7. Kunjungi juga ya
    http://duniariosov.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Tips yg sngt bermanfaat gan, ane praktekin nch

    BalasHapus
  9. makasih gan tips nya,
    ditunggu ya kunjungan baliknya ^_^
    trims ...

    BalasHapus
  10. blog yang artikelnya keren kayak gini aja masih 10 komentar,
    apalagi blog saya tuh....

    BalasHapus

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...