RPP hak dan kewajiban |
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
- Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
- Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
- Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
- Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
- Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
- Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
- Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
- Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
- Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
- Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
- Menyebutkan tata cara berperilaku di rumah (IPS).
- Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah keluarga.
- Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
- Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
- Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
- Mencatat isi pesan.
- Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
- Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
- Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
- Menjelskan isi puisi.
- Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
- Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
- Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
- Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
- Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
- Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
- Menghitung loncat.
- Mampu bekerja sama dengan kelompoknya dalam mempermainkan suatu permainan. (ORJASKES).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
- Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).
2. Kegiatan Inti
1) Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 22, dilanjutkan bertanya jawab tentang hak dan
kewajiban yang dibahas ketika apersepsi (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
2) Siswa diajak bertanya jawab untuk membedakan antara hak dan kuwajiban sebagai anak di rumah dan
sebagai siswa di sekolah.
3) Setelah bertanya jawab tentang kegiatan siswa di rumah dan di sekolah yang ada hubungannya dengan
hak dan kewajiban dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang pengertian hak dan pengertian
kewajiban.
- hak sebagai anak mendapat pendidikan, perlindungan dari orang tua, perawatan, bermain, makan, kesehatan, tidur, istirahat, dan sebagainya (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
- hak siswa di sekolah antara lain mendapatkan pelajaran, masuk sekolah, istirahat dan bermain, mendapat perhatian dari guru, bimbingan, ikut ulangan, mendapat nilai, mendapat raport dan sebagainya (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
- kewajiban anak di rumah antara lain: bangun pagi, mandi, belajar, membantu ibu, menyiapkan buku pelajaran, berpakaian rapi, memberi salam, santun kepada orang tua dan sebagainya.
4) Contoh kewajiban siswa di sekolah antara lain:
- masuk sekolah tepat waktu,
- berpakaian seragam dan rapi,
- mengikuti pelajaran,
- hormat kepada guru,
- taat kepada peraturan sekolah dan sebagainya. (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
5) Semua siswa diminta membaca teks di hal 22 dan 23 dan untuk memperjelas pemahaman siswa tentang
isi teks, siswa diminta untuk mengamati gambar di halaman 24.
6) Dari isi bacaan tersebut, anak diminta berkelompok dengan teman sebangku untuk mengidentifikasi hak
dan kewajiban anak, ayah dan ibu Kemudian menulisnya di buku tulisnya masing-masing dengan huruf
sambung (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
7) Semua siswa dalam kelompok pasangan diminta mengamati gambar-gambar di halaman 24 “Ajang
Pendapat” dan semua kelompok ditugaskan untuk mengerjakan tugas sesuai petunjuk guru.
8) Untuk mengetahui pemahaman terhadap hak dan kewajiban dilakukan tanya jawab ulang tentang arti
hak dan kewajiban, selanjutnya semua siswa ditugaskan untuk menulis atau menyalin hak dan kewajiban
anak di rumah dan di sekolah di buku siswa (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
9) Menugaskan siswa masih tetap berkelompok untuk membahas akibat jika anak tidak melaksanakan
kewajibannya dan akibat jika hak anak terabaikan (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
10) Menugaskan siswa untuk bercerita tentang hak dan kewajiban anggota keluarga lain misalnya:
- pembantu rumah tangga,
- tukang kebun,
- Keluarga lain (seperti paman, bibi),
- Kakek dan Nenek,
11) Terakhir semua siswa diminta menyimak “Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
- Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
- Lingkungan keluarga dan sekolah.
- Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
- Penilaian Lisan (dalam proses).
- Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
- Penilaian Produk.
- Penilaian Portofolio.
- Penilaian Tertulis Obyektif.
- Penilaian Tertulis Subyektif.
- Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
- Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas 2
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar