Lima Pelajaran Berharga dari Blogging yang Wajib Anda Ketahui


Tak terasa, sudah setahun lebih saya blogging. Banyak pelajaran berharga yang saya dapat. Semuanya membuat saya teguh untuk terus blogging dan selalu menghadirkan posting bermanfaat untuk anda.
Bagi saya, rasanya tak ada yang lebih membuat bahagia yaitu saat posting saya ditanggapi oleh anda semua. Komentar, pendapat, atau pertanyaan anda membuat saya terus bersemangat untuk blogging. Meski tak semua komentar bernada positif, tapi saya lapang dada. Saya anggap itu adalah bentuk perhatian anda bagi kemajuan blog ini dan dunia blog tanah air.

Nah, kali ini saya ingin membaginya untuk anda semua. Inilah lima pelajaran berharga dari aktivitas blogging yang saya lakukan selama ini.

1. Blogging Butuh Perencanaan
Blogging sekarang begitu mudah. Tinggal pilih mau mau buat blog dimana dan klak-klik maka blog kita sudah jadi. Kemudahan inilah yang kerap menggoda siapapun yang berniat mulai blogging untuk langsung blogging dan melupakan perencanaan. Kalau anda niatnya sekadar mencoba-coba blogging boleh saja seperti itu. Tapi jika anda berniat membuat blog yang sukses spektakuler, maka aspek perencanaan tak boleh anda tinggalkan. Karena rencana itulah yang akan memandu langkah-langkah blogging anda nantinya. Apa tujuan blogging anda? Apa topik blog anda? Siapa target pembaca anda? Bagaimana promosi blog anda? Berapa hari sekali anda memposting baru? Dan pertanyaan  lainnnya. Jika planning anda telah jelas, dan anda menjalankannya secara terus-menerus, maka dijamin tak sulit membuat blog anda jadi sukses spektakuler. Kata orang bijak, separuh kesuksesan berawal dari perencanaan yang baik. Separuhnya lagi berasal dari ACTION.


2. Jaringan itu Utama
Setiap blog yang sukses spektakuler pasti memiliki jaringan atau hubungan yang kuat dengan blogger lainnya. Ini mutlak! Tanpanya, mustahil blog anda bisa memiliki traffic tinggi, back link membludak, meraih tempat terhormat di search engine, dan menghasilkan uang tanpa henti. Jaringan adalah aset terbesar dalam blogging. Ingat, banyak teman, banyak rejeki.

3. Menjaga Integritas
Banyak jalan pintas sebetulnya untuk membuat blog menghasilkan uang dalam jumlah besar dalam sekejap. Tapi memakai cara itu saya wanti-wanti betul agar anda hindari. Kenapa? Sebab akan merusak integritas dan meruntuhkan kredibilitas anda. Sekali mungkin anda berhasil, tapi selanjutnya tak ada yang jamin. Selihai tupai melompat, pasti akan terpeleset juga. Percayalah, cara-cara tidak baik pasti akan menghasilkan hal yang buruk. Blogging mengajarkan kita untuk bersikap jujur. Maka capai blog sukses spektakuler dengan cara terhormat. 

4. Serius dan Konsisten untuk ACTION
Banyak yang punya ide menarik dan unik untuk blogging. Tapi sangat sedikit yang sampai mencapai predikat blog sukses spektakuler. Apa sebab? Tidak serius dan konsisten untuk ACTION. Sehingga perencanaan yang sudah susun tinggal di atas kertas saja. Blogging mengajarkan kita agar konsisten dan serius untuk ACTION. Memposting secara teratur, sering menjalin networking, dan rutin berpromosi adalah beberapa contohnya.

5. Jangan Takut Berinvestasi
Di tengah limpahan layanan gratis untuk blogging, membuat banyak orang enggan berinvestasi. Padahal bagi blogger yang memang serius berniat menjadikan blognya sebagai ladang uang, investasi wajib hukumnya.
Yang penting diingat, selama investasi untuk aktivitas blogging anda menuai untung dan mendorong kemajuan bisnis internet anda, jangan pernah ragu berinvestasi. Memakai hosting dan domain berbayar, belajar blogging, menggunakan layanan autoresponder berbayar adalah beberapa contohnya. Berdasar pengalaman saya, investasi uang yang saya keluarkan untuk aktivitas blogging kembali dengan hasil yang jauh lebih besar berkali-kali lipat. Itulah lima pelajaran berharga yang saya peroleh dari kegiatan blogging selama ini.
Bagaimana menurut anda?

Komentar

  1. aku berpisah dengan diaryku saat kenal blogging dan banyak hal yang aku dapatkan mualai dari dapet google adsense, jual akun google adsense sampai jual blog dari mulai harga ratusan ribu sampai jutaan namun hal utama blogging adalah mencurahkan isi hati dan sekedar hobi. salam damai blogger xoedoes

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar