8 Sep 2011

Tips Mencari Pekerjaan


Musim Wisuda sudah datang, bulan September sampai dengan Oktober, setiap perguruan tinggi di Indonesia, kebanyakan mengadakan wisudaan pada bulan-bulan ini. Lulusan-lulusan terbaik perguruan tinggi tersebut dengan bangga diperkenalkan kepada dunia, bahwa mereka adalah calon-calon pengisi pembangunan yang kompeten dan kredibel. Di pikiran para lulusan pun begitu pula, terancang cita-cita dan harapan ideal dalam menggunakan ilmu yang didapatnya ditempat ia menuntut ilmu. Rasa percaya diri yang luar biasa menghinggapi dalam diri lulusan baru tersebut, apalagi dari lulusan PT terkemuka. Keinginan gaji dan tunjangan yang tinggi dirancang dalam rencana kehidupan kedepan, memang hal ini layak dimiliki oleh setiap insan sesuai dengan perjuangan kuliah kita.


Namun, setelah lulus tersebut bukan merupakan akhir dari sebuah perjuangan. Justru setelah wisuda, perjuangan kehidupan nyata telah menanti dengan kejamnya lebih kejam dari pembimbing I pada penyusunan skripsi (he..he.. just kidding). Biasanya pemikiran ideal para lulusan baru itu bertahan antara 3 – 12 bulan setelah lulus. Apa mau dikata, negeri kita tercinta ini belum mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang luas dan menjanjikan (kasian ya negeri kita). Apalagi moratorium PNS sudah disepakati, maka1-2 tahun kedepan penerimaan CPNS akan tidak ada di negeri kaya ini, walaupun pengangkatan guru dari honorer akan terus dilakukan. Seperti dikatakan Gubernur Jawa Barat, Bapak Heryawan:” Moratorium ini bukan pada sektor guru tapi pada sektor lainnya. Sebab, di satu sisi kita kelebihan pegawai tapi di sisi lain seperti tenaga guru masih kurang dan belum merata. Namun prinsipnya, pengangkatan tenaga guru ini sudah on the track”. ( Sinar Pagi News, Edisi: 014/Thn I/Agustus 2011, halaman 6)

Dalam mencari pekerjaan kita harus bisa melihat kemampuan diri kita sendiri. Jangan gegabah dengan melamar pekerjaan yang membutuhkan banyak persyaratan yang berada di luar kemampuan kita. Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan kadang hanya mencari karyawan / pegawai baru yang spesifik dengan kebutuhan mereka. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang ada atau sedikit lebih tinggi.
Persiapkan diri kita dari sekarang, karena bisa saja perusahaan melakukan interview secara mendadak melalui telepon sehingga akan benar-benar menguji kemampuan kita yang sesungguhnya. Jika melamar suatu pekerjaan sebisa mungkin kita mengetahui sedikit tentang perusahaan tersebut serta pekerjaan yang kita lamar.
Siapkan berkas lamaran seperti surat lamaran dan cv (curriculum vittae) dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan tampilan yang segar, sederhana dan terlihat profesional. Usahakan foto kita juga dalam kondisi yang terbaik, baru dan terlihat meyakinkan. Dalam mengirim lamaran kerja mungkin bisa melalui dua cara, yaitu melalui pos dan melalui internet. Oleh karena itu pelajari kedua tehnik pengiriman surat lamaran tersebut dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.

Ketika melakukan wawancara tunjukkanlah bahwa kita mampu dan dapat bekerja keras dalam menjalankan segala pekerjaan yang diberikan dengan wawasan yang luas. Tidak selamanya pewawancara kerja menyukai kandidat yang terlihat sempurna dalam wawancara dengan prestasi akademis yang hebat. Pencari kerja bisa saja mencari kandidat yang biasa-biasa saja namum memiliki semangat kerja keras yang tinggi, tingkah laku yang sopan, sederhana, jujur, setia dan penurut. Perusahaan biasanya tidak menghendaki pegawai "kutu loncat" yang belum lama bekerja sudah mengundurkan diri karena mendapat pekerjaan lain.

Masalah gaji dan tunjangan sebaiknya tetapkanlah dengan wajar dan jangan berlebihan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka semakin tinggi pula harga jual kita. Jika masih baru lulus tanpa pengalaman atau "fresh graduate" maka sebaiknya tetapkan sewajarnya saja atau mengikuti standar yang diberikan perusahaan. Tinggalkan rasa gengsi anda dan kejarlah pengalaman untuk bekal pengembangan diri anda.
Ketika memasuki dunia kerja bekerjalah dengan baik, ulet dan bertanggung jawab serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja di sekitarnya. Jangan bersikap sok tau atau lebih pintar, tapi jadilah pegawai yang disukai dengan sikap yang rendah hati. Situs web organisasi.org mengucapkan semoga berhasil mengejar cita-cita anda.
Berikut dituliskan tempat mencari tempat pekerjaan :
1.    Situs web lowongan kerja seperti karir.com, jobsdb.com, jobindo.com, id.jobstreet.com, datakarir.com, jobitcom.com, lowongan-pekerjaan.com, dan lain sebagainya.
2.    Search engine atau mesin pencari seperti google dan yahoo utuk mencari informasi pekerjaan yang spesifik. Biasanya ketika ada rekrutmen CPNS atau pegawai BUMN akan banyak situs pribadi dan blog yang menginformasikannya kepada masyarakat umum.
3.    Mailing list / milis pencari kerja seperti :
- groups.yahoo.com/group/indonesia_headhunter
- groups.yahoo.com/group/job-vacancy
- groups.yahoo.com/group/vacancy dan lain sebagainya
4.    Koran seperti kompas dan poskota memiliki banyak informasi lowongan kerja untuk pembaca. Hati-hati dengan iklan yang menipu.
5.    Bursa Kerja. Biasanya setiap beberapa bulan sekali ada event khusus bagi para pencari kerja seperti career days, job expo, dan lain sebagainya di mana perusahaan pencari kerja berkumpul dan menawarkan pekerjaan dengan jumlah yang terbatas kepada para pengunjung.
6.    Biro penyalur tenaga kerja. Para pencari kerja dapat menitipkan cv atau mengikuti program pelatihan untuk kemudian disalurkan kepada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.
7.    Papan pengumuman di kampus yang biasanya menempel selebaran informasi lowongan kerja. Biasanya perusahaan bonafit langsung bekerjasama dengan pihak kampus ternama untuk menawarkan pekerjaan bagi para lulusannya.
8.    Kenalan seperti saudara, tetangga, teman, dan lain sebagainya. Bisa jadi mereka, kantor atau kenalan mereka ada yang mencari orang yang bisa dipercaya untuk bekerja. Jadilah orang yang bisa dipercaya dandiandalkan.
9.    Web penyedia lowongan pekerjaan
10. Jasa Pengerah Tenaga Kerja
1.  muhammad noor havid , alamat rumah ;jl. terto tejo bratan rt 02 rw06 pajang laweyan solo kode pos 57146 jawa tengah indonesia /email;havid_2@yahoo.com/nomer telp;081575899203
11. Khusus untuk daerah Cianjur
1.    Daerah Kecamatan Gekbrong yang berbatasan dengan Sukabumi telah dibangun beberapa industri yang siap menyediakan lapangan pekerjaan, seperti: garmen dan Aqua
2.    Daerah Kota Cianjur Utara (Kecamatan karangtengah) telah diproyeksikan untuk kawasan insdutri
12.        Sektor pertanian yang kurang mendapat perhatian dari kita dengan alasan Alasan:
·  Citra Pertanian yg kurang ‘branded’ (Misalnya: Terkesan kumuh, Bersentuhan dengan petani kecil, Mencangkul, dll).
·  Bekerja di bidang pertanian itu ‘Kurang Menjanjikan’.
·  Publikasi yg ‘Kurang Memberikan Value Added’ ke bidang pertanian.
·  Publikasi dari Penyelenggara Pendidikan Pertanian juga Kurang.
·  Kebijakan pemerintah yang kurang memihak pertanian,
·  Kurangnya ’menjual’ pendidikan pertanian, dll
Ternyata masih bisa memberikan harapan bagi para pencari kerja bar

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...