5 Mei 2013

Pakaian Seragam Pramuka yang baru

Seragam Pramuka baru
Walaupun telat pisan namun apa salahnya apabila kita mengenal kembali atau refreslah yang udah tahu mah, tentang Baju Seragam Pramuka yang baru menurut Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012. Di bawah ini dijelaskan sedikit mengenai seragam Pramuka.

1. Pengertian
  1. Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka selanjutnya disebut Pakaian Seragam Pramuka adalah pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang bentuk, warna, dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  2. Warna Pakaian Seragam Pramuka adalah coklat muda dan  coklat tua. Warna tersebut dipilih dari salah satu warna yang banyak dipakai oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949).
  3. Pakaian Seragam Harian, adalah pakaian yang dikenakan anggota Gerakan Pramuka pada waktu melakukan kegiatan kepramukaan harian. Pakaian seragam harian juga digunakan pada waktu mengikuti upacara.
  4. Pakaian Seragam Kegiatan adalah pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka pada saat mengikuti kegiatan lapangan, agar lebih mudah melakukan aktivitas yang diperlukan.
  5. Pakaian Seragam Upacara adalah pakaian yang dikenakan oleh anggota dewasa Gerakan Pramuka yang pemakaiannya secara khusus untuk upacara memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Pramuka, Pelantikan Pengurus Kwartir/Mabi, upacara pembukaan dan penutupan kegiatan nasional, kegiatan-kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh kwartir, menghadiri upacara dimana TNI menggunakan seragam PDU 4 dan acara resmi kepramukaan di luar negeri.
  6. Pakaian Seragam Khusus adalah pakaian yang dikenakan secara khusus, karena adanya pertimbangan tertentu.
2. Fungsi
Pakaian Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggotanya guna meningkatkan citra Gerakan Pramuka.

3. Tujuan
Pakaian Seragam Pramuka bertujuan agar para anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa, dan berdisiplin.

4. Sasaran
a. Terwujudnya pemakaian Pakaian Seragam Pramuka secara benar.
b. Terciptanya ketertiban dan keindahan.
c. Terciptanya rasa bangga menjadi anggota Gerakan Pramuka.

temen-temen dapat mengunduh SK nya secara full version dengan mengklik tautan ini 
semoga hal ini dapat bermanfaat......

1 komentar:

  1. widih jadi inget waktu dulu smp ikutan pramuka kalo liat bajunya, ampe gak mandi 2 hari :P hhha ,,, kapan-kapan maen gak ke blog sya

    BalasHapus

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...