RPP Tematik Kelas 2 : Saling Menghormati | Pertemuan 5, 6, 7 dan 8

saling menghormati
TEMA                         : SALING MENGHORMATI
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                 : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (PKn).
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§ Melakukan alat ukur waktu dengan satuan jam (MAT).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD & KETRMPL).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

II.   INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya  saling menghormati (PKn).
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Menyebutkan pentingnya  saling menghormati (IPS).
§ Menceritakan cara menghormati dalam keluarga.
§ Menjelaskan pentingnya saling menghormati di tempat umum.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain (BI).
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
§ Menanyakan atau menanggapi cerita teman sekelas.
§ Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
§ Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§ Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§ Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
§ Menggunakan alat ukur dengan satuan jam dan menit (MAT).
§ Mengurutkan bilangan.
§ Membaca waktu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan. (IPA)
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar atau secara lisan.
§ Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (SE-BUD)
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Menggambar dan mewarnai objek menarik.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nasihat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang ”Nasihat”.
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Saling Menghormati).




2.   Kegiatan Inti
1) Semua siswa ditugaskan untuk membaca wacana di halaman 78 dan 79.
2) Menunjuk salah satu siswa untuk membaca dengan keras dan dengan intonasi yang benar
3) Bertanya jawab tentang makna teks misalnya:
§ Mengapa ana tidak masuk sekolah?
§ Siapa yang mengirim surat?
§ Siapa yang membawa surat ana?
§ Diserahkan kepada siapa surat itu?
§ Ada kepentingan apa ana tidak masuk sekolah?
§ Dan sebagainya
4) Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan mendiskusikan sikap orang tua Ana dan mengapa kita harus menghormati guru? (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
5) Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 79 tentang topik “Saling Menghormati di Tempat Umum” kemudian menugaskan siswa membaca teks/bacaan secara bergantian.
6) Memanggil salah satu siswa (bisa bergantian) maju kedepan untuk menceritakan kembali isi teks/bacaan tersebut (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
7) Semua siswa diminta menulis teks yang didektekan guru tentang bagaimana tata cara menghormati jika berada di tempat umum misalnya:
§ Kita harus saling menghormati
§ Hormatilah anggota keluargamu
§ Hormatilah bapak dan ibu guru
§ Mintalah ijin sebelum pergi ke sekolah
§ Ucapkanterima kasih setelah meminjam sesuatu
§ di jalan harus tertib,
§ berjalan disebelah kiri,
§ tidak boleh membunyikan bel terlalu sering,
§ tidak boleh berteriak seenaknya
§ dsb (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
8) Semua siswa ditugaskan membuat karangan tentang peristiwa menyenangkan di tempat umum (atau dimana saja) Bersama keluarganya dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca dan apa saja aturan yang harus ditaati (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
9) Bagian “Cakrawala” guru memberikan penjelasan dan bercerita tentang “Malioboro” (Salah satu pusat Pariwisata di Kota Yogyakarta yang sudah terkenal di seluruh Indonesia) bahka luar negeri.
10) Siswa dikelompokkan secara acak dengan anggota 4 anak, dan setiap kelompok membuat karangan pendek tentang tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya.
§ Ada berapa banyak tempat wisata
§ Dimana, apa namanya dsb. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
11) Bagian “Ayo Bercerita” semua siswa ditugaskan untuk mengarang cerita tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi (dimana, apa namanya, dengan siapa saja kesana, apa saja yang disukai dan tidak disukai di tempat wisata itu, apakah ada yang berjualan cinderamata dsb). Siswa dapat mengungkapkan perasaannya terhadap obyek alam di sekitar (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Seni-Bud & Ketrm).
12) Bagian “Ekspresikan Dirimu” (halaman 81) semua siswa ditugaskan menggambar lingkungan sekitar yang menarik di daerah sekitarnya dan mewarnai supaya indah. (BI, Seni-Bud, IPA)
13) Gambar ditukarkan dengan teman disampingnya kemudian masing-masing saling menceritakan perasaannya tentang gambar temannya (gambar apa, apakah bagus, ada apa saja dalam gambar tersebut dsb (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
14) Bagian “Cakrawala” hal 81 guru memberikan penjelasan tentang berbagai macam bunyi (seperti bunyi detak jantung) semua siswa diminta mengamati detak jantungnya sendiri kemudian memperagakan bunyi detak jantungnya dengan cara membuka dan menutuk telapak tangan (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Orjas).
15) Memberikan penjelasan bahwa bunyi dikaitkan dengan nada-nada lagu yang rangkaiannya disebut MELODI. Tangga nada terdiri atas do re mi fa sol la si do jika diganti dengan angka 1 2 3 4 5 6 7 1’.
16) Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Nasihat” bersama-sama dan dengan memperhatikan tinggi rendahnya nada yang sesuai.
17) Setelah selesai menyanyikan lagu tersebut dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu. Bahwa yang disayang handai tolan adalah anak yang sopan santun dan tak pernah bohong. Apakah anak-anak sudah melakukan semua itu? (I, PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
18) Bagian “Cakrawala” hal 84, guru menerangkan adanya wujud benda-benda yang ada di lingkungan kita. Ada benda padat, benda cair, dan ada benda yang bentuknya bisa berubah dari bentuk semula.
19) Semua siswa dikelompokkan dengan anggota 4 – 5 anak. Kemudian setiap kelompok ditugaskan untuk mengamati lingkungan sekitar. Tempat pengamatan setiap kelompok berbeda. (misalnya di taman, lapangan sekolah, ruang UKS, dsb) Setiap kelompok mengidentifikasi dan mencatat hasil pengamatannya apa nama benda, termasuk benda cair atau padat. Bagi kelompok yang banyak catatannya menjadi pemenang (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
20) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 92) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang sikap saling menghormati di keluarga, di sekolah dan di masyarakat.
§ Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.




Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2

Komentar