RPP PKn Paket B Kelas VII Sem I :Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara



Menjelaskan hakikat dan arti penting 
 hukum bagi warga  negara
Nama PKBM                       : .....................................................
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester              :    VII / I
Standar kompetensi       :   1. Menunjukkan sikap positif  terhadap       
                                                         norma-norma yang berlaku dalam
                                                         kehidupan bermasyarakat, berbangsa 
                                                         dan bernegara
                                                                            Kompetensi Dasar           :  2   Menjelaskan hakikat dan arti penting   
                                                                                                                                     hukum bagi warga  negara     
                    Indikator                            :   -   Menjelaskan pengertian hukum
                                            -    Menjelaskan pembagian hukum menurut 
                                                               sifat, bentuk dan isinya
                                                          -       Pentingnya  norma hukum dalam 
                                                                               kehidupan bernegara
-       Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya  hukum dalam suatu negara
-       Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu                   :  6 X 40 menit (3 X pertemuan)


A.      Tujuan  Pembelajaran
1.    Warga belajar dapat menjelaskan pengertian hukum dengan tepat
2.    Warga belajar dapat menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya
3.    Warga belajar dapat menjelaskan  pembagian hukum menurut bentuknya
4.    Warga belajar dapat menjelaskan pembagian hukum menurut  isinya
5.    Warga belajar dapat menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
6.    Warga belajar dapat menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7.    Warga belajar dapat memberikan contoh perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan    sehari-hari

B.      Materi Pembelajaran

1.    Pengertian hukum dengan tepat
2.    Pembagian hukum menurut sifatnya
3.    Pembagian hukum menurut bentuknya
4.    Pembagian hukum menurut isinya
5.    Pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
6.    Tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7.    Memberikan contoh perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan  sehari-hari

C.      Metode

Ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku, penugasan

D.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar

        Pertemuan 1 
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket

1.








2.













Pendahuluan
a.       Apersepsi        
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,         kelas  dll)
b.      Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang   akan diajarkan
c.       Informasi kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan  Inti
Kajian Pustaka
a.       Penjelasan konsep tentang  pengertian hukum dikaitkan      dengan perilaku manusia dalam hidup bermasyarakat
b.      Membagi warga belajar menjadi 10 kelompok
c.       Masing-masing kelopompok diberikan tugas untuk         menelaah melalui  kajian pustaka, mengenai pembagian hukum menurut fungsinya, bentuknya serta hukum menurut isinya.
d.      Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk           mempresentasikan hasil telaahanya
e.      Kelompok lain menanggapinya
f.        Klarifikasi dari  tutor tentang pemahaman pemahaman pembagian hukum


10  menit








60 menit











3.
Penutup
a.       Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi untuk memantapkan   pemahaman  materi  yang sudah dipelajari
b.      Mengadakan post test
c.       Memberi tugas rumah secara berkelompok guna mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku, berkaitan dengan pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.Tujuan dan fungsi ditetapkanya hukum dalam suatu negara

10 menit


Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar

Waktu

Ket
1.








2.






3.

Pendahuluan
a.       Apersepsi        
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan,         kelas  dll)
b.      Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang   akan diajarkan
c.       Informasi kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan  Inti
a.       Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk   mempresentasikan hasil diskusinya
b.      Kelompok lain menanggapinya
c.       Klarifikasi dari  tutor tentang  materi yang telah didiskusikan oleh  masing-masing kelompok

Penutup
a.       Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi untuk  memantapkan  pemahaman  materi yang sudah          dipelajari
b.      Mengadakan post test
c.       Memberikan  tugas kelompok di luar kelas guna          mempersiapkan materi yang akan datang   berupa  laporan hasil pengamatan tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh warga belajar dalam rentang waktu satu minggu!

10  menit








70 menit






10 menit


Pertemuan 3

No

Kegiatan Belajar
Waktu
Ket

1.








2.










3.


Pendahuluan
a.       Apersepsi        
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan,         kelas  dll)
b.      Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang   akan diajarkan
c.       Informasi kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan  Inti
a.       Penjelasan  tentang  pelaksanaan diskusi kelompok
b.      Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil        pengamatanan di sekolah tentang  pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh warga belajar
c.       Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk          mempresentasikan hasil pengamatannya
d.      Kelompok lain menanggapinya
e.      Klarifikasi dari  tutor tentang dampak pelanggaran terhadap tata tertib sekolah

Penutup
a.       Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi untuk          memantapkan  pemahaman  materi   yang sudah          dipelajari
b.      Mengadakan post test
c.       Memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang          akan datang  berupa telaah buku di rumah masing-masing secara individual berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi  dasar  yang akan dipelajari


10  menit








70 menit










10 menit


E.       Sumber belajar

v  Buku Teks Warga belajar kelas VII
v  Artikel/berita di media massa

F.       Penilaian

Soal-soal Uraian

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat.
  1. Jelaskan pengertian hukum
  2. Jelaskan pembagian hukum menurut:
a.       sifatnya
b.      bentuknya
c.       isinya
  1. Jelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
  2. Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan bernegara
  3. Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara

Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu  jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat) alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Alasan masyarakat memerlukan norma hukum,adalah….
a.         ingin  berbuat yang terbaik bagi dirinya
b.         belum semua masalah terwadahi
c.          tidak semua orang mentaati norma yang ada
d.         hendak mewujudkan kepastian hukum

  1. Contoh-contoh berikut yang termasuk kepada peristiwa perdata adalah...
a.         pembagian harta waris
b.         melakukan penghinaan terhadap orang lain
c.          terjadi pemukulan terhadap pencuri
d.         tidak melaporkan kejahatan yang pernah dilihatnya

3.       Perbedaan norma hukum dengan norma lainya dalam masyarakat adalah......
a.         Dibuat oleh  negara
b.        Berlaku bagi masyarkat tertentu
c.         Sanksi tidak begitu tegas
d.        Tergantung kepada keinginan masyarakat

4.       Ditangkap dan dipenjarakan adalah contoh sanksi dari norma.....
a.         Hukum
b.         Agama
c.          Kesopanan
d.         Adat

5.       Berikut ini yang tidak termasuk hukum publik adalah hukum.....
a.         Perdata
b.         Pidana
c.          Tata negara
d.         Administrasi negara


       
Mengetahui:
Ketua PKBM .............................,




...................................................
Campakamulya, 11 Januari 2012
Tutor Mata Pelajaran PKn,




...............................................

Komentar