Menjelaskan hakikat dan arti penting
hukum bagi warga negara
|
Nama PKBM : .....................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII / I
Standar kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap
norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan
bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
hukum bagi
warga negara
Indikator : - Menjelaskan pengertian hukum
- Menjelaskan
pembagian hukum menurut
sifat, bentuk dan isinya
-
Pentingnya norma hukum dalam
kehidupan bernegara
-
Menjelaskan tujuan dan
fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu
negara
-
Menunjukkan kepatuhan
ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu
: 6 X 40 menit (3 X pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Warga belajar dapat menjelaskan pengertian
hukum dengan tepat
2. Warga belajar dapat menjelaskan pembagian
hukum menurut sifatnya
3. Warga belajar dapat menjelaskan pembagian hukum menurut bentuknya
4. Warga belajar dapat menjelaskan pembagian
hukum menurut isinya
5. Warga belajar dapat menjelaskan pentingnya
norma hukum dalam kehidupan bernegara
6.
Warga belajar dapat menjelaskan tujuan
dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7.
Warga belajar dapat memberikan contoh
perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan
sehari-hari
B.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian hukum dengan tepat
2. Pembagian hukum menurut sifatnya
3. Pembagian hukum menurut bentuknya
4. Pembagian hukum menurut isinya
5. Pentingnya norma hukum dalam kehidupan
bernegara
6. Tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam
suatu negara
7. Memberikan contoh perilaku patuh terhadap
hukum dalam kehidupan sehari-hari
C.
Metode
Ceramah bervariasi,
diskusi, telaah buku, penugasan
D.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan, kelas dll)
b.
Memotivasi
Penjajagan
kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti Kajian Pustaka
a.
Penjelasan konsep tentang pengertian hukum dikaitkan dengan perilaku manusia dalam hidup
bermasyarakat
b.
Membagi warga belajar menjadi 10 kelompok
c.
Masing-masing kelopompok diberikan tugas
untuk menelaah melalui kajian pustaka, mengenai pembagian hukum
menurut fungsinya, bentuknya serta hukum menurut isinya.
d.
Masing-masing kelompok diberikan
kesempatan untuk
mempresentasikan hasil telaahanya
e.
Kelompok lain menanggapinya
f.
Klarifikasi dari tutor tentang pemahaman pemahaman pembagian
hukum
|
10 menit
60 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Tutor bersama warga belajar menyimpulkan
materi untuk memantapkan
pemahaman materi yang sudah dipelajari
b.
Mengadakan post test
c.
Memberi tugas rumah secara berkelompok
guna mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku, berkaitan
dengan pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum dalam kehidupan
bernegara.Tujuan dan fungsi ditetapkanya hukum dalam suatu negara
|
10 menit
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan, kelas dll)
b.
Memotivasi
Penjajagan
kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a.
Masing-masing kelompok diberikan
kesempatan untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
b.
Kelompok lain menanggapinya
c.
Klarifikasi dari tutor tentang materi yang telah didiskusikan oleh masing-masing kelompok
Penutup
a.
Tutor bersama warga belajar menyimpulkan
materi untuk memantapkan pemahaman
materi yang sudah
dipelajari
b.
Mengadakan post test
c.
Memberikan tugas kelompok di luar kelas guna mempersiapkan materi yang akan
datang berupa laporan hasil pengamatan tentang
pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh warga belajar dalam rentang
waktu satu minggu!
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan, kelas dll)
b.
Memotivasi
Penjajagan
kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
c.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a.
Penjelasan tentang
pelaksanaan diskusi kelompok
b.
Setiap kelompok mempersiapkan laporan
hasil pengamatanan di sekolah
tentang pelanggaran terhadap tata
tertib sekolah oleh warga belajar
c.
Masing-masing kelompok diberikan
kesempatan untuk
mempresentasikan hasil pengamatannya
d.
Kelompok lain menanggapinya
e.
Klarifikasi dari tutor tentang dampak pelanggaran terhadap
tata tertib sekolah
Penutup
a.
Tutor bersama warga belajar menyimpulkan
materi untuk memantapkan pemahaman
materi yang sudah dipelajari
b.
Mengadakan post test
c.
Memberi tugas rumah guna mempersiapkan
materi yang akan datang berupa telaah buku di rumah masing-masing
secara individual berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi dasar
yang akan dipelajari
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
E.
Sumber belajar
v Buku Teks Warga belajar kelas VII
v Artikel/berita di media massa
F.
Penilaian
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan
berikut ini dengan tepat.
- Jelaskan pengertian hukum
- Jelaskan pembagian hukum menurut:
a. sifatnya
b. bentuknya
c. isinya
- Jelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan
bernegara
- Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan
bernegara
- Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat)
alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Alasan
masyarakat memerlukan norma hukum,adalah….
a.
ingin
berbuat yang terbaik bagi dirinya
b.
belum semua masalah terwadahi
c.
tidak semua orang mentaati norma yang ada
d.
hendak mewujudkan kepastian hukum
- Contoh-contoh berikut yang termasuk kepada
peristiwa perdata adalah...
a.
pembagian harta waris
b.
melakukan penghinaan terhadap orang lain
c.
terjadi pemukulan terhadap pencuri
d.
tidak melaporkan kejahatan yang pernah
dilihatnya
3. Perbedaan
norma hukum dengan norma lainya dalam masyarakat adalah......
a.
Dibuat oleh
negara
b.
Berlaku bagi masyarkat tertentu
c.
Sanksi tidak begitu tegas
d.
Tergantung kepada keinginan masyarakat
4. Ditangkap
dan dipenjarakan adalah contoh sanksi dari norma.....
a.
Hukum
b.
Agama
c.
Kesopanan
d.
Adat
5. Berikut ini
yang tidak termasuk hukum publik adalah hukum.....
a.
Perdata
b.
Pidana
c.
Tata negara
d.
Administrasi negara
Mengetahui:
Ketua PKBM .............................,
...................................................
|
Campakamulya, 11 Januari 2012
Tutor Mata Pelajaran PKn,
...............................................
|
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar