RPP Tematik Kelas 2 SD: Saling Menghormati | Pertemuan 1, 2 , 3 dan 4

saling menghormati

TEMA               : SALING MENGHORMATI
KELAS /SEMESTER    : 2 (dua)/1 (satu)
WAKTU       : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)


I.   KOMPETENSI DASAR
  • Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (PKn).
  • Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (IPS).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
  • Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
  • Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
  • Melakukan alat ukur waktu dengan satuan jam (MAT).
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar (IPA).
  • Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD & KETRMPL).
  • Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
  • Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


II.   INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya  saling menghormati (PKn).
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Menyebutkan pentingnya  saling menghormati (IPS).
§ Menceritakan cara menghormati dalam keluarga.
§ Menjelaskan pentingnya saling menghormati di tempat umum.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain (BI).
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
§ Menanyakan atau menanggapi cerita teman sekelas.
§ Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
§ Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§ Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§ Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
§ Menggunakan alat ukur dengan satuan jam dan menit (MAT).
§ Mengurutkan bilangan. 
§ Membaca waktu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan. (IPA)
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar atau secara lisan.
§ Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (SE-BUD)
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Menggambar dan mewarnai objek menarik.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nasihat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang ”Nasihat”
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Saling Menghormati).




2.   Kegiatan Inti 
  1. Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 73 dan bertanya jawab tentang makna gambar (diskusi kelas dipimpin oleh guru). 
  2. Dilanjutkan bertanya jawab tentang sikap saling menghormati di keluarga, masing-masing siswa dan juga di sekolah masing-masing, di kelasnya dan lingkungan sekitar. (BI, PKn, IPA, IPS, Mat).
  3. Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 74 dan 75 tentang topik “Saling Menghormati di Keluarga”. Siswa secara bergantian ditugaskan membaca dengan suara nyaring dan intonasi yang benar, yang lain menyimak teks yang sedang dibaca.
  4. Siswa dikelompokkan dengan anggota 2 anak, dan ditugaskan untuk berdiskusi, bagaimana kehidupan mereka di keluarga. Apakah seperti yang ada dalam bacaan, (masing-masing siswa menceritakan pengalaman di rumahnya sendiri bergantian) (BI, PKn, IPA, IPS, Mat).
  5. Diskusi dilanjutkan dengan membahas mengapa kita harus saling menghormati antar sesama anggota keluarga (siswa menemukan sendiri dikaitkan dengan kehidupan siswa di keluarganya) (BI, PKn, IPA, IPS, Mat) Bagian “Cakrawala” semua siswa diberi penjelasan apa yang dimaksud dengan menghormati dan bagaimana caranya melakukannya. (Dilanjutkan dengan peragaan bagaimana menghormati orang yang lebih tua) (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
  6. Bagian “Ajang Pendapat” semua siswa diminta mengamati gambar di hal 77 tentang sikap dan perilaku menghormati.
  7. Siswa dikelompokkan dengan teknik mencari pasangan (Cooperative Learning). Dan ditugaskan mendiskusikan gambar-gambar tersebut. Dan apa yang terjadi jika tidak saling menghormati antar sesama (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
  8. Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 78 tentang topik Saling Menghormati di sekolah. Menugaskan siswa membaca teks/bacaan secara bergantian.
  9. Bertanya jawab isi teks secara klasikal dan dikaitkan dengan suasana di kelasnya sendiri. Apakah kalau ada siswa yang tidak masuk akan melakukan hal yang sama dengan cerita dalam teks tersebut. Semua siswa ditugaskan untuk membuat karangan pendek tentang sikap jika tidak masuk sekolah (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
  10. Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 92) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup
  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.



IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Gambar-gambar tentang sikap saling menghormati di keluarga, di sekolah dan di masyarakat.
  • Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  • Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).



V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik 



Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2


Komentar