RPP PKn Kelas VII Paket B Sem 1: Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


Norma yang ada dalam masyarakat
Nama PKBM                 : Cibanggala
Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                 : VII / satu
Standar Kompetensi       : 1. Menunjukkan sikap positif
                                                         terhadap norma-norma  yang
                                                         berlaku dalam kehidupan          
                                                         bermasyarakat,  berbangsa dan
                                                         bernegara

Kompetensi Dasar           : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan,  adat istiadat,
                                                        peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :                 :  - Menjelaskan hakekat norma
                                           - Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
                                           - Menguraikan macam-macam norma
Alokasi Waktu                 : 8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )

1. Tujuan Pembelajaran
        Setelah selesai proses pembelajaran, warga belajar dapat :

  • Menjelaskan pengertian norma
  • Menjelaskan tujuan norma
  • Menjelaskan fungsi norma
  • Menguraikan macam-macam norma
  • Menganalisis hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
  • Menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan sanksinya


2. Materi Ajar

  • Pengertian norma
  • Tujuan norma
  • Fungsi norma
  • Macam-mcam norma
  • Hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan 
  • Sumber-sumber norma
  • Kekuatan mengikat norma
  • Sanksi norma


3. Metode
Ceramah bervariasikan tanya jawab, inquiry, penugasan, dan diskusi kelas

4. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan 1
Pendahuluan ( 10 menit )

  1. Warga belajar menyimak penjelasan tutor tentang apa yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran norma; tujuan dan fungsi norma yang ada di masyarakat
  2. Warga belajar menyimak skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan tutor, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu warga belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan tutor berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
  3. Warga belajar menyimak penjelasan atau klarifikasi tutor tentang jawaban-jawaban yang diberikan warga belajar.

Kegiatan Inti ( 60 menit )

  1. Warga belajar membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas dalam buku teks
  2. Warga belajar dengan difasilitasi oleh tutor mendiskusikan materi
  3. Warga belajar menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam msyarakatyl, khususnya sub tentang   sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat .
  4. Warga belajar menyimak penjelasan dan klarifikasi tutor mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sejarah perkembangan norma; tujuan dan kegunaan norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat 
  5. Warga belajar berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh tutor
  6. Warga belajar mengerjakan tugas-tugas kelompok


Kegiatan Penutup ( 10 menit )

  1. Warga belajar dengan dibimbing dan difasilitasi tutor membuat rangkuman materi tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat 
  2. Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor


Pertemuan 2
Pendahuluan ( 10 menit )

  1. Warga belajar menyimak penjelasan tutor tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
  2. Warga belajar mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan tutor, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu warga belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan tutor berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
  3. Warga belajar menyimak penjelasan atau klarifikasi tutor tentang jawaban-jawaban yang diberikan warga belajar.
  4. Warga belajar membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta tutor untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
  5. Warga belajar menerima LKS yang dibagikan tutor


Kegiatan Inti ( 60 menit )

  1. Warga belajar membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas dalam buku PKn
  2. Warga belajar dengan difasilitasi oleh tutor mendiskusikan buku Pkn
  3. Warga belajar menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam masyarakat, khususnya sub tentang  macam-macam norma  yang ada dalam masyarakat
  4. Warga belajar menyimak penjelasan dan klarifikasi tutor mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
  5. Warga belajar berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh tutor
  6. Warga belajar mengerjakan tugas-tugas kelompok


Kegiatan Penutup ( 10 menit )

  1. Warga belajar dengan dibimbing dan difasilitasi tutor membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
  2. Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor



Pertemuan 3
Pendahuluan ( 10 menit )

  1. Warga belajar menyimak penjelasan tutor tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada  dalam masyarakat
  2. Warga belajar mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan tutor, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu warga belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan tutor berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
  3. Warga belajar menyimak penjelasan atau klarifikasi tutor tentang jawaban-jawaban yang diberikan warga belajar.


Kegiatan Inti ( 60 menit )

  1. Warga belajar membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas buku PKn
  2. Warga belajar dengan difasilitasi oleh tutor mendiskusikan dan membahas buku PKn
  3. Warga belajar menyimak dan mencermati uraian materi pokok sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma  yang ada dalam masyarakat
  4. Warga belajar dengan difasilitasi tutor, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku warga belajar dan buku PKn
  5. Warga belajar menyimak penjelasan dan klarifikasi tutor mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber-sumber dan kekuatan mengikat norma, yang ada dalam masyarakat
  6. Warga belajar berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh tutor
  7. Warga belajar mengerjakan tugas-tugas kelompok
  8. Warga belajar mempresentasikan hasil tugas kelompok.


Kegiatan Penutup ( 10 menit )

  1. Warga belajar dengan dibimbing dan difasilitasi tutor membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
  2. Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor


Pertemuan 4
Pendahuluan ( 10 menit )

  1. Warga belajar menyimak penjelasan tutor tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang pelaksanaan sanksi terhadap pelaku pelanggaran norma yang ada  dalam masyarakat
  2. Warga belajar mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan tutor, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu warga belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan tutor berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
  3. Warga belajar menyimak penjelasan atau klarifikasi tutor tentang jawaban-jawaban yang diberikan warga belajar.
  4. Warga belajar membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta tutor untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam buku PKn


Kegiatan Inti ( 60 menit )

  1. Warga belajar membaca dan spesial mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam buku PKn
  2. Warga belajar dengan difasilitasi oleh tutor mendiskusikan dan membahas buku PKn
  3. Warga belajar menyimak dan mencermati uraian materi pokok jenis-jenis sanksi yang diberikan terhadap pelanggar norma 
  4. Warga belajar dengan difasilitasi tutor, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku Pkn
  5. Warga belajar menyimak penjelasan dan klarifikasi tutor mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi terhadap pelanggar norma  yang ada dalam masyarakat
  6. Warga belajar berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh tutor
  7. Warga belajar mengerjakan tugas-tugas kelompok
  8. Warga belajar mempresentasikan hasil tugas kelompok.





Kegiatan Penutup ( 10 menit )

  1. Warga belajar dengan dibimbing dan difasilitasi tutor membuat rangkuman materi tentang jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi bagi pelanggar norma yang ada dalam masyarakat
  2. Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor


5. Alat/Sumber Belajar

  • Buku Paket
  • Buku PKn kelas VII
  • Contoh norma, 
  • Orang tua
  • Tokoh masyarakat setempat
  • artikel/berita di media massa


6. Penilaian
Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes uraian dan pilihan ganda,

Bagian I
Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada alternatif yang benar atau paling benar di antara empat kemungkinan jawaban yang tersedia!

1. Apabila kita berbicara tentang kualitas kebaikan seseorang, maka hal itu berkaitan......
A. materi
B. norma
C. nilai
D. moral

2. Materi nilai kesatuan, kerukunan dan tanggung jawab, termasuk ke dalam norma..........
A. agama
B. hukum
C. sosial
D. kesopanan
3. Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal dinamakan norma
A. kesusilaan
B. kemasyarakatan
C. agama
D. kesopanan

4. Kelebihan manusia dengan makhluk lainnya adalah ….
A. bentuk fisik
B. rasa malu
C. akal pikiran
D. hari nurani

5. Manusia dapat berkreasi dan menciptakan pakaian dengan menggunakan….
A. nalurinya
B. daya pikirannya
C. rasa estetikanya
D. etika dan khayalannya

6. Dalam mewujudkan cita-citanya manusia dihadapkan kepada….
A. kepentingan orang lain
B. norma yang ada dalam masyarakat
C. penguasa setempat
D. saingan usahanya

7. Pada hakekatnya manusia mempunyai dua ........................
A. bahagia dan jaya
B. dihormati dan terhormat
C. menyatu dengan alam
D. sempurna dan bahagia

8. Kaidah hidup yang paling tua adalah norma….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum

9. Norma yang jenis sanksinya berupa pengucilan adalah ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
10. Manakah di antara kaidah hidup di bawah ini yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akherat?
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum

11. Tujuan yang paling pokok adanya norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan….
A. kepastian hukum
B. ketertiban dalam masyarakat
C. keadilan sosial
D. kebahagiaan bagi masyarakat

12. Perlunya hukum bagi manusia adalah ......
A. setiap manusia ingin berusaha untuk berbuat yang terbaik bagi dirinya
B. semua kepentingan manusia telah terwadahi dalam semua norma
C. tidak semua orang mentaati norma yang ada di masyarakat
D. kepentingan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya

13. Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah ….
A. sudah ditentukan terlebih dahulu
B. tegas dan keras
C. tidak memandang siapa yang bersalah
D. dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
14. Conth perbuatan di bawah ini yang melanggar pelanggaran keempat norma ........
A. mencuri
B. memberikan warisan
C. memfitnah
D. menghina tetangga

15. Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat antara lain ....
A. menegakkan keadilan
B. menegakkan kebenaran
C. menciptakan ketertiban
D. mewujudkan kebersamaan

Bagian II
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!

  1. Jelaskan hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat
  2. Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  3. Uraikan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat
  4. Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
  5. Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!






Mengetahui:                                                                                        Campakamulya, .........................
Ketua PKBM Cibanggala,                                                                         Tutor Mata Pelajaran PKn,






Komentar