14 Agt 2012

Angka Kecukupan Gizi

angka kecukupan gizi

AKG itu Angka Kecukupan Gizi, jumlah gizi yang kita butuhkan dalam sehari. Kecukupan gizi tiap orang bisa beda-beda, makanya di tabel informasi nilai gizi itu ada tulisannya di bawahnya, "persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah."

Biasanya di tabel itu disebutin gizi-gizi yang terkandung, terus banyaknya, terus persentase AKG-nya. Misalnya kebutuhan kalsium sehari itu 700mg. Kalo kalsium yang terkandung di makanan atau minuman itu cuma 21mg, berarti baru 3% AKG. Angka kecukupan gizi pria dan wanita dewasa sampai usia lanjut berkisar antara 1600-2550 kkal.

Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan (AKG) adalah tingkat konsumsi zat-zat gizi esensial yang dinlai cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi hampir semua orang sehat di suatu negara. AKG untuk Indonesia didasarkan atas patokan berat badan untuk masing-masing kelompok menurut umur, gender, dan aktivitas fisik yang ditetapkan secara berkala melalui survei penduduk. Di samping itu, AKG disusun pula untuk kondisi khusus, yaitu bagi ibu hamil dan menyusui. AKG digunakan sebagai standar untuk mencapai status gizi optimal bagi penduduk dalam hal penyediaan pangan secara nasional dan regional serta penilaian kecukupan gizi penduduk golongan masyarakat tertentu yang diperoleh dari konsumsi makanannya.

AKG berbeda dengan Angka Kebutuhan Gizi (Dietary Requirements). Angka kebutuhan gizi adalah banyaknya zat-zat gizi yang dibutuhkan seseorang (individu) untuk mencapai dan mempertahankanstatus gizi adekuat, sedangkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah kecukupan gizi untuk rata-rata penduduk.

Selain kebutuhan gizi menurut umur, gender, aktivitas fisik, dan kondisi khusus, dalam keadaan sakit, penetapan kebutuhan gizi haru memperhatikan perubahan kebutuhan karena infeksi, gangguan metabolik, penyakit kronik, dan kondisi abnormal lainnya. Dalam hal ini perlu dilakukan perhitungan kebutuhan gizi secara khusus dan penerapannya dlam bentuk modifikasi diet atau diet khusus.


0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...