19 Jun 2012

RPP Tematik Kelas 2 SD: Tempat Umum | Pertemuan 5, 6, 7, dan 8


masjid sebagai salah satu tempat umum

TEMA          : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU         : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR

  • Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
  • Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
  • Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
  • Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
  • Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
  • Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).


II.   INDIKATOR
· Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
· Menceritakan sopan santun di tempat umum.
· Menjaga ketertiban umum..
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
· Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
· Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
· Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
· Memilih bacaan yang disenangi.
· Menikmati kegiatan membaca.
· Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
· Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
· Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
· Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
· Pengurangan tiga bilangan.
· Mengetahui ukuran berbagai benda.
· Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
· Bekerjasama dengan teman.
· Memberi tanggapan secara santun.
· Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Tempat Umum).

2.   Kegiatan Inti 
1) Meminta semua siswa mengamati gambar yang ada di hal 50 dan 51 tentang Perpustakaan Umum. Dilanjutkan dengan menugaskan salah satu siswa secara bergantian untuk membaca teks/bacaannya.
2) Bertanya jawab tentang perpustakaan. Misalnya:

  • Apakah di sekolah ada perpustakaan?
  • atau di sekitar rumah (perpustakaan keliling)?
  • atau perpustakaan  bacaan?, 
  • Bagaimana cara meminjamnya, 
  • siapa saja yang boleh meminjam dan 
  • buku-buku apa saja yang ada di perpustakaan tersebut
  • dan sebagainya

3) Untuk mengetahui apakah siswa memahami makna teks dilakukan tanya jawab lisan antara lain:

  • pernahkah kamu pergi ke perpustakaan?
  • apakah di sekitar rumah ana ada perpustakaan?
  • Buku apa yang pernah kamu pinjam?
  • Siapa yang menerima ana ketika pergi ke perpustakaan?
  • Apakah ada peraturan kalau berada di perpustakaan?
  • Bagaimana caranya menjadi anggota perpustakaan?

4) Pada bagian “Cakrawala” semua siswa diminta mengamati gambar di hal 52 dan Guru bercerita tentang benda-benda dua dimensi dan benda tiga dimensi.  Guru menunjukkan benda-benda disekitar siswa misalnya (kertas mempunyai ukuran panjang dan lebar, ini dua dimensi) sedangkan yang dimaksud dengan benda tiga dimensi memiliki 3 ukuran yaitu panjang, lebar dan tinggi misalnya gelas, kotak dsb) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS)
5) Menugaskan semua siswa untuk menulis benda-benda dua dimensi dan tiga dimensi yang dikenal dan ada disekitar siswa. Hasil catatan dikumpulkan   (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
6) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang benda dua  dimensi dan tiga dimensi yang ada di ruang kelas (halaman 54)  (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
7) Semua siswa dikelompokkan dengan anggota yang terdiri dari lima anak. 
8) Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat klipping dan yang dikliping adalah tentang: 
§ benda yang berbentuk segi empat, 
§ benda yang berbentuk segitiga, 
§ benda yang berbentuk lingkaran yang ada di tempat umum. 
§ Masing-masing kelompok diminta bercerita tentang benda tersebut. (warnanya, besarnya, bentuk dsb) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
9) Siswa dikelompokkan dengan menggunakan teknik (Group Investigation) dengan langkah:

  • Siswa dikelompokkan denganb latar belakang yang heterogen (ada siswa yang pandai, yang sedang dan yang lemah)
  • Guru memberikan penjelasan tugas kelompok dan apa yang harus dilakukan dalam diskusi
  • Ketua kelompok dipanggil untuk menerima tugas (pengamatan)
  • Dipimpin oleh ketua kelompok membahas materi yang ditugaskan
  • Ketua dan juru bicaranya menyampaikan hasil pengamatannya di kelas
  • Kelompok lain bisa memberikan tanggapan dan pertanyaan

Bahan diskusi adalah materi di halaman 55
10) Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan tugas berhitung (halaman 56) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)

  • Penjumlahan bilangan sampai 500
  • Penjumlahan tanpa teknik meminjam
  • menjumlahkan tiga bilangan berturut-turut
  • tentukan hasil penjumlahan di halaman 59

11) Bagian “Ayo Bernyanyi” Semua siswa diajak menyanyikan lagu “Tukang Pos” dengan keras, seuai irama dan dinamikanya sambil menggerakkan tangan berirama atau bertepuk tangan serempak. Sambil menyanyikan lagu guru mengamati cara pengucapan yang baik dan benar (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
12) Karena kalau suku kata kedua diucapkan keras, maka jadi membentak. (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
13) Memanggil beberapa siswa maju kedepan kelas untuk memperagakan cara mengucapkan nama teman dengan cara keras dan lembut tersebut.
14) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup

  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
  • Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).

  • Penilaian Produk.
  • Penilaian Portofolio.
  • Penilaian Tertulis Obyektif.
  • Penilaian Tertulis Subyektif.
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
  • Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.


Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2

1 komentar:

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...