Menampilkan Potensi diri |
NAMA KEJAR :
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
KOMPETENSI DASAR : Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
INDIKATOR : - Pentingnya menggali potensi diri
- Mengidentifiaksi potensi diri masing-masing
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan Pengertian potensi diri
2. Menyebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri
3. Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri
4. Mengidentifikasi potensi diri masing-masing
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian potensi diri
2. Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri
3. Pentingnya menggali potensim diri
4. Potensi diri masing-masing Pengertian prestasi diri
C. METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Menjelaskan konsep secara umum tentang pentingnya menggali potensi diri masing-masing b. Warga belajar dibagi menjadi 4 kelompok c. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan: d. Pengertian potensi diri e. Faktor yang mendorong pengembenngan potensi diri f. Faktor yang menghambat pengembangan potensi diri g. Pentingnya mengali potensi diri h. Setelah selesai diskusi masing-masing kelompok diwakili juru bicara masing-masing mempresentasikan di depan kelas untuk ditanggapi oleh kelompok lainnya. i. Klarifikasi dari tutor dari pendapat masing-masing kelompok. Kegiatan Penutup a. Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi o Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. o Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang mengidentifikasi potensi diri masing-masing dan cara-cara mngeluarkan potensi diri. b. Warga belajar secara individu diminta untuk mnegidentifikasi potensi diri masing-masinng dan kalau ada bukti bisa dicatat. c. Warga belajar bisa menjelaskan cara-cara mengeluarkan/menerapkan potensi diri d. Tutor meminta beberapa warga belajar untuk membacakan bukti potnsi diri di depan kelas. e. Klarifikasi tutor tentang potensi diri dan cara mengeluarkanya Kegiatan Penutup a. Warga belajar dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi . b. Post test c. Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø Artikel orang-orang berprestasi
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas warga belajar saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
- Jelaskan pengertian potensi diri!
- Sebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri!
- Jelaskan pentingnya menggali potensi diri!
- Sebutkan cara-cara mengeluarkan potensi diri!
Cianjur, ............................
Mengetahui
Ketua PKBM..................... Tutor Mata Pelajaran
postingan yang bagus,,,,
BalasHapus