18 Mei 2012

Memecahkan Masalah Melalui Partisipasi Masyarakat


Partisipasi Masyarakat

Partisipasi dalam setiap pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat seyogyanya memberikan kepuasan kepada setiap masyarakat karena mereka diberi kesempatan berfikir dan penentuan alternatif pemecahannya demi kemajuan masyarakat.

Partisipasi masyarakat bagi pembangunan dapat terlaksana dengan baik tergantung pada usaha kerjasama dari setiap warga masyarakat. Kerja sama ini akan terjadi manakala semua warga memiliki kesempatan untuk belajar berfikir, mengambil keputusan, bekerja, dan menerima hasil bersama.

Langkah-langkah dalam memecahkan masalah lingkungan melalui partisipasi masyarakat

Langkah 1
Mengadakan pertemuan dengan warga untuk mencari penyebabnya, misalnya: pencemaran lingkungan. Buat kelompok kecil untuk membahas setiap masalah sehingga setiap orang memiliki kesempatan berdiskusi dan mengungkapkan pendapatnya.

Langkah 2
Meminta warga untuk mengkategorikan setiap permasalahan dengan masalah-masalah yang dapat dipecahkan oleh mereka sendiri, mana masalaha yang memerlukan kerjasama dengan pihak lain, dan mana yang hanya bisa dilakukan oleh pihak tertentu.

Langkah 3
Tentukan prioritas yang harus dipecahkan dan susun rencana pemecahannya

Langkah 4
Lakukan kegiatan bersama sesuai dengan rencana perbaikan lingkungan masyarakat


sumber: Panduan Penyelenggaraan PKBM "Partisipasi Masyarakat", Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, 2007

1 komentar:

  1. Peran serta masyarakat dalam perencanaan atau pembangunan suatu wilayah sudah sangat "vital" saat ini. Ke mana arahnya suatu wilayah sangat tergantung dari masyarakat yang tinggal didalamnya. Semoga masyarakat semakin aktif dalam menyumbangkan pikirannya demi kemajuan wilayahnya tercinta.

    BalasHapus

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...