RPP Tematik Kelas 2 SD: Hak dan Kewajiban Anggota Keluargaku - Pertemuan 9, 10, 11, dan 12


hak dan kewajiban anggota keluarga

TEMA : HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).

II.   INDIKATOR
§ Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§ Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
§ Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah (IPS).
§ Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§ Mendeskripsikan pentingnya sebuah dokumen keluarga dan ketika sekolah sebagai haknya.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan.
§ Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§ Menjelskan isi puisi.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
§ Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§ Membilang loncat.
§ Melakukan variasi gerak  dorong, tarik dan putar dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).
§ Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai ukuran ruang beregu.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).

2.   Kegiatan Inti
1) Bertanya jawab tentang benda-benda yang ada di dalam kelas dikaitkan dengan hak dan kewajiban anak di kelas setelah siswa dapat memahami, dialihkan pembicaraan dengan hak dan kewajiban di rumah.
2) Semua siswa diminta mengidentidikasi benda-benda yang ada di rumah yang dikelompokkan menjadi kelompok bidang datar, bidang miring, bidang melengkung, tekstur halus, tekstur kasar, kemudian dikaitkan dengan kewajiban untuk memelihara kebersihan keamanan barang yang dimiliki tersebut (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
3) Guru menceritakan kewajiban untuk melestarikan budaya bangsa seperti tarian daerah, nasional, lagu-lagu daerah yang isinya tentang hak dan kewajiban (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat, Seni-Budaya).
4) Siswa diminta untuk bercerita tentang  dirinya sendiri :
· hak apa saja yang dimiliki di rumah
· hak apa saja yang dimiliki di sekolah
· kewajiban apa saja yang dimiliki di rumah
· kewajiban apa saja yang dimiliki di sekolah
5) Selanjutnya semua siswa secara mandiri ditugaskan  mengerjakan hitungan ”membandingkan bilangan” Pada bagian “Ayo Berhitung” (halaman 37, 38, 39, 40, 41 dan 42) (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat, Seni-Budaya).
· Telur yang diambil paman dengan yang diambil bibi
· Sisa uang saku sinta dengan sisa uang saku adi
· Mengurutkan bilangan
· Membilang loncat
6) Bagian “Ekspresikan Dirimu” di hal 28, semua siswa diminta untuk membaca teks kemudian ditugaskan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan petunjuk.
7) Semua siswa diajak berdinamika (Ayo Bermain) “Pesan Berantai sesuai dengan contoh (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
8) Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal tentang hak dan kewajiban 45 dan 46.
9) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.


Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2


Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§ menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§ semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur ketercapaian indikator.


Cara bermain:
· Guru menyiapkan pesan pada selembar kertas.
· Pemain pertama disuruh membaca isi pesan tersebut kemudian kertas dilipat/digulung, dan tidak boleh dibuka sebelum sampai pada pemain kelima.
· Setelah membaca, pemain pertama melalui rintangan balok 1 menyampaikan pesan secara lisan (berbisik) kepada pemain kedua dan menyerahkan gulungan kertas yang berisi pesan.
· Kemudian pemain kedua melalui rintangan balok 2 akan melanjutkan ke pemain ke 3 dst sampai pemain ke 5.
· Pemain ke 5 sebagai penerima pesan terakhir mengucapkan isi pesan dari pemain ke 4 (didengar oleh semua kelompok) kemudian dicocokkan dengan isi pesan yang ada di dalam gulungan kertas tadi.
· Guru dapat memberikan penilaian berdasarkan kesesuaian isi pesan berantai dengan kecepatan dan ketepatannya.

Komentar