globalisasi |
NAMA KEJAR :
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI :
3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
KOMPETENSI DASAR :
3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
INDIKATOR
: - Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
- Menentukan sikap terhadap dampak negatif
globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan sikap positif terhadap dampak
globalisasi diberbagai bidang kehidupan
2.
Menjelaskan sikap negatif terhadap dampak
globalisasi diberbagai bidang kehidupan
3.
Memberikan contoh dampak positif akibat dari
globalisasi di berbagai bidang kehidupan
4.
Memberikan contoh dampak negatif akibat dari
globalisasi di berbagai bidang kehidupan
B. MATERI
PEMBELAJARAN
a.
Sikap positif terhadap dampak globalisasi
diberbagai bidang kehidupan
b.
Sikap negatif terhadap dampak globalisasi
diberbagai bidang kehidupan
c.
Contoh dampak positif akibat dari globalisasi di
berbagai bidang kehidupan
d.
Contoh dampak negatif akibat dari globalisasi di
berbagai bidang kehidupan
C. METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah
Bervariasi
D. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran(
absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar warga
belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
a. Penjelasan
konsep secara umum tentang hakekat politik luar negeri bebas aktif
b. Mebagi warga
belajar menjadi 8 kelompok
c. Masing-masing
kelompok mnendiskusikan materi untuk melaksanakan diskusi.
d. Setiap kelompok
melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara.
e. Kelompok lain
menanggapi.
Kegiatan Penutup
a. Tutor bersama warga
belajar menyimpulkan materi.
b. Post Test
c. Tindak lanjut
dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Pertemuan Ke-2
NO
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran(
absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
o
Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan
memberikan pertanyaan tentang materi
yang lalu dan yang akan diajarkan.
o
Informasi
kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
a. Penjelasan
konsep secara umum dampak positif dan negatif dari globalisasi di berbagai
bidang kehidupan.
b. Membagi warga
belajar menjadi 8 kelompok
c. Masing-masiing
kelompok mendiskusikan hasil temuannya
yang didapat setelah mengumpulkan bahan untuk diskusi.
d. Setiap kelompok
masing-masing melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru
bicara kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.
e. Klarifikasi tutor
terhadap konsekwensi dampak positif dan negatif dari blobalisasi.
Kegiatan Penutup
a. Warga belajar
dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi
.
b. Post test
c. Tindak lanjut
dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E.
SUMBER BELAJAR
·
Buku materi PKn Kelas VII
·
UUD 1945 setelah amandemen
·
Sumber-sumber lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis
diberikan setelah pertemuan kedua, sedangkan untuk pertemuan pertama penilaian
dilakukan melalui kegiatan diskusi.
Uraian
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan dampak positif globalisasi terhadap
kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
2.
Jelaskan dampak negatif globalisasi terhadap
kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
Cianjur, ............................
Mengetahui
Ketua PKBM..................... Tutor Mata Pelajaran
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar