17 Apr 2012

Data Dasar Masyarakat

pencarian data dasar masyarakat
Data Dasar Masyarakat Dalam Kegiatan perencanaan, mencari pemecahan masalah, atau mengambil keputusan kita melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan berdasarkan sejumlah informasi. informasi ini berisikan data-data yang berkenaan dengan kondisi dasar masyarakat, kondisi geografis, budaya, pendidikan, perekonomian, dan data-data lain yang relevan. Kita bisa memperoleh data-data tersebut baik dari dalam masyarakat kita sendiri maupun dari luar masyarakat dengan cara melakukan survey, diskusi, wawancara dan pengumpulan data dari sumber lain. 

Data Dasar masyarakat adalah sejumlah informasi atau keterangan tentang masyarakat. Infromasi ini bisa digunakan dalam kegiatan perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Data ini antara lain tentang jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, jumlah sumber mata air, jenis-jenis mata pencaharian penduduk, dan sebagainya. 

 Data Dasar masyarakat terdiri atas dua jenis data: 
  1. Data Dasar Umum, seperti data kebutuhan minimum suatu keluarga, data kependudukan dan kondisi geografis (wilayah) desa 
  2. Data Khusus, yang berkaitan dengan sejarah, sumber daya alam, topografi (peta wilayah), objek wisata, sekolah, dan tempat peribadatan 


 Data Dasar Berguna untuk: 
  1. Mengetahui Latar belakang masyarakat 
  2. Mempelejari kekuatan dan kelemahan masyarakat dan sekitarnya 


Siapa yang membuat Data Dasar, yaitu: 
1. Pemimpin/pengurus organisasi (PKBM) 
2. Tokoh-tokoh masyarakat 
3. Sukarelawan, dan masyarakat itu sendiri 

Warga masyarakat harus menyadari kegunaan data bagi kegiatan perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Data tersebut diperoleh melalui kerja sama antara anggota masyarakat dengan masyarakat lain di sekitarnya. Data Dasar menyediakan informasi-informasi yang sesuai dan yang dapat digunakan untuk memecahkan semua permasalahan di masyarakat. 

 sumber: Buku "Data Dasar Masyarakat"

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...