RPP Tematik Kelas 2 SD: Hak dan Kewajiban Anggota Keluargaku - Pertemuan 5, 6, 7, 8

hak dan kewajiban anggota keluarga
TEMA                         : HAK DAN KEWAJIBAN
                                                 ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                 : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).

II.   INDIKATOR
§ Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§ Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
§ Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah (IPS).
§ Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§ Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah keluarga.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan.
§ Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§ Menjelskan isi puisi.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
§ Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§ Membilang loncat.
§ Melakukan variasi gerak  dorong, tarik dan putar dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).

2.   Kegiatan Inti
1) Mengulangi kembali materi yang telah dibahas hari kemarin sebagai awal untuk masuk pada materi inti
2) Pada bagian “Ajang Pendapat” anak diminta mengamati gambar dan menghubungkan gambar-gambar mana yang menunjukkan hak dengan kewajiban yang sesuai dengan memberi tanda cek (V) atau (X) serta memberi kan alasannya (PS, BI, Sains, Mat).
3) Semua siswa diminta membaca topik “Tukang Kebun” di hal 25 sambil mengamati gambarnya. Kemudian  siswa ditugaskan untuk menceritakan kembali isi teks di depan kelas.  Bertanya jawab tentang kewajiban apa yang dilakukan  tukang kebun, apa kewajiban keluarga Adi terhadap tukang kebun dan apa pula yang dilakukan oleh anak yang iseng dan mengganggu pekerjaan tukang kebun.
4) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya dan memberikan pendapatnya  tentang perilaku  anak yang iseng tersebut. Hak siapa yang dilanggar oleh anak iseng itu? (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
5) Semua siswa ditugaskan untuk mendengarkan  guru yang akan membaca ”Puisi”. Semua siswa mendengarkan dan setelah guru selesai membaca, dilanjutkan dengan menugaskan siswa untuk menirukan bersama-sama secara klasikal. Kalau siswa sudah selesai menirukan langkah berikutnya memanggil siswa (yang berani) untuk membacakan di depan kelas.
6) Semua siswa diminta membaca teks tentang topik  “Paman Anto dan Bibi  Dewi” di hal 27. Kemudian menugaskan  siswa untuk berdiskusi tentang hak dan kewajiban paman dan bibi (Ajang Pendapat halaman 27) dan melaporkan di depan kelas (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
7) Semua siswa ditugaskan untuk membaca  topik “Peraturan Di Rumah Adi”.  Selanjutnya bertanya jawab tentang peraturan apa saja yang ada di bacaan tersebut (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
8) Siswa ditugaskan untuk bertanya kepada ibu atau bapak di rumah (PR untuk dibahas lagi esok hari) tentang peraturan apa saja yang dijalankan di rumah.
9) Semua siswa ditugaskan untuk membaca topik “Lomba Mobil Tamiya” di hal 29. Kemudian  bertanya jawab untuk memaknai isi teks, misalnya:
· kegiatan apa yang dilakukan Tino?
· mengapa Tino terlambat bangun?
· apa akibatnya kalau terlambat bangun?
· mengapa perut Tino sakit?
· apa akibatnya kalau terlambat ke sekolah?
· apakah Tino menyesal?
· apa janji Tino kepada guru?
10) Semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk mengamati gambar di halaman 30, 31, 32, 33 dan membaca teksnya.
11) Semua siswa ditugaskan untuk berkelompok dengan teknik ”Kepala Bernomor” dengan langkah:
· siswa berkelompok dengan cara menghitung 1, 2, 3, dan 4
· setiap siswa mendapat nomor (tulisan di kertas warna)
· setiap siswa sesuai nomornya mendapat tugas mendeskripsikan bagian-bagian tubuh dan fungsinya
· siswa 1 tugasnya mendeskripsikan ayam
· siswa 2 tugasnya mendeskripsikan burung
· siswa 3 tugasnya mendeskripsikan sapi
· siswa 4 tugasnya mendeskripsikan kupu
12) Dilanjutkan dengan membahas ”Tanaman Tomatku” (halaman 32 dan 33) dengan pengelompokan yang sama.
13) Guru mengajak siswa melakukan gerakan untuk berdinamika (Cakrawala halaman 33).
14) Bagian “Ekspresikan Dirimu” semua siswa ditugaskan untuk  melakukan gerakan berpindah tempat denga ruang dalam tarian sederhana (mengikuti petunjuk di halaman 34)  (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
15) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.


Mengetahui,



Kepala Sekolah Guru Kelas 2

Komentar