RPP PKn Kelas IX Paket B Sem 2: Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisa


politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi. 

NAMA Kejar                        :

MATA PELAJARAN                 : PENDIDIKAN    
                                           KEWARGANEGARAAN

KELAS/SEMESTER                : IX/II

                                                   STANDAR KOMPETENSI         : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan   bernegara


KOMPETENSI DASAR             : 3.2  Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi.


INDIKATOR                           :     - Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
                                              - Peranan Indonesia dalam percaturan Internasional

ALOKASI WAKTU                  : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas dan aktif
2. Menunjukan dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif
3. Membedakan ciri-ciri dan sifat politik luar negeri Republik Indonesia
4. Menyebutkan tujuan politik luar negeri RI
5. Menyebutkan sarana untuk melaksanakan politik luar negeri RI
6. Menjelaskan penyimpangan politik luar negeri RI pada masa orde baru
7. Menjelaskan pengertian hubungan internasional
8. Menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional
9. Menjelaskan arti hubungan diplomatik
10.    Membedakan tugas / fungsi duta besar dan konsul
11.    Menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.


B.    MATERI PEMBELAJARAN
a.       Arti politik luar negeri yang bebas dan aktif
b.       Dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif
c.       Ciri-ciri dan sifat politik luar negeri Republik Indonesia
d.       Ttujuan politik luar negeri RI
e.       Sarana untuk melaksanakan politik luar negeri RI
f.       Penyimpangan politik luar negeri RI pada masa orde baru
g.       Pengertian hubungan internasional
h.       Arti pentingnya hubungan internasional
i.        Aarti hubungan diplomatik
j.        Perbedaan tugas / fungsi duta besar dan konsul
k.       Peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.

C.    METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi



D.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.







2.








3. 
Pendahuluan
a.    Apersepsi
     Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
    - Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
    - Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

Kegiatan inti
a.    Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat politik luar negeri bebas aktif
b.    Melakukan studi pustakan diperpustakaan untuk mencari pengertian, dasar hukum, ciri-ciri dan sifat, tujuan serta sarana pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif.
c.    Warga belajar dibagi menjadi 6 kelompok
d.    Setiap kelompok diberi tugas yang berbeda
e.    Setelah selesai masing-masing kelompok melakukan presentasi
Kegiatan Penutup
a.  Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi.
b.  Post Test
c.  Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit







60 menit








10 menit


Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.







2.







3. 
Pendahuluan
a.  Apersepsi
    Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
o  Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan  tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
o   Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

Kegiatan Inti
a.    Penjelasan konsep secara umum tentang sejarah politik luar negeri RI
b.    Melakukan studi pustaka di perpustakaan mengenai sejarah politik luar negeri RI
c.    Warga belajar diberi pertanyaan tentang sejarah politik luar negeri RI
d.    Tutor bertanya kepada warga belajar tentang tugas yang diberikan, warga belajar yang mampu bisa menjawabnya

Kegiatan Penutup
a.    Warga belajar dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi  .
b.    Post test
c.     Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor.
10 menit







60 menit







10 menit







Pertemuan Ke-3
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.







2.




3. 
Pendahuluan
a.  Apersepsi
   Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
    - Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
    - Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

Kegiatan inti
a.  Penjelasan konsep secara umum tentang hubungan internasional
b.  Tutor menjelaskan disertai tanya jawab tentang materi hubungan internasional

Kegiatan Penutup
a. Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi.
b. Post Test
c.  Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit







60 menit




10 menit



Pertemuan Ke-4
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.







2.















3. 
Pendahuluan
a.  Apersepsi
    Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
o  Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan  tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
o   Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

Kegiatan Inti
a.    Penjelasan konsep secara umum tentang misi diplomatik dan peranan Indonesia di era pentingnya globalisasi
b.    Kajian pustaka dengan menelaah tentang hubungan diplomatik, tugas duta besar dan konsul, peranan Indonesia di era globalisasi.
c.    Warga belajar dibagi menjadi 6 kelompok
d.    Menggunakan metode Jig – Saw, setiap warga belajar diberi suatu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang telah diberi nomor.
e.    Nomor yang sama berkumpul dalam satu kelompok membahas permasalahan yang ada dalam pertanyaan tersebut.
f.     Setelah selesai masing-masing kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, sedangkan kelompok lain menanggapinya
g.    Klarifikasi dari tutor tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.

Kegiatan Penutup
a.    Warga belajar dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi  .
b.    Post test
c.     Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor.
10 menit







60 menit















10 menit




B.    SUMBER BELAJAR
Ø  Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø  UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø  Artikel
Ø  Buku-buku (sumber) lain yang relevant.

C.    PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas warga belajar saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1.    Jelaskan pengertian politik luar negeri bebas aktif.
2.    Sebutukan dasar hukum politik luar negeri RI
3.    Bedakan antara ciri-ciri dan sifat politik uar negeri RI
4.    Sebutukan tujuan politik luar negeri RI
5.    Sebutkan sarana untuk melaksanakan politik luar negeri RI
6.    Jelaskan penyimpangan politik luar negeri RI pada masa orde baruJelaskan pengertian hubungan Internasional
7.    Jelaskan pengertian hubungan Internasional
8.    Kemukakan pentingnya hubungan internasional
9.    Kemukakan perbedaan tugas duta besar dan konsul
10. Uraikan peranan Indonesia dalam upaya perdamaian dunia.


                                   ................, ............................
  Mengetahui
Ketua PKBM.........................                                            Tutor Mata Pelajaran

 

 

 

   _______________________                                                _____________________


Komentar