RPP dampak globalisasi |
NAMA KEJAR :
INDIKATOR : - Menjelaskan makna globalisasi
- Menguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan pengertian globalisasi
2. Menjelaskan tujuan globalisasi
3. Menjelaskan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian globalisasi
2. Tujuan globalisasi
3. Pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
C. METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pengertian dan tujuan globalisasi b. Warga belajar mengamati masuknya produk-produk luar negeri serta berita-berita internasional melalui media cetak dan media elektronik. c. Membagi warga belajar menjadi beberapa kelompok. Tiap Kelompok beranggotakan 4 – 5 orang d. Dengan menggunakan Metode Jig – Saw, setiap warga belajar diberi satu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang telah diberi nomor e. Nomor yang sama berkumpul dalam satu kelompok, untuk membahas permasalahan yang ada dalam pertanyaan tersebut. f. Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentase hasil diskusinya. Kegiatan Penutup a. Tutor bersama warga belajar menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi o Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. o Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa b. Warga belajar dibagi menjadi enam kelompok, dan masing-masing kelompok mendiskusikan pentingnya globalisasi bagi bangsa c. Setiap kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, sedangkan kelompok lain menanggapinya d. Klarifikasi dari tutor tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa Kegiatan Penutup a. Warga belajar dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi . b. Post test c. Warga belajar mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
Ø Artikel
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas warga belajar saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1. Jelaskan pengertian globalisasi!
2. Sebutkan tujuan globalisasi!
3. Jelaskan pentingnya globalisasi bagi suatu bangsa!
4. Globalisasi dapat menjadi ancaman sekaligus peluang tergantung bagaimana menyikapinya. Berikan penjelasan!
......................., ............................
Mengetahui
Ketua PKBM..................... Tutor Mata Pelajaran
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar