3 Jan 2012

Tips Sukses Menjual Apapun melalui Blog


jualan di blog

Bisnis dan teknologi selalu berjalan beriringan. Dulu waktu internet pertama kali muncul, langsung e-commerce menggeliat. Situs web menjadi sarana memperkenalkan produk dan berpromosi. Sekarang saat heboh-hebohnya blogging, blog pun tak ketinggalan menjadi sarana baru berbisnis. Suatu hal yang wajar. Karena bila digambarkan bisnis itu sendiri punya sifat ulet, pantang berhenti, dan adaptif. Artinya, setiap terjadi perubahan, otomatis bisnis ikut menyesuaikan diri. 

So, langsung saja bagaimana tips sukses menjual (apapun) lewat blog?

* Ajak ngobrol, bukan jualan. 
Mulanya blog lahir untuk sarana ekspresi diri alias bersifat  personal. Pengunjung datang karena ingin tahu misalnya Mas Sumartono sukanya apa, yang biasa dibicarakannya apa. Watak asli blogging ini penting dipahami bagi anda yang mau berbisnis lewat blog. Tak bisa anda serta merta melakukan hard selling lewat blog. Yang terbaik menurut saya blog difungsikan untuk soft selling. Bukan dengan terangterangan berpromosi. Tapi cukup berjualan secara diam-diam. Buat mereka ketagihan dengan content blog anda. Dan ketika mereka suka, maka akan lebih mudah bagi anda menjual (apapun).
Lain halnya kalau anda anda langsung membombardir dengan promosi langsung. Seketika pengunjung langsung kabur dari blog anda. Ringkasnya, lakukan soft selling di blog. Untuk hard selling terapkan di situs web/mini site saja.

* Sering memposting yang menarik. 
Memposting secara rutin itu penting. Memposting hal menarik tak kalah penting. Blog disukai karena sering di-update. Kalau jarang, apa bedanya
dengan situs web? Mungkin alasannya anda kesulitan mencari ide posting. Apa iya? Coba nikmati tulisan Mas Syahru berjudul Mengajari Seekor Anak Ayam untuk Menari! yang terinspirasi dari nonton National Geographic. Atau tulisan Formula Bisnis Menulis Pangkal Kaya yang diakui Mas Mufli hanya hasil olah otak saja. Gampang kan menulis?

* Tulis yang anda tahu dan sukai. 
Ini akan membuat anda lebih enjoy blogging. Simak misalnya posting-posting Mbak Lintang Fajar. Postingannya selalu khas bercerita gaya Mbak
Lintang. Sekalipun semata karena suka menulis, tanpa niat menjual, tapi saya yakin tulisannya sungguh menjual. Tak menutup kemungkinan nantinya benar-benar akan dibukukan. Menulis hal yang anda suka sangat baik. Sebab itu salah satu alasan kenapa kita blogging. Saya yakin asal kita melakukannya secara tekun dan konsisten, orang tak akan ragu mengapresiasi tulisan anda. Karena mereka suka tulisan yang bermanfaat dan inspiratif. Kalau sudah begitu, apa pun yang anda dapatkan berikutnya, hanyalah efek dari rasa suka mereka. Kuncinya pada konten. Konten yang menghisap akan membuat pengunjung ketagihan. Sehingga begitu mereka sekali saja membaca dan suka, mereka akan berulang-ulang kembali ke blog anda.

Tetap semangat dan Salam ACTION!diskusikan bersama…

sumber: http://www.jokosusilo.com/2009/03/20/3-tips-sukses-menjual-apapun-lewat-blog/

3 komentar:

  1. saran yang bagus ..monggooo berkunjung ke http://kartubandung.blogspot.com/ .. ditungguuu :)

    BalasHapus
  2. good artikel, bermanfaat sekali

    Salam kenal

    BalasHapus
  3. Kalo blog yang memang didesain untuk jualan trus bagaimana??

    BalasHapus

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...