Selayang Pandang PAUD di Jawa Barat


Menyiapkan Generasi Penerus yang jujur, Berakhlak Mulia, Sehat, Cerdas, dan Berprestasi melalui Pelayanan Pendidikan Sejak Usia Dini

Apa itu PAUD?
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Mengapa PAUD itu penting?
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat fundamental karena masa usia dini 0-6 tahun merupakan masa keemasan (golden age). ini berarti anak usia dini berada dalam periode kritis di mana perkembangan biologis anak berada pada tahap yang sangat prima untuk mengembangkan struktur syaraf dab keterampilan atau kemampuan dasarnya. Perkembangan otak dan sinaps-sinapsnya akan sejalan dengan perkembangan kemampuan dasar anak secara bertahap apabila diberi rangsangan yang tepat melalui pendidikan.

Apa Visi dan Misi Pengembangan PAUD di Jawa Barat

Visi
Terwujudnya anak sehat, cerdas ceria dan berakhlak mulia

Misi
  1. Mengupayakan pemerataan layanan peningkatan mutu relevansi dan efesiensi penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
  2. Mengupayakan peningkatan kesadaran dan kemampuan dalam memberikan layanan pendidikan anak usia dini


Apa Saja Program Layanan PAUD di Jawa Barat?
1. Bentuk Penyelenggaraan pada jalur formal berupa: TK (Taman Kanak-Kanak), dan RA (Raudhatul Anfal)
2. Bentuk penyelenggaraan pada jalur non formal berupa: Kelompok Bermain/Playgroup (Kober/PG), Taman 
    Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis yang meliputi:
    a. Pos PAUD
    b. Bina Anak Muslim Berbasis MAsjid (BAMBIM)
    c. Taman Asuh Anak Muslim (TAAM)
    d. Pendidikan Anak Kristen (PAK)
    e. Bina Anak Katolik (BIA)
    f. Taman Bina Anak Aisyiah (TBA)
    g. Sekolah Minggu
    h. Adituka Taman Posyandu
   i.Bentuk penyelenggaraan pada jalur informal berupa upaya-upaya pembinaan anak usia dini dalam keluarga
3. Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berorientasi kepada kebijakan pengembangan anak usia dini 
    secara makro yaitu penyelenggaraan PAUD yang holistik-integratif
4. Penyelenggaraan PAUD yang holistik-integratif, meliputi:
    - Layanan Pendidikan
    - Layanan Gizi
    - Layanan Kesehatan
    - Layanan Pengasuhan
    - Layanan Perlindungan
5. Penyelenggaraan PAUD yang holistik-integratif perlu melibatkan pasrtisipasi masyarakat dalam 
    perencenaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program
6. Program PAUD holistik integratif hendaknya mempertimbangkan budaya lokal yang psitif dan sesuai 
   dengan kebutuhan tumbuh kembang anak

Bagaiman Mendirikan Lembaga PAUD Non Formal?
Tahap Persiapan
1. Adanya Lembaga Penyelenggara
2. Penyediaan Sarana dan Prasarana
3. Menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan
4. Tata Administrasi dan Pemasarana

Tahap Pelaksanaan
1. Pendaftaran Peserta didik
2. Penyelenggaraan Kegiatan pembelajaran program yang ditawarkan

Tahap Pengembangan
1. Evaluasi
2. Perbaikan pelaksanaan program pembelajaran
3. Bagaiman mengajukan izin operasional
    - surat permohonan
    - proposal

Bagaiman Pembelajaran PAUD di Jawa Barat?
1. Belajar melalui bermain
    Memberikan kesempatan kepada anak untuk aktif dan kreatif dengan menerapkan konsep belajar melalui 
    bermain
2. Kebermaknaan
    Pembelajaran yang berpusat pada minat anak dengan memanfaatkan semua potensi sumber belajar yang  
    ada di sekitarnya sebagai stimulasi minatnya
3. Berpusat pada anak
    Pembelajaran hasrus dapat memfasilitasi kebutuhan tumbuh kembang anak. Anak menjadi subjek dalam   
    kegiatan belajar bukan menjadi objek kegiatan belajar.
4. Mengembangkan kesiapan dan kematangan anak untuk pendidikan selanjutnya
    PAUD tidak hanya menyiapkan kemampuan akademik semata, melainkan kemampuan sosial-emosional, 
    moral dan kemandirian lingkungan sosialnya. Untuk itu praktik-praktik keliru seperti bobot akademik 
   (Calistung) yang berlebihan diharapkan dihindari.

Siapa saja mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan PAUD di Masyarakat?
1. Tim Penggerak PKK
2. Forum Pengembangan Anak Usia Dini Indonesia (FPAUDI)
3. Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI)
4. Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI)- PGRI
5. Ikatan Guru Raudhatul Anfal (IGRA)
6. Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI)
7. Ormas, LSM, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama yang peduli terhadap PAUD

Aspek-aspek apa saja yang dikembangkan dalam Program PAUD?
1. Pengembangan moral dan nilai-nilai Agama
2. Pengembangan fisik
3. Pengembangan bahasa
4. Pengembangan kognitif
5. Pengembangan sosial emosional

Apa Manfaat PAUD?
  1. Mengembangkan psikososial anak dalam rangka meningkatkan kemampuan; kognitif, bahasa, fisik/motorik sub sosiosemosional
  2. Meningkatkan status kesehatan, gizi, dan sanitasi dalam mendukung pertumbuhan dan kualitas hidup di masa datang
  3. Mempersiapkan kinerja pada jenjang sekolah dasar agar anak memiliki prestasi yang lebih baik


Sumber: Brosur Seksi PAUD Bidang PNFI Disdik Jawa Barat

Komentar