RPP Tematik kelas 2 SD - Hidup Hemat-Pertemuan 9, 10, 11, 12


hidup hemat
TEMA            : HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU    : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR

  • Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
  • Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
  • Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
  • Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
  • Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
  • Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
  • Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
  • Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
  • Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


II.   INDIKATOR
  • Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
  • Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
  • Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
  • Menceritakan pengalaman hidup hemat.
  • Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
  • Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
  • Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  • Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
  • Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
  • Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
  • Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
  • Membilang secara urut (Mat).
  • Menyebutkan banyak benda.
  • Menulis lambang bilangan dengan benar.
  • Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
  • Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
  • Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
  • Bekerjasama dengan teman.
  • Memberi tanggapan secara santun.
  • Mengungkapkan gagasan secara lisan.
  • Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
  • Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
  • Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
  • Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
  • Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
  • Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
  • Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).

2.   Kegiatan Inti 
1) Mengajak semua siswa mengamati tulisan dalam kotak  di halaman 11 bertanya jawab mana yang 
        termasuk benda padat dan mana yang termasuk benda cair. Setelah itu semua siswa ditugaskan untuk     
        menuliskan di dalam kolom secara mandiri.
2) Dilanjutkan dengan bercerita, diawali oleh guru yang menceritakan bahwa tabungan tidak hanya dalam  
        bentuk uang, tetapi segala benda bisa ditabung (sawah, rumah, baju, kain dan sebagainya) kemudian 
        meminta siswa (yang berani) untuk maju ke depan kelas dan menceritakan apakah bentuk tabungan yang 
       dimiliki.
3) Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya.
4) Siswa diminta untuk mengamati gambar pada halaman 13. Siswa diminta untuk menyebutkan 
        angka/bilangan yang tersembunyi di balik gambar. Dan menulisnya di buku:
  • gambar apel = nomor  105
  • gambar jeruk = nomor .......
  • gambar pisang = nomor .......
  • gambar  pepaya = nomor .......
  • gambar mangga   = nomor .......
  • gambar jambu = nomor .......
  • gambar anggur = nomor .......
  • gambar jambu air = nomor .......
  • gambar sirsat = nomor .......

5) Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal hitungan pada halaman14, mengenal bilangan sampai 500:
  • membaca dan menulis lambang bilangan 
  • menulis bilangan dalam bentuk panjang
  • mengenal nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan

6) Siswa diminta mencari pasangan. Kemudian siswa diajak bermain injak balon (seperti halaman 18). 
        Kelompok yang berhasil memecahkan balon terlebih dahulu adalah yang menangm
7) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua 
        siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.



IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
  • Lingkungan keluarga dan sekolah.
  • Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).



V.   PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses).
  • Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
  • Penilaian Produk.
  • Penilaian Portofolio.
  • Penilaian Tertulis Obyektif.
  • Penilaian Tertulis Subyektif.
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).



Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2



Petunjuk Cara Bermain:
Siapkan balon warna-warni sejumlah dua kali banyak siswa di kelas. Isilah balon dengan air, kemudian ditiup. Ikatkan balon pada kaki masing-masing siswa. Setiap siswa mendapat dua balon (BI, PKn, IPS, Mat, IPA, Seni-budaya, Orjas).
  • Bagi kelas dalam beberapa pasang.
  • Setiap pasang berdiri saling membelakangi.
  • Siswa harus menginjak balon pasangannya hingga pecah.
  • Siswa yang lebih dulu memecahkan balon menjadi pemenangnya.
  • Siswa yang balonnya tidak pecah berpasangan dengan siswa lain yang juga masih memiliki balon. 
  • Demikian seterusnya hingga tinggal seorang siswa  yang masih memiliki balon.
  • Guru meminta siswa yang menang untuk menceritakan usaha yang dilakukannya hingga bisa menang. Kemudian guru juga meminta siswa yang kalah untuk bercerita mengapa kalah.
  • Ajaklah siswa bersama-sama membaca teks Budi Pekerti pada halaman 16.
  • Ajaklah siswa untuk melakukan kebiasaan hidup hemat baik di rumah, sekolah maupun di tempat umum. (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
  • Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal pada halaman 16 (Ayo belajar).
  • Melakukan penilaian dan membahas  bersama-sama  dengan cara menukarkan jawaban antar siswa (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).



Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
  • menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang. 
  • semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indikator.


Komentar