Paud: membangun karakter bangsa |
UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Angka 14 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Visi dan Misi PAUD
Visi
Terwujudnya anak sehat, cerdas ceria dan berakhlak mulia serta memiliki kesiapan baik fisik maupun mental dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
Misi
- Meningkatkan perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD melalui penyelenggaraan PAUD yang mudah dan murah, tetapi bermutu.
- Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan layanan PAUD
- Memberikan layanan yang prima (efektif, efesien, akuntabel, transparan) kepada masyarakat di bidang PAUD.
Tentang PAUD
Keberadaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diasosiasikan dengan upaya orang tua memberikan pendidikan untuk anak sejak dini. Namun, konsep PAUD yang banyak dipahami sekarang ternyata belum spenuhnya benar. Pandangan awam menilai PAUD sebagai bentuk kelembagaan pendidikan seperti yang berlaku untuk SD, SMP, dan SMA.
Padahal, PAUD sesungguhnya adalah proses pendidikan usia dini yang tugas utamanya justru dipegang oleh orang tua dan keluarga di rumah. Ketika tugas itu tidak mampu dijalankan orang tua, masyarakat berperan membantu proses tersebut. PAUD yang dijalankan orang tua di rumah tergolong PAUD informal. dan PAUD yang diberikan di institusi formal, seperti pada TK dan kelompok bermain (playgroup). Kelembagaan PAUD di luar rumah hanya sebagai stimulus. selanjutnya, pendidikan usia dini, termasuk di dalamnya pembekalan nilai-nilai moral dan sopan santun, akan lebih banyak mendapatkan porsi di dalam keluarga.
Memasukan anak ke lembaga PAUD formal bisa membantu anak bersosialisasi dan mengenal pengetahuan dasar, semisal angka dan huruf. Pengenalan itu hanya sebatas selingan di antara permainan. Semestinya tidak ada paksaan kepada anak untuk menghafal atau menguasai pengetahuan tertentu. bahkan konsep PAUD yang benar tidak mewajibkan anak untuk mengenakan seragam.
Untuk menggalakan belajar dari usia dini, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa barat sangat peduli terhadap program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Non Formal dan Informal.
Keseriusan itu dibuktikan dengan memberikan bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) peserta didik PAUD, Program Taman Kanak-Kanak (TK) sampai SD satu atap.
Beberapa hal yang telah dilakukan di antaranya, meningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD berbasis keluarga dan pendidikan keorangtuaan, pembentukan PAUD percontohan tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan desa, serta perintisan program Taman Penitipan Anak (TPA), kelompok bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Satuan PAUD Sejenis (SPS) di daerah terpencil dan daerah perbatasan. Selain itu penyediaan sarana dan prasarana yang meliputi penyediaan APE PAUD, penyediaan bahan belajar anak dan tutor PAUD, alat dan kegiatan pembelajaran program PAUD tanggap darurat pasca bencana.
DATA JUMLAH ANAK DAN LEMBAGA PAUD NON FORMAL
DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2010
No | Kab/Kota | Jumlah Anak | Jumlah | ||
Lembaga | Anak | ||||
1 | Kab. Bogor | 520.943 | 657 | 16.425 | |
2 | Kota Bogor | 87.837 | 437 | 3.425 | |
3 | Kab. Sukabumi | 290.155 | 1.603 | 40.075 | |
4 | Kota Sukabumi | 42.381 | 110 | 2.750 | |
5 | Kota Depok | 126.917 | 344 | 8.600 | |
6 | Kab. Cianjur | 264.787 | 454 | 11.350 | |
7 | Kab. Purwakarta | 68.568 | 230 | 5.750 | |
8 | Kab. Karawang | 215.753 | 463 | 11.575 | |
9 | Kab. Bekasi | 126.788 | 382 | 9.550 | |
10 | Kota Bekasi | 214.406 | 545 | 13.625 | |
11 | Kab. Subang | 138.435 | 376 | 9.400 | |
12 | Kab. Cirebon | 221.406 | 178 | 4.450 | |
13 | Kota Cirebon | 34.020 | 135 | 3.375 | |
14 | Kab. Indramayu | 229.319 | 521 | 13.025 | |
15 | Kab. Kuningan | 96.735 | 416 | 10.400 | |
16 | Kab. Majalengka | 112.954 | 621 | 15.525 | |
17 | Kab. Bandung | 280.071 | 576 | 14.400 | |
18 | Kota Bandung | 228.659 | 232 | 5.800 | |
19 | Kab. Sumedang | 121.109 | 441 | 11.025 | |
20 | Kab. Garut | 356.173 | 674 | 16.850 | |
21 | Kab. Tasikmalaya | 230.709 | 446 | 11.150 | |
22 | Kota Tasikmalaya | 69.206 | 188 | 4.700 | |
23 | Kab. Ciamis | 186.179 | 213 | 5.325 | |
24 | Kota Cimahi | 77.949 | 138 | 3.450 | |
25 | Kota Banjar | 31.517 | 254 | 6.350 | |
26 | Kab. Bandung Barat | 186.715 | 416 | 10.400 | |
Jumlah | 4.559.691 | 10.750 | 268.750 |
NETTY PRASETIYANI, Bunda PAUD Jabar 2011-2015
"Kita harus mendidik anak-anak untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan pada zaman ketika mereka dewasa. Berpuluh tahun yang akan datang, anak-anak kitalah yang akan menggenggam tongkat estafet kepemimpinan. Orang tua harus bisa mengidentifikasi bakat atau potensi tersembunyi anak. Sementara tugas negara melalui berbagai peraturan adalah mencipatakan kota layak anak"
AHMAD HERYAWAN, Gubernur Jawa Barat
"Anak yang tumbuh dari keluarga bersuasana harmonis dan penuh kasih sayang, akan berbeda dengan anak yang tumbuh dari keluarga dengan suasana kurang harmonis bahkan cenderung konflik. Anak dengan curahan kasih sayang akan tumbuh berjiwa optimis, positif dan berpikiran maju.
sumber: brosur Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Paud adalah alternatif yang tepat, bagi pendidikan anak usia dini. Smoga anak2 kita menjadi manusia yg tangguh dalam menghadapi tantangan global saat ini yg begitu deras.
BalasHapusDon't lost your math, here come with me on :
http://media-matematik.blogspot.com/
betul pa amin.... paud merupakan pendidikan untuk mempersiapkan anak 30 tahun ke depan
Hapus