RPP Tematik kelas 2 SD - Hidup Hemat-Pertemuan 5, 6, 7 dan 8


Tema             : HIDUP HEMAT
Kelas/Semester            : 2 (dua)/ 1 (satu)
Waktu                : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR

  • Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
  • Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
  • Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
  • Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
  • Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
  • Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
  • Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
  • Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
  • Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


II.   INDIKATOR

  • Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
  • Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
  • Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
  • Menceritakan pengalaman hidup hemat.
  • Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
  • Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
  • Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  • Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
  • Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
  • Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
  • Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
  • Membilang secara urut (Mat).
  • Menyebutkan banyak benda.
  • Menulis lambang bilangan dengan benar.
  • Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
  • Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
  • Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
  • Bekerjasama dengan teman.
  • Memberi tanggapan secara santun.
  • Mengungkapkan gagasan secara lisan.
  • Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
  • Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
  • Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
  • Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
  • Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan

  • Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
  • Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
  • Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).


2.   Kegiatan Inti


1)    Mengajak siswa mengamati gambar (peralatan rumah tangga).
2)    Bertanya jawab tentang alat rumah tangga.
3)    Menugaskan siswa mencatat peralatan rumah tangga yang dapat menghasilkan panas, bunyi dan cahaya.
4)    Menugaskan siswa sehari sebelumnya, untuk membawa kunyit, blender (bisa juga alat tumbuk), dan saringan (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
5)    Bersama siswa mempraktekan cara membuat warna alami dengan menggunakan kunyit (Lihat halaman 8 Ekspresikan dirimu).
6)    Bertanya jawab tentang bahan alami apa saja yang dapat menghasilkan warna.
7)    Menceritakan pada siswa tentang warna alami dan pewarna buatan.
8)    Menugaskan siswa menggambar dan mewarnai dengan menggunakan pewarna alami atau buatan.
9)    Mengajak siswa untuk bernyanyi bersama dengan melihat teks di hal.9 (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
10) Menjelaskan pada siswa tentang sumber bunyi di sekitar kita (BI, PKn, IPS, MAT, IPA, ORJAS).
11) Mengajak siswa untuk menghasilkan bunyi yang kuat dan lemah melalui tepukan. (dengan tepuk Pramuka suara keras, sedang dan lemah).
12) Mengajak kembali siswa untuk bernyanyi dengan bertepuk tangan dan menggerakan badan.
13) Siswa dibagi berkelompok (dengan teknik berpikir berpasangan) caranya:
§  guru menginformasikan materi yang akan didiskusikan
§  siswa diberi kesempatan memikirkan materi yang dibahas
§  menugaskan semua siswa untuk berpasangan
§  setiap pasangan melaporkan hasil diskusinya
§  guru menjelaskan materi dengan mengacu pada hasil diskusi siswa
14) Kemudian diminta mengamati dan membandingkan tentang tekstur benda-benda tersebut. Semua siswa diminta mencatat dan melaporkan hasil diskusinya.
15) Guru menugaskan individu untuk membuat kliping yang berisi gambar-gambar yang terbuat dari tanah liat dan logam (BI, PKn, IPS, MAT, IPA, SENI-BUD).
16) Memberi tugas pada siswa untuk mengarang tentang kebiasaan hidup hemat yang telah dilakukannya (hemat uang, hemat energi, hemat mainan, dsb).
17) Menugaskan beberapa siswa untuk menceritakan/membacakan hasil karangannya di depan kelas (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
18) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup

  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.



IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
  • Lingkungan keluarga dan sekolah.
  • Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).



V.   PENILAIAN

  • Penilaian Lisan (dalam proses).
  • Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
  • Penilaian Produk.
  • Penilaian Portofolio.
  • Penilaian Tertulis Obyektif.
  • Penilaian Tertulis Subyektif.
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).



Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2

Komentar