10 Des 2011

PERAN STRATEGIS FORUM PAUD dalam upaya mencapai Tujuan Nasional Penyelenggaraan Pengasuhan, Perawatan dan Pendidikan Anak Usia Dini Mencerdaskan Bangsa.


Forum PAUD Wilayah IV Cianjur
melaksanakan Pelatihan Guru PAUD

Pendahuluan

Tujuan Nasional adalah memajukan, kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pendidikan  adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan,akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara

Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan  yang ditujukan kepad anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membanntu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan berbasis masyarakat adalah penyelenggaraan pendidkan berdasarkan kekhasan agama, sosial budaya, aspirasi dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh,berkembang; dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi…tujuan…demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera.

Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. (ps.28C.butir satu Bab XA -UUD 1945)

 “And tell them to use each situation to learn as much as possible about the structure of the child’s thought. They will find that they do indeed learn more from the failures than from the successes. (the origin of intelect Piaget’s Theory, John l. Phillip)

Masa-masa pada rentang usia dini merupakan masa emas dimana perkembangan fisik, motorik, intelektual, emosional, bahasa dan sosial berlangsung dengan sangat cepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan otak-kecerdasan-anak usia 0-4 tahun sudah mencapai 50 %, sampai usia 8 tahun 805, sampai dengan  18 tahun 1005.

Komitmen 
Sejalan dengan otonomi daerah maka upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia sudah seharusnya dilakukan sedini mungkin,melalui Program Pengembangan Anak Dini Usia (PADU).
Jika secara logis dilakukan oleh seluruh tingkatan pemerintahan dan lapisan masyarakat pada program lintas sektor, seperti pendidikan, kesehatan dan gizi, tenaga kerja maupun kesejahteraan sosial dan lain sebagainya; 

Program PADU sebagai upaya untuk menciptakan sumberdaya manusia yang bermutu merupakan tahapan kegiatan yang sangat  strategis, yang dilakukan secara bertahap dan sistemik dan menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten/Kota, Masyarakat dan Dunia Usaha, dengan lebih menitikberatkan pada partisipasi aktif masyarakat.
(Dirjen Bangda Depdagri, Seminar PAUD di Jakata,17-10-2002)

FORUM PAUD
Forum PAUD adalah suatu wadah kerjasama untuk  bertukar informasi dan pengalaman, berkomunikasi dan berkoordinasi, serta menyatukan visi, misi, langkah dan peran masing-masing anggota; dan mengembangkan jaringan informasi serta pemberdayaan anggotanya,dalam rangka pengembangan anak usia dini seutuhnya.

Forum PAUD bertujuan untuk membentuk keterpaduan langkah dan tindakan yang dilakukan oleh masing-masing pihak dalam rangka mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas dan ceria serta bertaqwa guna menyongsong masa depan yang gemilang

Forum PAUD bersifat terbuka bagi siapa saja yang peduli terhadap pengembangan anak usia dini, terutama para pakar, praktisi, pemerhati, LSM, pengembang di bidang PAUD, penerbit buku anak, produser alat permainan edukatif, produser makanan tambahan pengganti ASI/susu/vitamin untuk anak, instansi terkait dan elemen lainnya.

Forum PAUD dibentuk pada tingkat:
· Pusat (Forum PAUD Pusat)
· Propinsi (Forum PAUD Propinsi)
· Kabupaten (Forum PAUD Kabupaten/Kota)

Forum PAUD merupakan organisasi kolektif dari, oleh, dan untuk anggota, sehingga ketua forum lebih berfungsi sebagai koordinator dan fasilitator ditentukan berdasarkan kesepakatan anggota. Sedangkan kedudukan masing-masing anggota adalah sama.

Peran dari masing-masing anggota adalah memperjuangkan kepentingan masing-masing tanpa merugikan kepentingan pihak lain, tetapi justru saling memperkuat dan melengkapi masing-masing. Anggota forum harus dapat saling bersinergi merancang bagaimana pendidikan anak usia dini kedepan.

Forum PAUD dibentuk oleh anggota forum difasilitasi oleh Dinas Pendidikan. Sehingga Pemerintah hanya bersifat memfasilitasi keberadaan forum. Forum dijadikan mitra kerja Pemerintah.

Upaya Strategis Forum PAUD
  • menumbuhkan semangat untuk solusi, sukses dan semangat kekeluargaan, 
  • Advokasi dan sosialisasi; 
  • Pemberdayaan dan upaya sinergis yaitu semua upaya yang diarahkan untuk menjadikan setiap diri, keluarga, masyarakat dan lembaga sosial kemasyarakan mampu memenuhi kebutuhan atau misinya dengan partisipasi aktif dan kerja bersama
  • Inisiasi yaitu menumbuhkan prakarsa atau inisiatif masyarakat dalammewujudkan keinginan dan kebutuhannya.


Advokasi dan sosialisasi

  • Advokasi baik dalam aspek kebijakan seperti perlunya peraturan daerah yang dapat menjadi pendorong dan peningkatan–percepatan pelaksanaan kegiatan setiap rencana aksi yang disepakati bersama, maupun dalam teknis pelaksanaannya.
  • Mempertemukan berbagai masalah pelaksanaan program yang terhimpun dan terakomodasikan di forum untuk disampaikan kepada pembuat kebijakan agar ditemukan solusi terbaik  dan kemudahan pelaksanaan program.
  • Sosialisasi atau penyebarluasan kebijakan, strategi dan program nasional pengembangan anak usia dini dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia dan Pemahaman. Dan keberhasilan pelaksanaan program yang dapat dijadikan percontohan.



Pemberdayaan dan upaya sinergis

  • Mengenali dan memahami potensi sumber daya, sarana dan prasarana serta fasilitas di lingkungannya untuk didayagunakan bersama.
  • Mengembangkan upaya bersama saling menguatkan ( sinergis)
  • Memecahkan masalah bersama dan membangan sukses bersama
  • Membuka peluang setiap orang, lembaga dan organisasi  untuk ikut berpartisipasi, 



Mengembangkan inisiasi masyarakat
  • Semangat otonomi daerah adalah semaraknya inisiatif masyarakat mengusahakan terbentuknya lembaga pelayanan PAUD dilingkungannya.
  • Perlu sering bertemu, bertatap muka dan upaya lainnya yang melekat dengan kegiatan-kegiatan  keluarga, komunitas dan masyarakat dengan mengetengahkan, bahwa pengasuhan, perawatan, pendidikan dan pengembangan anak usia dini sangat menentukan kualitas kesehatan dan kesejahteraan diri dan masyarakat di masa depannya (kurangi risiko ssit dll -makna investasi).


Penutup
Forum PAUD juga merupakan bagian forum keluarga dan komunitas setempat dengan tematik kepentingan terbaik bagi anak khususnya anak usia dini dalam hal kesehatan dan gizi, pendidikan dan pengasuhan.

Keberadaan forum tersebut menjadi arena / sasana mematangkan kepemimpinan setempat, sebagai pemberdaya (encourager), motivator, inspirator dan maximizer

1 komentar:

  1. Pendidikan anak sejak usia dini memang sangat di harapkan bisa membawa kearah perbaikan untuk persiapan anak sebelum sekolah, namun juga perlu di perhatikan dunia anak adalah masih dunia untuk main.Maka melalui mainan anak lah kita bisa masuk untuk mengenalkan sesuatu itu kepada anak.Sehingga anak akan senang dengan belajarnya

    BalasHapus

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...