Darimana mendapat ide untuk ditulis di blog?


ide untuk menulis

Saya sering mendapatkan pertanyaan mengenai: “Ide atau bahan yang akan ditulis di blog, dapatnya darimana saja?” Saya baru mulai ngeblog sekitar 5-6 bulan yang lalu, tepatnya desember 2008. Nah sekitar 140 postingan sudah saya tulis dalam jangka waktu itu. Lumayan bukan? Lalu apa saja yang saya tuliskan di blog saya? Awalnya, semuanya saya tuliskan. Saya menulis tentang:
=> Perjalanan pulang kampung
=> Undangan Imlek 2008 yang saya hadiri.
=> Film yang saya tonton.
=> Buku motivasi terbaru yang saya baca dan suka.
=> Artikel yang ada di majalah yang kebetulan menarik.
=> Selebihnya tentang bisnis online.
=> Pengalaman masa lalu saya yang menarik untuk diceritakan.

Dan sambil jalan, ternyata, blog ini membentuk dirinya sendiri, karena akhirnya saya lebih fokus menulis apa yang menjadi bidang kesukaan saya yaitu: Bisnis Online. Dan akhirnya, itulah yang saya fokuskan, kemudian saya menamakan blog ini: “Tips Bisnis Online” Berarti saya kemudian harus fokus memberikan berbagai tips bisnis online, atau hal-hal yang berkaitan dengannya, sekalipun saya masih bisa tuliskan tentang hal-hal pribadi. Inilah ide artikel yang dapat Anda tulis:

  • Dari buku yang anda baca, jika belum ada, baca saja beberapa buku bagus, maka anda akan mendapatkan ide darimana dan apa anda ingin menulis.
  • Mampirlah ke berbagai blog yang ada di Internet, baik yang sesuai dengan bidang anda ataupun tidak. Caranya? Gunakan search engine. Masukkan kata kunci yang anda ingin cari, lalu temukanlah beberapa blog di hasil pencarian, mampirlah, baca-baca postingan mereka, dan cari ide, anda  tidak perlu menirunya 100%, namun anda bisa menuliskan hal yang sama dengan cara anda sendiri. Misalnya: Apa pendapat anda tentang Uber dan Thomas Cup kali ini?, penyanyi favorit anda di super mama siapa? ( kalau saya Brenda ). :) kenapa? imut dan cool sih :) Tuliskan mengenai Olympiade misalnya, jika sudah mulai, karena itu akan menjadi banyak pembicaraan orang. Bicarakan tentang Piala Dunia sepakbola, atau apa saja yang sedang menjadi trend. Paham kan? :)
  • Tuliskan pengalaman anda yang anda jumpai hari ini yang menarik untuk diceritakan.

Nah dengan beberapa hal diatas saja, saya yakin anda bisa menuliskan paling tidak 1 postingan untuk 1 blog setiap hari, atau dua hari sekali. Untuk membuat blog anda ramai pengunjung dan disukai oleh search engine, anda tidak harus menulis sampai puluhan artikel setiap hari. Hanya 1 per satu atau dua hari sudah sangat
bagus.

Tulisan anda, tidak harus mengenai bisnis online, melainkan bisa tentang apa saja. Bila anda belum tahu gaya anda, ingin ngeblog apa, maka beli saja domain, sesuai nama anda. Lalu ngebloglah mulai dengan hal-hal pribadi atau opini anda sendiri. Lama-lama berbagai ide akan mengalir, tak terasa anda akan mempunyai blog yang penuh dengan tulisan.

Apa Tujuan Anda ngeblog? blog yang berhasil, hampir semuanya mempunyai tujuan untuk memberi atau berbagi. Mereka senang menulis untuk membantu orang lain mengerti sesuatu. Itu modal yang sangat baik!

Jadi, tulis apa saja, nggak perlu terlalu kaku. jadilah diri anda sendiri. Dan anda juga bisa memiliki blog yang menarik, ramai, dan populer!
Mantap!

Sumber: Kusuma Putra

Komentar