Pertemuan 1, 2, 3, dan 4
TEMA : HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
2. Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
4. Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
5. Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang
santun.
6. Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
7. Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
8. Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
9. Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
10. Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
11. Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
12. Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
II. INDIKATOR
1. Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
2. Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
3. Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
4. Menceritakan pengalaman hidup hemat.
5. Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
6. Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
7. Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
8. Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
9. Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
10. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
11. Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
12. Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan
kata yang tepat.
13. Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
14. Membilang secara urut (Mat).
15. Menyebutkan banyak benda.
16. Menulis lambang bilangan dengan benar.
17. Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
18. Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
19. Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
20. Bekerjasama dengan teman.
21. Memberi tanggapan secara santun.
22. Mengungkapkan gagasan secara lisan.
23. Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
24. Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
25. Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
26. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
27. Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
2. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta mengamati gambar di hal 1, dan bertanya jawab tentang uang saku setiap hari, dan apa
yang dilakukan jika ada kelebihan uang jajannya.
2) Bertanya jawab apakah siswa memiliki tabungan (di rumah, di sekolah atau di Bank) (BI, PKn, IPS,
MAT, IPA)
3) Meminta siswa untuk mengamati gambar di hal 2 dan menugaskan siswa membaca teks secara
bergantian. Dikaitkan dengan bekal siswa yang di bawa dari rumah
4) Bertanya jawab tentang kesan/perasaan siswa setelah naik kelas 2. Memanggil salah satu siswa yang
berani untuk bercerita tentang hal tersebut.
5) Bertanya jawab secara klasikal (apakah setelah naik di kelas dua, uang sakunya juga naik.?),
§ apakah ada anak yang suka membawa bekal (kue, nasi atau yang lain) dari rumah
§ atau lebih suka membawa uang saja? (bisa dibahas secara kelompok) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
6) Guru menjelaskan tentang pengertian hidup hemat, dan kebiasaan menabung baik di rumah, sekolah
maupun di bank (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
7) Siswa diminta mengamati gambar di hal 3 kemudian menugaskan siswa untuk membaca wacananya
secara bergantian.
temannya.
10) Guru bercerita tentang kehidupan lebah madu yang memiliki kebiasaan/perilaku menabung.
11) Menugaskan siswa untuk berkelompok (dengan teknik mencari pasangan): disiapkan kartu berisi
gambar-gambar dan tulisan antara lain:
§ 1 gambar uang
§ 2 gambar celengan
§ 3 gambar bank
§ 4 gambar mainan
§ tulisan uang
§ tulisan celengan
§ tulisan bank
§ tulisan mainan
12) Semua siswa maju satu persatu untuk mengambil salah satu gambar atau tulisan sambil berdinamika
menyanyi lagu bang bing bung.
13) Selanjutnya meminta mereka untuk mengamati di hal 4, kemudian menugaskan mereka untuk
mendiskusikan kelebihan dan kekurangan menabung di rumah/celengan/lemari, atau di Bank. Hasil
diskusi dicatat dan dilaporkan (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
14) Bertanya jawab tentang macam-macam mainan yang dimiliki siswa,
§ bagaimana kalau ada mainan baru?
§ apakah selalu minta dibelikan?
§ bagaimana jika ada mainan yang rusak?
§ apakah dibuang atau diperbaiki?
15) Semua kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan (kelompok teman sebangku).
16) Bertanya jawab dengan siswa secara klasikal tentang kegiatan yang dilakukan pada hari minggu
(apakah nonton TV, membantu orangtua? Jalan-jalan dsb) meminta siswa untuk bercerita tentang hal
tersebut di depan kelas. (BI, PKn, IPS, MAT, IPA). Bertanya jawab berapa lama jika siswa
menonton TV, dan apa yang dilakukan apabila dia ingin bermain diluar.
17) Bertanya jawab tentang pemakaian listrik di rumah (mematikan lampu apabila tidak digunakan,
memakai air secukupnya dll) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
18) Meminta siswa untuk bercerita dengan teman sebangku tentang cara/kebiasaan menghemat energi di
rumah.
19) Guru menjelaskan tentang macam-macam sumber energi (matahari, air, batubara, minyak bumi, gas
bumi, bahan makanan) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
20) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua
siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan
agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
Mengetahui, ..................,.................20
Kepala Sekolah, Guru Kelas 2,
................................. ........................................
TEMA : HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
2. Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
4. Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
5. Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang
santun.
6. Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
7. Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
8. Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
9. Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
10. Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
11. Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
12. Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
II. INDIKATOR
1. Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
2. Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
3. Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
4. Menceritakan pengalaman hidup hemat.
5. Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
6. Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
7. Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
8. Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
9. Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
10. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
11. Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
12. Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan
kata yang tepat.
13. Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
14. Membilang secara urut (Mat).
15. Menyebutkan banyak benda.
16. Menulis lambang bilangan dengan benar.
17. Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
18. Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
19. Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
20. Bekerjasama dengan teman.
21. Memberi tanggapan secara santun.
22. Mengungkapkan gagasan secara lisan.
23. Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
24. Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
25. Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
26. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
27. Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
- Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).2. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta mengamati gambar di hal 1, dan bertanya jawab tentang uang saku setiap hari, dan apa
yang dilakukan jika ada kelebihan uang jajannya.
2) Bertanya jawab apakah siswa memiliki tabungan (di rumah, di sekolah atau di Bank) (BI, PKn, IPS,
MAT, IPA)
3) Meminta siswa untuk mengamati gambar di hal 2 dan menugaskan siswa membaca teks secara
bergantian. Dikaitkan dengan bekal siswa yang di bawa dari rumah
4) Bertanya jawab tentang kesan/perasaan siswa setelah naik kelas 2. Memanggil salah satu siswa yang
berani untuk bercerita tentang hal tersebut.
5) Bertanya jawab secara klasikal (apakah setelah naik di kelas dua, uang sakunya juga naik.?),
§ apakah ada anak yang suka membawa bekal (kue, nasi atau yang lain) dari rumah
§ atau lebih suka membawa uang saja? (bisa dibahas secara kelompok) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
6) Guru menjelaskan tentang pengertian hidup hemat, dan kebiasaan menabung baik di rumah, sekolah
maupun di bank (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
7) Siswa diminta mengamati gambar di hal 3 kemudian menugaskan siswa untuk membaca wacananya
secara bergantian.
8) Guru menerangkan tentang cara menabung, (di rumah, di celengan, di sekolah, melalui tabungan sekolah,
dan di bank dengan menggunakan buku tabungan) serta kegunaannya, dan siswa diminta untuk mencatat
di bukunya masing-masing) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
9) Bertanya jawab (siapa yang sudah memiliki tabungan) dan meminta siswa untuk bercerita kepadatemannya.
10) Guru bercerita tentang kehidupan lebah madu yang memiliki kebiasaan/perilaku menabung.
11) Menugaskan siswa untuk berkelompok (dengan teknik mencari pasangan): disiapkan kartu berisi
gambar-gambar dan tulisan antara lain:
§ 1 gambar uang
§ 2 gambar celengan
§ 3 gambar bank
§ 4 gambar mainan
§ tulisan uang
§ tulisan celengan
§ tulisan bank
§ tulisan mainan
12) Semua siswa maju satu persatu untuk mengambil salah satu gambar atau tulisan sambil berdinamika
menyanyi lagu bang bing bung.
13) Selanjutnya meminta mereka untuk mengamati di hal 4, kemudian menugaskan mereka untuk
mendiskusikan kelebihan dan kekurangan menabung di rumah/celengan/lemari, atau di Bank. Hasil
diskusi dicatat dan dilaporkan (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
14) Bertanya jawab tentang macam-macam mainan yang dimiliki siswa,
§ bagaimana kalau ada mainan baru?
§ apakah selalu minta dibelikan?
§ bagaimana jika ada mainan yang rusak?
§ apakah dibuang atau diperbaiki?
15) Semua kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan (kelompok teman sebangku).
16) Bertanya jawab dengan siswa secara klasikal tentang kegiatan yang dilakukan pada hari minggu
(apakah nonton TV, membantu orangtua? Jalan-jalan dsb) meminta siswa untuk bercerita tentang hal
tersebut di depan kelas. (BI, PKn, IPS, MAT, IPA). Bertanya jawab berapa lama jika siswa
menonton TV, dan apa yang dilakukan apabila dia ingin bermain diluar.
17) Bertanya jawab tentang pemakaian listrik di rumah (mematikan lampu apabila tidak digunakan,
memakai air secukupnya dll) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
18) Meminta siswa untuk bercerita dengan teman sebangku tentang cara/kebiasaan menghemat energi di
rumah.
19) Guru menjelaskan tentang macam-macam sumber energi (matahari, air, batubara, minyak bumi, gas
bumi, bahan makanan) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
20) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua
siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan
agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
Mengetahui, ..................,.................20
Kepala Sekolah, Guru Kelas 2,
................................. ........................................
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar