Nama Kejar : …………........................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : ix/i
Standar kompetensi : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
Kompetensi dasar : 1.3 Menampilkan Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan negara.
Indikator : - Menentukan sikap terhadap pihakpihak yang ingin menghancurkan NKRI
- Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di Lingkungannya
1. Mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
2. Membedakan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
3. Memberikan contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
4. Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
2. Perbedaan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
3. Contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
4. Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing
C. METODE
Permainan (Game Kartu Berpasangan), Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara b. Tiap WB diberi kesempatan untuk memilih satu kartu soal- jawab yang telah disiapkan, yang berkenaan dengan materi bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI c. Seluruh WB diminta untuk meninggalkan kelas (dapat dilakukan di teras kelas) dan diberi waktu sekitar 10 menit untuk mencari pasangannya masing-masing WB yang telah menemukan pasangannya di minta untuk masuk dalam kelas dan duduk bersisian menurut pasangannnya masing-masing. d. Setelah semua WB menemukan pasangannya dan masuk kelas, tiap pasangan secara bergantian diminta untuk tampil di depan kelas dan membacakan isi kartunya masing-masing, (Pasangan yang lain di minta untuk memperhatikan). Kegiatan ini dilanjutkan sampai seluruh pasangan selesai menampilkan dan membacakan isi kartunya. Bagi yang salah pasangan. (Soal dan Jawaban tidak sesuai), diberi sanksi yang telah disepakati sebelumnya). Kegiatan Penutup a. Tutor bersama WB menyimpulkan materi. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan tanya jawab | 10 menit 60 menit 10 menit |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi o Penjajakan kesiapan belajar WB dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. o Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang ancaman bagi NKRI. b. WB menelaah dan menyimak buku paket, kuhusnya materi tentang ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional, dan mencatat hasilnya. c. Kegiatan tanya jawab kelas yang dipandu oleh tutor berkaitan dengan ancaman bagi NKRI baik yang bersifat tradisional maupun non tradisional. Kegiatan Penutup a. WB dan tutor bersama-sama menyimpulkan materi . b. WB mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan tutor | 10 menit 60 menit 10 menit |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar WB dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan secara umum mengenai tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara. b. Tutor meminta kepada seluruh WB untuk berdiskusi dengan teman duduknya masing-masing mengenai contoh-contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara dan mencatat hasilnya. c. Selanjutnya setiap pasangan diminta menampilkan di depan kelas rumusan hasil diskusi mereka, dan pasangan yang lain diminta untuk memperhatikan dan mencermati hasil diskusi yang disampaikan di depan kelas.Kegiatan ini dilanjutkan sampai separuh jumlah pasangan telah menampilkan hasil rumusan mereka. Kegiatan Penutup d. Tutor bersama WB menyimpulkan materi. e. Post Test f. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan disklusi kelompok. | 10 menit 60 menit 10 menit |
Pertemuan Ke-4
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar WB dengan menayangkan ngambar-gambar melalui layar infokus terntang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing. b. WB dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok berjumlah 4 – 5 WB. Selanjutnya setiap kelompok menelaan melalui hasil pengamatan di lingkungannya dan berbagai buku sumber tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya . Selanjutnya mendiskusikan dalam kelompoknya masing-masing hasil temuan mereka. c. Setiap kelompok diminta tampil untuk mempresentasekan hasil diskusi kelompoknya melalui salah seorang perwakilan mereka dan kelompok lain diminta untuk menanggapi. d. Kegiatan selanjutnya adalah guru memberikan klarifikasi mengenai partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya. Kegiatan Penutup a. Tutor bersama WB menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang. | 10 menit 60 menit 10 menit |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
Ø Artikel
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas WB saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1. Kemukakan lima (5) bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia , menurut UU No. 3 Tahun 2002.
2. Sebutkan perbedaan antara ancaman yang bersifat tradisional dan ancaman yang bersifat non tradisional terhadap NKRI.
3. Jelaskan mengapa ancaman Non Tradisionil dapat membahayakan negara ?
4. Kemukakan empat (4) contoh keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara.
5. Tunjukkan empat (4) bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing.
................., ............................
Mengetahui
Ketua PKBM ..................... Tutor,
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar