Nama Kejar : …………….............
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : ix/i
Standar kompetensi : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
Kompetensi dasar : 1.1 Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
Indikator : - Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
Alokasi waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai proses pembelajaran, warga belajar dapat menyebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara
C. METODA : Ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
NO Kegiatan Belajar Waktu Ket
1.
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar warga belajar dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
10 menit
NO Kegiatan Belajar Waktu Ket
2.
3.
Kegiatan inti
a. Penjelasan konsep seara umum tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara
b. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
c. Siswa mengkaji UU No. 3 Th. 2002 dan membuat resume secara kelompok.
d. Warga belajar mendiskusikan aplikasi UU No. 32 Th. 2002 pasal 9 dalam kehidupan masyarakat.
e. Warga belajar dibagi kedalam 8 kelompok untuk mencari aplikasi UU No 3 Th. 2002 pasal 9 di media masa.
Kegiatan Penutup
a. Warga belajar dibimbing tutor menyimpulkan materi untuk pemahaman warga belajar.
b. Post Test
c. tindak lanjut dengan memberi tugas kelompok untuk mencari informasi dari media masa dalam bentuk kliping tentanng keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara. 60 menit
10 meniit
Pertemuan Ke-2
NO Kegiatan Belajar Waktu Ket
1.
2.
3. Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
a. Masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk mempresentasikan kliping hasil karya kelompok
b. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya kelompoknya, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.
c. Tutor memberikan klarifikasi terhadap hasil karya kelompok.
d. Warga belajar berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh tutor..
Kegiatan Penutup
a. warga belajar dibimbing tutor menyimpulkan materi untuk pemahaman warga belajar.
b. Post Test
c. Mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. 10 menit
60 menit
10 menit
E. PENILAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan 3 peraturan perundang-undangan yang mengatur kewajiban membela negara!
2. Sebutkanlah bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
3. Sebutkanlah bunyi pasal 9 ayat 1 Undang-undang No.3 Tahun 2003!
Format Penilaian Kliping dan Presentasi
NO Nama Warga belajar Aspek Jumlah Skor Rata-rata Skor
1 2 3 4 5
Keterangan: 1. Kesesuaian antara judul dengan tema
2. Kerapihan/Estetika
3. Komentar kelompok terhadap isi kliping
4. Presentasi
5. Kemampuan argumentasi
.............., ............................
Mengetahui
Ketua PKBM..................... Tutor Mata Pelajaran
_______________________ _____________________
Komentar
Posting Komentar
Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar