18 Okt 2011

Dukung Komodo dengan Ketik KOMODO Kirim Ke 9818 - Gratis



Ketik Komodo kirim ke 9818, tarif Rp. 1. Demikian penggalan SMS yang selengkapnya berbunyi “Dukung Komodo menjadi bagian 7 Keajaiban Dunia. Ketik KOMODO kirim ke 9818, tarif Rp. 1. Info lengkap, hub. 111/116 atau www.telkomsel.com” yang dikirimkan oleh Telkomsel Sabtu kemarin. Layanan SMS ke nomor 9818 untuk mendukung Komodo dalam ajang pemilihan 7 keajaiban dunia bernuansa alam (New 7 Wonders of Nature) ini sebenarnya telah saya ketahui sejak Agustus kemarin. 13 Agustus silam Yayasan New Seven Wonder merilis bentuk vote untuk TN Komodo dengan menggunakan SMS. Di blog ini juga pernah ditulis tentang hal ini, yaitu: Dukung Komodo menjadi keajaiban dunia.


Voting dengan SMS ini cukup dengan mengetikkan kata “KOMODO” yang dikirim ke nomor 9818 yang merupakan hasil kerjasama dengan Telkomsel, XL dan Indosat ini dikenai biaya Rp. 1000/SMS. Namun belum sempat mencoba, tanggal 16 Agustus, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI membuat keputusan yang mengejutkan dengan mundur dan menarik Taman Nasional Komodo sebagai finalis dalam New Seven Wonder of Nature. 

Mungkin lantaran kekecewaan saya akan keputusan mengejutkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata itu, saya yang semula getol mem-publish tulisan tentang kampanye dan dukungan pada pulau Komodo memilih untuk ‘tiarap’. Bahkan ketika pada awal Oktober 2011 Mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, oleh Pendukung Pemenangan Komodo (P2K), didaulat menjadi Duta Komodo saya masih tetap ‘tiarap’. Saya merasa Pemerintah (Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata), Yayasan New 7 Wonders, dan Pendukung Pemenangan Komodo (P2K) sekedar memperlihatkan adu jotos dengan perilaku yang lebih primitif dari pada perilaku komodo.

Duta Komodo Cari Sensasi?. Pengangkatan Mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla menjadi Duta Komodo oleh Pendukung Pemenangan Komodo (P2K) yang semula saya anggap hanya sekedar sensasi atau kelanjutan adu jotos primitif, mungkin salah.

Selasa, 11 Oktober 2011, Duta Komodo, HM Jusuf Kalla membuat terobosan mengejutkan. Layanan dukungan pada komodo melalu SMS ke nomor 9818 yang semula dikenai biaya Rp. 1000 mulai tanggal 15 Oktober akan digratiskan. Menurut JK, layanan tersebut bisa digratiskan lantaran biaya SMS akan dibayar pihak sponsor. Diharapkan dengan adanya layanan SMS gratis tersebut seluruh masyarakat Indonesia dapat mengirim dukungan sehingga Pulau Komodo masuk ke dalam daftar tujuh keajaiban baru dunia.

Percaya gak percaya. Hingga tanggal 15 Oktober kemarin Telkomsel mengirimkan SMS pemberitahuan adanya layanan SMS gratis untuk mendukung Komodo ke nomor 9818. Dan memang terbukti, setelah saya mengirimkan SMS dan mengecek transaksi terakhir, sms yang saya kirim benar-benar gratis. Selain Telkomsel, provider lain yang menggratiskan biaya SMS ini adalah Telkom Flexi, Indosat dan XL.

Sebagai warga negara Indonesia yang bangga akan keajaiban pulau Komodo saya salut pada HM Jusuf Kalla yang meskipun baru beberapa hari ditunjuk menjadi Duta Komodo namun mampu membuat sebuah terobosan besar dengan mencarikan sponsor untuk memenangkan Komodo sebagai salah satu New Seven Wonder of Nature. Satu hal yang sebelumnya belum pernah saya dengar keluar dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata kita.

Mari Kembali Dukung Komodo. Kita tidak perlu lagi sok sibuk mengungkap siapa sponsor yang membiayai SMS 9818 ini. Apalagi dengan mengkait-kaitkannya dengan ‘uang Amerika’, ‘dana judi’, ataukah ‘ada udang di balik komodo’.

Yang pasti, dengan dibukanya layanan SMS gratis, bagi pengguna Telkomsel, Telkom Flexi, Indosat, dan XL, cukup ketik KOMODO dan kirim sebanyak-banyaknya ke nomor 9818. Dan secercah harapan komodo menjadi New Seven Wonder of Nature kembali terbuka. Masih ada kesempatan hingga 11 November 2011

Sekilas tentang Komodo

Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

Komodo secara alami hanya ditemui di Indonesia, di pulau Komodo, Flores dan Rinca dan beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara. Hidup di padang rumput kering terbuka, sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah, biawak ini menyukai tempat panas dan kering ini. Mereka aktif pada siang hari, walaupun kadang-kadang aktif juga pada malam hari. Komodo adalah binatang yang penyendiri, berkumpul bersama hanya pada saat makan dan berkembang biak. Reptil besar ini dapat berlari cepat hingga 20 kilometer per jam pada jarak yang pendek; berenang dengan sangat baik dan mampu menyelam sedalam 4.5 meter;[19] serta pandai memanjat pohon menggunakan cakar mereka yang kuat. Untuk menangkap mangsa yang berada di luar jangkauannya, komodo dapat berdiri dengan kaki belakangnya dan menggunakan ekornya sebagai penunjang. Dengan bertambahnya umur, komodo lebih menggunakan cakarnya sebagai senjata, karena ukuran tubuhnya yang besar menyulitkannya memanjat pohon.

Klasifikasi Ilmiah Komodo
Kerajaan         :Animalia
Filum :Chordata
Kelas :Reptilia
Ordo :Squamata
Upaordo         :Autarchoglossa
Famili :Varanidae
Genus :Varanus
Spesies         :V. komodoensis

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Biawak_komodo
http://alamendah.wordpress.com/2011/10/17/ketik-komodo-kirim-ke-9818-dukung-komodo-gratis/
http://www.facebook.com/group.php?gid=107187604432

2 komentar:

Bagi Kawan-Kawan Mohon untuk tidak memberikan Komentar SPAM, hal ini untuk kita bisa saling menghargai....
Untuk Sementara waktu admin akan memakai moderasi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...