23 Jan 2013

Mengenal Beras

Mengenal Beras

Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea’ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma’ (bagian yang menutupi). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Beras sendiri secara biologi adalah bagian biji padi yang terdiri dari aleuron, lapis terluar yang sering kali ikut terbuang dalam proses pemisahan kulit,
endosperma, tempat sebagian besar pati dan protein beras berada, dan embrio, yang merupakan calon tanaman baru (dalam beras tidak dapat tumbuh lagi, kecuali dengan bantuan teknik kultur jaringan). Dalam bahasa sehari-hari, embrio disebut sebagai mata beras.

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air. Pati beras tersusun dari dua polimer.

karbohidrat:
amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya
didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.

Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia. Beras “biasa” yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit
aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras. Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi
antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin. Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam. Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya ‘Cianjur Pandanwangi’ atau ‘Rajalele’). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras.

Beras dimanfaatkan terutama untuk diolah menjadi nasi, makanan pokok terpenting warga dunia. Beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai. Selain itu, beras
merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin. Dalam bidang industri pangan, beras diolah menjadi tepung beras. Sosohan beras (lapisan aleuron), yang memiliki kandungan gizi tinggi, diolah menjadi tepung bekatul (rice bran). Bagian embrio juga diolah menjadi suplemen makanan dengan sebutan tepung mata beras. Untuk kepentingan diet, beras dijadikan
sebagai salah satu sumber pangan bebas gluten dalam bentuk berondong. Di antara berbagai jenis beras yang ada di Indonesia, beras yang berwarna merah atau beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat. Beras merah yang telah dikenal sejak
tahun 2.800 SM ini, oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. Meski, dibandingkan dengan beras putih, kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr), tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang
dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg). Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, kesemutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang.
Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut,
menyebabkan kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

Semoga Informasi ini bermanfaat
Baca selengkapnya >>

22 Jan 2013

Tips Ringan Merawat Cat Mobil

Merawat Cat Mobil
Tanpa perawatan yang baik, cat mobil kesayangan kita akan cepat pudar,kusam, berjamur, baret2 sehingga tidak sedap dipandang. Meski mobil kita tidak yang terbaru alias sudah berumur, namun jika tampilan cat kinclong, bersih, wetlook pasti ada kebanggaan tersendiri tampil dijalanan/diparkiran diantara mobil=mobil yang masih baru. Berikut saya kopikan postingan cara merawat cat mobil dari: www.http://pusatteknologi.com.sebagai berikut:

Menjaga cat mobil agar terlihat lebih mengkilap dan menjaganya agar tetap awet serta lebih lama memerlukan waktu dan tenaga serta menjaga kebiasaan dalam menggunakan mobil. baik itu ketika dalam mencuci, membersihkan mobil dan lain-lain.

Dalam beberapa kasus, cat mobil bisa saja beret, busam, tergores dan lain sebagainya disebabkan karena kelalaian sang pemilik mobil dalam menjaga cat mobil sehingga terkadang banyak orang rela membayar mahal untuk mengembalikan cat mobil mereka seperti semula.

Namun, hal ini seyogyanya bisa saja dicegah dengan perawatan cat mobil yang akan dibahas dalam tips merawat cat mobil berikut:

Cara merawat mobil agar lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan dini cat mobil sebetulnya mudah dilakukan bila sang pemilik mengikuti beberapa tips merawat cat mobil berikut ini, yaitu :
Hindari sinar matahari,  Sebisa mungkin hindarkan cat mobil dari sinar matahari langsung, Ketika mencuci mobil disarankan pagi hari atau sore hari dikala sinar matahari tidak terlalu menyengat.
Pakaialah pencuci khusus mobil, Hindari pemakain deterjen untuk mencuci mobil dan gunakan pencuci khusus yang diperuntukkan memang untuk cat mobil bukan untuk pencuci piring, pakaian dan lain-lain.
 Apabila terkena kotoran hewan, baik itu burung, kelelawar dan lain-lain. Sesegera mungkin dibersihkan dan dicuci sampai bersih. Jangan menunggu terlalu lama kalau tak ingin kotoran tersebut meresap ke dalam cat mobil dan membuat cat jadi rusak.
Parkir di tempat teduh, Ini mungkin sering dilalaikan mencari tempat parkir harus lebih selektif untuk menghindari sengata matahari secara langsung agar cat mobil lebih awet dan warnanya tidak memudar.
Saat mencuci mobil, segera siram busa sabun yang menempel pada cat mobil. Jangan terlalu lama dibiarkan karena berpotensi menimbulkan bercak noda pada cat mobil.
Untuk merawat cat mobil lebih awet tentu tergantung dari seberapa rutin anda membersihkan cat yang ada pada mobil anda. Sehingga paling tidak setiap hari selalu dijaga kebersihan cat mobil. Karena semakin lama membiarkan kotoran atau debu menempel di mobil menjadi salah satu penyebab utama rusaknya cat mobil.

MEMBERSIHKAN KACA MOBIL:

Selain Cat mobil, kaca juga perlu dirawat agar senantiasa bersih. berikut juga saya kopikan tips merawat kaca mobil saya ambil dari www.http://pusatteknologi.com: 
Kaca mobil merupakan bagian dari mobil yang berfungsi menjaga kita dari panas dan hujan. Secara tidak langsung kaca mobil mampu menjaga keamanan kita dan tentunya mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara.
Perlu perhatian khusus untuk merawat kaca mobil agar tidak berembun, buram, tergores dan berminyak sehingga tidak menganggu pandangan saat berkendara.
Cara membersihkan kaca mobil dengan baik dan benar dan mudah dilakukan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk merawat kaca mobil agar terhindar dari kaca mobil yang buram, berembun, tergores atau berminyak.
6 Cara membersihkan kaca mobil berikut ini cukup mudah dilakukan. Perlu beberapa langkah dalam melakukanya sebagai berikut :
Jangan gunakan bahan Kimia atau Alkohol. Saat mengelap jangan terpikir untuk menggunakan kedua bahan tersebut untuk membersihkan kaca film mobil karena hal tersebut bukan menjadikan kaca mobil bersih tapi justru sebaliknya, dapat merusak fungsi peredaman panas dan menimbulkan buram pada kaca mobil.
Gunakan kain lap yang halus dan bersih. Apabila terdapat kotoran, berpotensi membuat kaca menjadi baret dan tergores.
Mengelap kaca dengan searah, Hal ini sangat disarankan dan hindari mengelap kaca dengan memutar. Karena, mengelap kaca dengan memutar dapat menimbulkan goresan pada kaca apabila terdapat pasir yang menempel pada kaca.
Sewaktu hujan, Untuk menghindari jamur segeralah mengelap embun yang ada dalam kaca mobil bagian dalam.
Perhatikan kotoran pada sela-sela karet jendela, Kotoran ini sangat berpotensi membuat baret kaca film mobil bila tidak dibersihkan.
Bersihkan kaca 2 kali sehari. Untuk menghindari kotoran menempel terlalu lama.
Untuk perawatan kaca mobil yang lebih baik dan aman digunakand isarankan menggunakan kain pembersih kaca yang halus atau semaca kain lap khusus untuk membersihkan kaca mobil seperti kanebo. Serta perawatan rutin untuk membersihkan kaca mobil setiap hari sehingga menghindari kerusakan kaca mobil yang lebih parah diakibatkan karena busam, berembun dan berjamur.


Baca selengkapnya >>

21 Jan 2013

Keputihan

keputihan

Istilah “keputihan” merupakan istilah lazim digunakan oleh masyarakat untuk menyebut penyakit kandidiasis vagina yang terjadi pada daerah kewanitaan. Penyakit “keputihan” merupakan masalah kesehatan yang spesifik pada wanita. Sebuah survei telah dilakukan terhadap pengunjung wanita pada beberapa apotek di Yogyakarta selama satu bulan menunjukkan bahwa 60% pengunjung wanita tersebut sedang atau pernah menggunakan obat untuk mengatasi masalah kesehatan pada organ reproduksinya dan yang relatif sering adalah apa yang dikenal dengan “keputihan”. Sebanyak 50% pelajar putri sekolah menengah dan perguruan tinggi pernah mengalami keputihan ketika berusia kurang dari 25 tahun.

Bagaimana mengenali kandidasis vaginal?
“Keputihan” paling umum disebabkan oleh jamur Candida,spp, terutama Candida albicans yang menginfeksi secara superfisial atau terlokalisasi. Penyakit ini seringkali dalam istilah medis disebut candidiasis vaginal atau vulvovaginal candidiasis (VVC) atau vaginitis candida albinacans. “Keputihan” dapat disertai gejala atau tanpa ada gejala yang dirasakan, tetapi jika dilakukan pembiakan sekret vagina akan terlihat adanya jamur Candida, spp. Selain Candida albicans, penyebab lain adalah Candida glabrata yang kasusnya mempunyai kecenderungan meningkat.
Seringkali wanita merasa mampu mengenali sendiri bahwa sedang menderita keputihan tanpa merasa perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan secara lebih detail, namun langsung diobati sendiri dengan obat – obat keputihan yang dijual bebas. Pada kasus ini, tindakan tersebut cukup berisiko, karena apabila kurang tepat dalam pengenalan penyakitnya dapat menyebabkan kurang tepat pula obat yang dipilih, sehingga selain efektivitas terapi tidak tercapai juga akan berisiko pada munculnya resistensi sehingga jamur semakin kebal dengan obat.
Tindakan swamedikasi hanya direkomendasikan jika sebelumnya telah pernah didiagnosis keputihan oleh dokter dan kembali muncul gejala yang sama atau mengalami kekambuhan.

Baca selengkapnya >>

16 Jan 2013

Gagal Ginjal Kronis

Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis (bahasa Inggris: chronic kidney disease, CKD) adalah proses kerusakan pada ginjal dengan rentang waktu lebih dari 3 bulan. CKD dapat menimbulkan simtoma berupa laju filtrasi glomerular di bawah 60 mL/men/1.73 m2, atau di atas nilai tersebut namun disertai dengan kelainan sedimen urin. Adanya batu ginjal juga dapat menjadi indikasi CKD pada penderita kelainan bawaan seperti hiperoksaluria dan sistinuria.

Gejala-gejala dari fungsi ginjal memburuk yang tidak spesifik, dan mungkin termasuk perasaan kurang sehat dan mengalami nafsu makan berkurang. Seringkali, penyakit ginjal kronis didiagnosis sebagai hasil dari [skrining [(obat) | skrining]] dari orang yang dikenal berada di risiko masalah ginjal, seperti yang dengan [hipertensi [| tekanan darah tinggi]] atau diabetes dan mereka yang memiliki hubungan darah dengan penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis juga dapat diidentifikasi ketika itu mengarah ke salah satu komplikasi yang diakui, seperti penyakit kardiovaskuler, anemia atau perikarditis.

Penyakit ginjal kronis diidentifikasi oleh tes darah untuk kreatinin. Tingginya tingkat kreatinin menunjukkan jatuh laju filtrasi glomerulus dan sebagai akibat penurunan kemampuan ginjal mengekskresikan produk limbah. Kadar kreatinin mungkin normal pada tahap awal CKD, dan kondisi tersebut ditemukan jika urine (pengujian sampel urin) menunjukkan bahwa ginjal adalah memungkinkan hilangnya [protein []] atau sel darah merah s ke dalam urin. Untuk menyelidiki penyebab kerusakan ginjal, berbagai bentuk pencitraan medis, tes darah dan sering ginjal biopsi (menghapus sampel kecil jaringan ginjal) bekerja untuk mencari tahu apakah ada sebab reversibel untuk kerusakan ginjal [3]. pedoman profesional terbaru mengklasifikasikan tingkat keparahan penyakit ginjal kronis dalam lima tahap, dengan tahap 1 yang paling ringan dan biasanya menyebabkan sedikit gejala dan tahap 5 menjadi penyakit yang parah dengan harapan hidup yang buruk jika tidak diobati . ‘Stadium akhir penyakit ginjal (ESRD )’, Tahap 5 CKD juga disebutpenyakit ginjal kronis didirikan dan ini identik dengan istilah sekarang ketinggalan jamangagal ginjal kronis (CKF) atau kegagalan kronis ginjal (CRF).

Baca selengkapnya >>

15 Jan 2013

Kenal Pamit Pejabat di Campakamulya


Campakamulya(10/01), Sejalan bergantinya tahun dari tahun 2012 ke 2013, berganti pula beberapa pejabat yang berada di OPD Kecamatan Campakamulya. untuk itu Kecamatan Campakamulya mengadakan Acara Kenal Pamit yang dilaksanakan pada hari kamis, 10 januari 2013. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Desa Campakamulya dan dimulai pada pukul 09.00.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan dari berbagai OPD dan tokoh masyarakat yang berada di Kecamatan Campakamulya.

Adapun para pejabat yang beralih tugas adalah:
  1. Bapak Pujo Nugroho, A.P., M.Si, asal jabatan adalah Camat Campakamulya dan sekarang bertugas menjadi Kepala Arpusda di Lingkungan Setda Kabupaten Cianjur
  2. Bapak Djaenudin, Asal jabatan Kapospol Campakamulya menjadi Kanit Reskrim Polsek Sukaresmi
  3. H. Suharsono, S.Pd., asal jabatan Kapusbindik TK/SD Kecamatan Campakamulya beralih tugas di Kecamatan Sukaresmi.
  4. Yayan, S.H., asal jabatan Kasi Tapem Kantor Kecamatan Campakamulya beralih tugas ke Dinas Tarkim Kabupaten Cianjur.
  5. Drs. H. Sugeng Supriyatno, Asal Jabatan Sekmat Sukaresmi menjadi Camat Campakamulya.
  6. Supriatno, S.Pd., M.Si. menjadi Kapusbindik TK/SD Kecamatan Campakamulya
  7. Bapak Sutiana, menjadi Kapospol Campakamulya

Baca selengkapnya >>

9 Jan 2013

Ditjen PAUDNI Rangkul Pramuka Untuk Akselerasi Program

Ditjen PAUDNI Rangkul Pramuka
Untuk Akselerasi Program

JAKARTA. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (Ditjen PAUDNI) akan merangkul pramuka untuk menggenjot program. Pramuka akan dilatih dan diberdayakan untuk menjadi pendidik PAUD, kursus, serta pendidikan masyarakat. Jalinan kerja sama yang digagas ini akan diberi tajuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Widya Bakti.

Direktur Jenderal PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog menegaskan kerja sama tersebut dapat memberikan kesempatan kepada Penegak dan Pandega untuk memahami persoalan masyarakat di bidang PAUDNI. “Program ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat, khususnya generasi muda dalam penyelenggaraan program PAUDNI,” ucap Dirjen saat rapat bersama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Gedung Kwarnas, Kamis (3/1).

Reni Akbar-Hawadi, sapaan Dirjen PAUDNI menyebutkan, terdapat sejumlah program yang dapat disinergikan dengan Pramuka. Antara lain, Ditjen PAUDNI memiliki program pelatihan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjutan yang bisa diakses oleh pramuka untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman anggota Gerakan Pramuka di bidang PAUDNI. “Tahun lalu kami mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10,5 miliar untuk program itu,” sebutnya.

Menggodok MoU

Kepala Balai Pengembangan PAUDNI Regional II Surabaya, Pria Gunawan yang turut menggodok program Saka Widya Bakti menegaskan, pramuka dapat membantu mengatasi sejumlah tantangan di bidang PAUDNI. Antara lain,  Jumlah penyandang buta aksara di Indonesia sebanyak 6.73 juta, APK PAUD yang masih sebesar 56,7 persen yang masih perlu ditingkatkan. “Kami memerlukan tambahan tutor PAUD, pendidikan Keaksaraan dan kursus, terutama di daerah terluar, terpencil dan tertinggal. Pramuka dapat mengisi kebutuhan ini,” harapnya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. DR. Dr Azrul Azwar menegaskan siap bekerja sama dengan Ditjen PAUDNI. Ia pun berharap rencana kerja sama ini dapat menggandeng unit utama lain di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Saya harap agar segera dibentuk tim dan disiapkan draf MoU nya,” ucapnya.  (Yohan Rubiyantoro/HK)

sumber: http://www.paudni.kemdikbud.go.id/ditjen-paudni-rangkul-pramuka-untuk-akselerasi-program/
Baca selengkapnya >>

3 Jan 2013

Dongkrak APK PAUD, Kemdikbud Dorong Pemda Terbitkan Perda

Dongkrak APK PAUD,
Kemdikbud Dorong Pemda Terbitkan Perda

JAKARTA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendorong pemerintah daerah seluruh Indonesia menerbitkan peraturan daerah (Perda) mengenai pendidikan anak usia dini (PAUD). Saat ini baru dua provinsi yang sudah mengeluarkan Perda mengenai PAUD yaitu Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Jawa Timur.

Pernyataan Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kemdikbud, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog ini ditegaskan di hadapan para istri gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia dalam Workshop Sosialisasi Program PAUD Bersama Bunda PAUD se-Indonesia di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (17/12).

“Saya meminta semua pemerintah daerah, khususnya pemerintah provinsi supaya menerbitkan Perda PAUD yang di dalamnya mencakup ketentuan mengenai lembaga PAUD, kualitas tenaga pengajar dan anggaran untuk gaji, honor atau insentif daerah. Tanpa adanya Perda, APK (Angka Partisipasi Kasar) sasaran PAUD tidak mungkin tercapai,” tegas Dirjen PAUDNI yang akrab dipanggil Reni Akbar-Hawadi ini.

Reni berharap Perda ini akan mampu mendongkrak APK PAUD yang hingga saat ini baru mencapai 34,54 persen untuk usia anak 0-3 tahun dan 55,90 persen untuk usia 3-6 tahun. Sedangkan target pemerintah terdapat 75 persen anak yang terlayani PAUD pada 2015 mendatang.

Menurut Guru Besar Universitas Indonesia ini, pemerintah menargetkan sedikitnya ada 30.113.300 anak usia PAUD yang dapat terlayani pendidikan anak usia dini. Saat ini anak yang sudah terlayani baru mencapai 10.401.708 anak. “Jadi, masih ada 19.711.592 anak lagi yang belum terlayani PAUD. Karenanya, dengan banyaknya pemda menerbitkan Perda PAUD target nasional dapat tercapai,” tegasnya.

Reni mengatakan, data Ditjen PAUD menunjukkan angka partisipasi kasar (APK) nasional PAUD usia 0 – 6 tahun baru sebesar 34,54 persen, sedangkan APK usia 3-6 tahun 55,5 persen. Sehingga peningkatan APK terberat berada di usia 0-2 tahun.

“Ini disebabkan masih kurangnya lembaga layanan PAUD, khususnya di daerah pedesaan. Dari 77.013 desa dan kelurahan di Indonesia, masih terdapat 30.124 desa yang belum memiliki lembaga PAUD,” katanya.

Anggaran Minim

Dalam kesempatan itu, Reni juga menegaskan, anggaran untuk Ditjen PAUDNI 2013 mengalami penurunan. Untuk program PAUDNI saja, Ditjen PAUDNI hanya mendapat anggaran  Rp2,4 triliun yang disetujui DPR-RI. Padahal, untuk mencapai target PAUD saja, dibutuhkan dana sebesar Rp17Triliun.

Dari jumlah anggaran yang didapat PAUDNI saat ini, ujar Reni, sebesar Rp62 miliar didekonsentrasi ke daerah.

“Awalnya, dana dekonsentrasi PAUD dari pusat ke daerah diusulkan sebesar Rp1,5 triliun dari total alokasi anggaran Dirjen PAUD sebesar Rp2,4 triliun. Namun karena dikhawatirkan lemah dalam hal pengawasan, DPR tidak menyetujuinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Reni, dengan terbatasnya anggaran pusat untuk PAUD, Dirjen PAUD mengharapkan peran serta daerah melalui APBD masing-masing, serta mendorong lahirnya Peraturan Daerah (Perda) PAUD agar bantuan bagi lembaga PAUD dapat dipertanggungjawabkan.

Bunda PAUD

Sementara itu, kegiatan workshop yang diselenggarakan Ditjen PAUDNI pada 17-18 Desember ini merupakan bagian dari strategi perluasan akses PAUD.

Pada kegiatan ini para Bunda PAUD akan diberikan penguatan terhadap keberadaan lembaga PAUD di daerah. Bunda PAUD juga dimotivasi untuk mendorong Pemerintah daerah agar dapat memberikan kontribusi dengan mengalokasikan anggaran dan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, para Bunda PAUD juga akan menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan demi memajukan program PAUD di wilayahnya.

Kegiatan ini mengundang 33 Bunda PAUD Provins dan 497 Bunda PAUD kota/kabupaten, baik yang sudah dikukuhkan ataupun baru dikukuhkan pada kegiatan ini. Ada 6 Bunda PAUD provinsi dan 65 Bunda Paud Kota/Kabupaten yang dikukuhkan kemarin.

“Kami menargetkan seluruh Bunda PAUD provinsi, kota dan kabupaten dapat dikukuhkan seluruhnya tahun ini. Tahun depan, diharapkan seluruh Bunda PAUD pada tingkat kecamatan dan desa/kelurahan se-Indonesia dapat dikukuhkan seluruhnya,” ujar Reni. (Mulia/Dina/HK)

Baca selengkapnya >>