18 Agt 2012

Selamat Idul Fitri

Taqoballaahu Mina Wa Minkum Minal Aidzin Wal Faidizin

Baca selengkapnya >>

17 Agt 2012

DIRGAHAYU NEGERI KU

Dirgahayu Negeri Ku

Baca selengkapnya >>

16 Agt 2012

Ujian Ulang Bagi Peserta PLPG Periode/Gelombang 4, 5, 6, 7, 8 Rayon 134/UNPAS

Ujian Ulang PLPG

Sebagai informasi kepada temen-temen yang menginginkan informasi tentang ujian ulang PLPG rayon Unpas, admin menyediakan informasi ini walaupun rada telat sih... tapi ga apa apa dari pada tidak kan...he.. he...

Untuk Gelombang 1 - 3 Peserta ujian ulang mencapai 322 orang, dan dari Kecamatan Campakamulya 2 orang. Untuk periode 4 - 8, peserta ujian mencapai 107 orang, dan dari Kecamatan Campakamulya sebanyak 1 orang.

Selamat kepada para peserta yang udah lulus, maju terus pantang mundur pada peserta yang harus ngulang, jangan sedih dan bimbang itu mah cuma perjuangan yang belum selesai aja.. oke.....!!!

Nah.. di bawah ini informasi yang diambil admin dari http://sergur134.unpas.ac.id/

1. Ujian Ulang akan diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2012.

2. Jenis Ujian ulang terdiri dari:

     a. Ujian ulang Esai (SUTL)                  

     b. Ujian Ulang Piliahan Ganda & Esai (SUTN & SUTL)

     c. Ujian ulang Pilihan Ganda (SUTN)    

     d. Ujian Ulang Pilihan Ganda, Esai, & Peer Teaching (SUTN, SUTL, & PRAKTIK)

3. Bagi peserta yang terpanggil untuk mengikuti ujian ulang, sebelum mengikuti ujian ulang dianjurkan untukmengingat dan Mempelajari kembali soal-soal yang dianggap sulit pada saat Uji kompetensi akhir PLPG, serta embaca dan mempelajari Modul PLPG yang sudah diperoleh pada saat PLPG.

4. Ketentuan peserta ujian ulang disampaikan melalui DIKBUD/Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

Dalam rangka menghindari penipuan terhadap peserta Sertifikasi Guru, Rayon 134/Unpas menghimbau kepada peserta Sertifikasi Guru untuk tidak percaya kepada oknum baik yang mengaku sebagai Assessor/Instruktur, Panitia atau siapapun yang mengatasnamakan Rayon 134 yang menawarkan atau bahkan menjanjikan KELULUSAN dengan keharusan memberikan imbalan baik berupa uang atau dalam bentuk apapun. Kelulusan peserta Sertifikasi Guru tergantung kepada kemampuan, usaha dan kerja keras Bapak/Ibu.


Untuk mendapatkan peserta ujian ulang periode atau gelombang 4 - 8 silahkan klik tautan di bawah ini (yang berwarna merah):

Apabila membutuhkan juga bagi peserta periode atau gelombang 1 -3 silahkan klik tautan di bawah ini (yang berwarna biru)

Baca selengkapnya >>

14 Agt 2012

Angka Kecukupan Gizi

angka kecukupan gizi

AKG itu Angka Kecukupan Gizi, jumlah gizi yang kita butuhkan dalam sehari. Kecukupan gizi tiap orang bisa beda-beda, makanya di tabel informasi nilai gizi itu ada tulisannya di bawahnya, "persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah."

Biasanya di tabel itu disebutin gizi-gizi yang terkandung, terus banyaknya, terus persentase AKG-nya. Misalnya kebutuhan kalsium sehari itu 700mg. Kalo kalsium yang terkandung di makanan atau minuman itu cuma 21mg, berarti baru 3% AKG. Angka kecukupan gizi pria dan wanita dewasa sampai usia lanjut berkisar antara 1600-2550 kkal.

Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan (AKG) adalah tingkat konsumsi zat-zat gizi esensial yang dinlai cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi hampir semua orang sehat di suatu negara. AKG untuk Indonesia didasarkan atas patokan berat badan untuk masing-masing kelompok menurut umur, gender, dan aktivitas fisik yang ditetapkan secara berkala melalui survei penduduk. Di samping itu, AKG disusun pula untuk kondisi khusus, yaitu bagi ibu hamil dan menyusui. AKG digunakan sebagai standar untuk mencapai status gizi optimal bagi penduduk dalam hal penyediaan pangan secara nasional dan regional serta penilaian kecukupan gizi penduduk golongan masyarakat tertentu yang diperoleh dari konsumsi makanannya.

AKG berbeda dengan Angka Kebutuhan Gizi (Dietary Requirements). Angka kebutuhan gizi adalah banyaknya zat-zat gizi yang dibutuhkan seseorang (individu) untuk mencapai dan mempertahankanstatus gizi adekuat, sedangkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah kecukupan gizi untuk rata-rata penduduk.

Selain kebutuhan gizi menurut umur, gender, aktivitas fisik, dan kondisi khusus, dalam keadaan sakit, penetapan kebutuhan gizi haru memperhatikan perubahan kebutuhan karena infeksi, gangguan metabolik, penyakit kronik, dan kondisi abnormal lainnya. Dalam hal ini perlu dilakukan perhitungan kebutuhan gizi secara khusus dan penerapannya dlam bentuk modifikasi diet atau diet khusus.


Baca selengkapnya >>

13 Agt 2012

Menjadi Diri Sendiri

menjadi diri sendiri

Bermodal keberanian “Menjadi Diri Sendiri”, Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan menjadi wanita selebritis terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan lebih dari US $ 1 Milyar. Copy acara “The Oprah Winfrey Show” telah diputar di hampir seluruh penjuru bumi ini.

Lahir di Mississisipi dari pasangan Afro-Amerika dengan nama Oprah Gail Winfrey. Ayahnya mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur, sedang ibunya seorang pembantu rumah tangga. Karena keduanya berpisah maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di lingkungan yang kumuh dan sangat miskin. Luar biasanya, di usia 3 tahun Oprah telah dapat membaca Injil dengan keras.

“Membaca adalah gerai untuk mengenal dunia” katanya dalam suatu wawancaranya.

Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 13 tahun Oprah harus menerima kenyataan hamil dan melahirkan, namun bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan.

Setelah kejadian itu, Oprah lari ke rumah ayahnya di Nashville. Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Dia diwajibkan membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Prestasinya sebagai siswi teladan di SMA membawanya terpilih menjadi wakil siswi yang diundang ke Gedung Putih. Beasiswa pun di dapat saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Oprah pernah memenangkan kontes kecantikan, dan saat itulah pertama kali dia menjadi sorotan publik..

Karirnya dimulai sebagai penyiar radio lokal saat di bangku SMA. Karir di dunia TV di bangun diusia 19 tahun. Dia menjadi wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV lokal tersebut. Oprah memulai debut talkshow TVnya dalam acara People Are Talking. Dan keputusannya untuk pindah ke Chicago lah yang akhirnya membawa Oprah ke puncak karirnya. The Oprah Winfrey Show menjadi acara talkshow dengan rating tertinggi berskala nasional yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian di Amerika. Sungguh luar biasa!

Latar belakang kehidupannya yang miskin, rawan kejahatan dan diskriminatif mengusik hatinya untuk berupaya membantu sesama. Tayangan acaranya di telivisi selalu sarat dengan nilai kemanusiaan, moralitas dan pendidikan. Oprah sadar, bila dia bisa mengajak seluruh pemirsa telivisi, maka bersama, akan mudah mewujudkan segala impiannya demi membantu mereka yang tertindas.

Oprah juga dikenal dengan kedermawanannya. Berbagai yayasan telah disantuni, antara lain, rumah sakit dan lembaga riset penderita AIDs, berbagai sekolah, penderita ketergantungan, penderita cacat dan banyak lagi.

Dan yang terakhir, pada 2 januari 2007 lalu, Oprah menghadiri peresmian sekolah khusus anak-anak perempuan di kota Henley-on-Klip, di luar Johannesburg, Afrika selatan, yang didirikannya bersama dengan pemirsa acara televisinya. Oprah menyisihkan 20 juta poundsterling ( 1 pounds kira2 Rp. 17.000,- )atau 340 milyiar rupiah dari kekayaannya. “Dengan memberi pendidikan yang baik bagi anak2 perempuan ini, kita akan memulai mengubah bangsa ini” ujarnya berharap.

Kisah Oprah Winfrey ialah kisah seorang anak manusia yang tidak mau meratapi nasib. Dia berjuang keras untuk keberhasilan hidupnya, dan dia berhasil. Dia punya mental baja dan mampu mengubah nasib, dari kehidupan nestapa menjadi manusia sukses yang punya karakter. Semangat perjuangannya pantas kita teladani!

Baca selengkapnya >>

12 Agt 2012

RPP Tematik Kelas 2 SD: Saling Menghormati | Pertemuan 1, 2 , 3 dan 4

saling menghormati

TEMA               : SALING MENGHORMATI
KELAS /SEMESTER    : 2 (dua)/1 (satu)
WAKTU       : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)


I.   KOMPETENSI DASAR
  • Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (PKn).
  • Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (IPS).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
  • Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
  • Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
  • Melakukan alat ukur waktu dengan satuan jam (MAT).
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar (IPA).
  • Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD & KETRMPL).
  • Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
  • Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


II.   INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya  saling menghormati (PKn).
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Menyebutkan pentingnya  saling menghormati (IPS).
§ Menceritakan cara menghormati dalam keluarga.
§ Menjelaskan pentingnya saling menghormati di tempat umum.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain (BI).
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
§ Menanyakan atau menanggapi cerita teman sekelas.
§ Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
§ Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§ Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§ Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
§ Menggunakan alat ukur dengan satuan jam dan menit (MAT).
§ Mengurutkan bilangan. 
§ Membaca waktu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan. (IPA)
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar atau secara lisan.
§ Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (SE-BUD)
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Menggambar dan mewarnai objek menarik.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nasihat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang ”Nasihat”
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Saling Menghormati).




2.   Kegiatan Inti 
  1. Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 73 dan bertanya jawab tentang makna gambar (diskusi kelas dipimpin oleh guru). 
  2. Dilanjutkan bertanya jawab tentang sikap saling menghormati di keluarga, masing-masing siswa dan juga di sekolah masing-masing, di kelasnya dan lingkungan sekitar. (BI, PKn, IPA, IPS, Mat).
  3. Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 74 dan 75 tentang topik “Saling Menghormati di Keluarga”. Siswa secara bergantian ditugaskan membaca dengan suara nyaring dan intonasi yang benar, yang lain menyimak teks yang sedang dibaca.
  4. Siswa dikelompokkan dengan anggota 2 anak, dan ditugaskan untuk berdiskusi, bagaimana kehidupan mereka di keluarga. Apakah seperti yang ada dalam bacaan, (masing-masing siswa menceritakan pengalaman di rumahnya sendiri bergantian) (BI, PKn, IPA, IPS, Mat).
  5. Diskusi dilanjutkan dengan membahas mengapa kita harus saling menghormati antar sesama anggota keluarga (siswa menemukan sendiri dikaitkan dengan kehidupan siswa di keluarganya) (BI, PKn, IPA, IPS, Mat) Bagian “Cakrawala” semua siswa diberi penjelasan apa yang dimaksud dengan menghormati dan bagaimana caranya melakukannya. (Dilanjutkan dengan peragaan bagaimana menghormati orang yang lebih tua) (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
  6. Bagian “Ajang Pendapat” semua siswa diminta mengamati gambar di hal 77 tentang sikap dan perilaku menghormati.
  7. Siswa dikelompokkan dengan teknik mencari pasangan (Cooperative Learning). Dan ditugaskan mendiskusikan gambar-gambar tersebut. Dan apa yang terjadi jika tidak saling menghormati antar sesama (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
  8. Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 78 tentang topik Saling Menghormati di sekolah. Menugaskan siswa membaca teks/bacaan secara bergantian.
  9. Bertanya jawab isi teks secara klasikal dan dikaitkan dengan suasana di kelasnya sendiri. Apakah kalau ada siswa yang tidak masuk akan melakukan hal yang sama dengan cerita dalam teks tersebut. Semua siswa ditugaskan untuk membuat karangan pendek tentang sikap jika tidak masuk sekolah (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
  10. Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 92) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup
  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.



IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Gambar-gambar tentang sikap saling menghormati di keluarga, di sekolah dan di masyarakat.
  • Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  • Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).



V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik 



Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2


Baca selengkapnya >>

5 Agt 2012

RPP PKn Kelas VII Paket B Sem 1: Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


Norma yang ada dalam masyarakat
Nama PKBM                 : Cibanggala
Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                 : VII / satu
Standar Kompetensi       : 1. Menunjukkan sikap positif
                                                         terhadap norma-norma  yang
                                                         berlaku dalam kehidupan          
                                                         bermasyarakat,  berbangsa dan
                                                         bernegara
Baca selengkapnya >>

4 Agt 2012

Apa itu sakit Maag???

Apa itu Sakit Maag???

Sakit Maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang kedokter mencari pertolongan medis. Sakit Maag yang membawa pasien datang kedokter kadang kala memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit Maag. Jika diteliti dari arti katanya sendiri Maag sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya Lambung, maka orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit Maag. Secara medis istilah yang sering digunakan untuk sakit Maag ini adalah Dispepsia. Secara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Pasien dengan Dispepsia atau Sakit Maag ini juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual bahkan sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti kembung cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang, sering sendawa. Survey yang dilakukan pada masyarakat Jakarta tahun lalu yang melibatkan 1645 responden mendapatkan bahwa pasien dengan masalah sakit maag ini mencapai angka 60 %. Artinya masalah sakit maag ini memang ada di masyarakat dan tentunya harus menjadi perhatian kita semua.

Sindroma Dispepsia
Kumpulan gejala nyeri atau rasa tidak   nyaman di ulu hati, mual, muntah, rasa cepat kenyang, rasa penuh di lambung, kembung, atau sendawa.

Ditemukan pada:
- Gastritis (radang lambung)
- Tukak Peptik

 Gastritis ( radang lambung )
peradangan pada mukosa lambung.
Ada 2 macam gastritis :
Akut
Kronis
Gangguan keseimbangan asam lambung merupakan dasar penting terjadinya gastritis. Gastritis dapat timbul tanpa diketahui penyebabnya.

Faktor pencetus :
Makanan yang merangsang lambung
Merokok
Minum alkohol
Kondisi stress
Konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama
Makan tidak teratur
Pengobatan:
Menetralkan asam lambung di dalam lambung
Mengurangi produksi asam lambung
Memperkuat pertahanan mukosa lambung
Tukak Peptik
Kerusakan/hilangnya jaringan mukosa, submukosa sampai lapisan otot
Meliputi :
Tukak Lambung : Tukak pada lambung
->Asam lambung normal / Asam lambung rendah
Tukak 12 Jari : Tukak pada usus 12 jari
->Asam lambung tinggi
Gejala :
Rasa nyeri yang tajam, perih, ~ terbakar di ulu hati
-> dapat ditunjuk dengan 1 jari
Sebab : rangsangan asam lambung
Muntah darah (hematemesis)
Buang air berdarah (melena)
Perjalanan penyakit tukak peptik

Pada orang sehat terdapat suatu keseimbangan atara 2 faktor :
- Faktor perusak (agresif)
- Faktor pertahanan ( defensif )
Faktor perusak :
Dapat merupakan faktor dari dalam dan dari luar lambung
Faktor pertahanan :
Terdiri dari lapisan mukosa lambung dan zat kimia dalam lambung.
Bila terjadi gangguan keseimbangan antara faktor perusak dan pertahanan, maka akan terjadi gangguan pada selaput lendir lambung dan usus 12 jari.

Keadaan tidak seimbang dapat berupa :
Jumlah asam lebih banyak, sedangkan pertahanan mukosa dalam keadaan normal
Jumlah asam normal, tetapi pertahanan mukosa menurun
Kombinasi antara peningkatan jumlah asam dengan penurunan pertahanan mukosa
Pembagian sakit maag

Secara garis besar sakit maag ini dibagi 2 :
penyakit maag yang organik
penyakit maag fungsional
Pembagian ini dilakukan tentunya setelah melalui pemeriksaan terutama pemeriksaan endoskopi atau teropong saluran cerna dalam hal ini tentunya teropong saluran cerna atas. Dispespsia fungsional ditetapkan jika dengan pemeriksaan baik secara endoskopi, pemeriksaan ultrasonografi dan pemeriksaan laboratorium tidak ditemukan penyebab lain dari sakit maag tersebut.

Definisi Dispepsia atau sakit maag fungsional mutakhir yang dipublikasi tahun lalu oleh pakar dunia dibidang penyakit lambung menyatakan orang yang mempunyai masalah dengan maagnya berupa nyeri atau rasa panas di daerah ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang yang telah berlangsung minimal selama 3 bulan dalam rentang waktu selama 6 bulan. Dari definisi ini jelas bahwa tentunya orang mempunyai sakit maag yang fungsional jika merasakan keluhan pada lambung sudah berlangsung lama.

Dispepsia fungsional ini memang sangat berhubungan erat dengan fator psikis. Berbagai penelitian memang telah membuktikan hubungan antara faktor fungsional dengan faktor stress yang dialami seseorang terutama faktor kecemasan (ansietas). Penelitian yang kami lakukan dan penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional ini lebih besar dari sakit maag yang organik yaitu mencapai 70-80 % kasus sakit maag. Tetapi tentunya, adanya kekerapan yang lebih besar dari sakit maag karena fungsional bukan kita selalu beranggapan kalau kita mempunyai masalah dengan maag kita selalu berhubungan dengan masalah stress. Karena tetap harus dipikirkan kemungkinan penyebab organik pada sakit maag tersebut.

Penyakit maag organic ditetapkan jika dalam pemeriksaan endoskopi ditemukan kelainan – kelainan pada organ lambungnya sendiri. Berbagai penyakit saluran cerna atas yang dapat ditemukan pada saat dilakukan pemeriksaan endoskopi atas adalah luka pada kerongkongan, tukak pada lambung dan atau usus dua belas jari. Selain itu adanya polip atau tumor ganas pada pemeriksaan endoskopi pasien dengan keluhan sakit maag tersebut juga merupakan sakit maag yang organik. Walaupun secara statistik adanya tumor pada saluran cerna bagian atas kemungkinannya kurang dari 1 %, kita harus tetap mewaspadai adanya kemungkinan kanker lambung pada pasien dengan keluhan sakit maag tersebut.

Beberapa penyakit lain yang juga berhubungan dengan saluran pencernaan kita yang dikatagorikan sakit maag, antara lain : Gastrooesophageal reflux disease (GORD).Gastroparesis dan Gastroparesis diabeticorum.

GastroparesisGastroparesis di definisikan sebagai ketidakmampuan lambung untuk mengosongkan ruangan. Hal ini terjadi dimana makanan yang berbentuk benda padat tetap tertahan di perut/lambung. Banyak yang dapat menyebabkan gastroparesis, termasuk diantaranya penyakit yang tidak diketahui sebabnya, tapi penyebab yang paling umum adalah diabetes mellitus. Pada beberapa pasien dengan gastropareis, hanya cairan dan partikel berukuran lebih kecil dari 2mm yang bisa disalurkan atau dikeluarkan dari lambung, ini merupakan salah satu perkembangan penting untuk pengembangan obat bagi penyakit ini.Gastroparesis diabeticorumPergerakan lambung yang tidak normal terjadi pada 60% pasien pengidap diabetes mellitus. Proses kosongnya lambung, dikontrol melalui saraf vagus. Pada pasien pengidap penyakit ini, pergerakan yang abnormal tersebut sangat nyata terlihat. Pylorospasm (tertahannya aliran pada lubang antara usus dan lambung) mungkin dapat terjadi dan mengakibatkan tertahannya pergerakan alur keluar dari lambung. Pengosongan cairan perut mungkin saja normal, tetapi pengosongan benda keras atau solid seringkali terlambat.Disamping gejala tidak lancarnya aliran darah seperti rasa sakit yang ditimbulkan pada bagian atas perut, mual, perut terasa penuh, muntah-muntah setelah makan dan merasa cepat kenyang karena mual, konsentrasi perputaran glukosa dalam darah dapat terganggu dan saat tekanan gula darah meninggi dan mengganggu pengosongan perut, ada kemungkinan hal ini mempercepat menumpukan keton dalam darah sehingga zat asam dalam darah meninggi dan menyebabkan diabetes.Penyebab terjadinya gangguan motorik lubang yang berada pada usus dan lambung tersebut (pathophysiology) masih belum ditemukan. Tingginya gula dalam darah (hyperglycaemia) dapat menyebabkan tertundanya pengosongan lambung. Gerakan terkonsentrasi plasma pernah dilaporkan pada pasien gastroparesis. Akan tetapi, ini mungkin proses tambahan, karena pengobatan dengan prokinetik dapat menyebabkan turunnya konsentrasi gerakan plasma.Methods untuk mengkonfirmasi diagnosa keluar dari luka struktural seperti bisul atau penyempitan organ tersebut, para dokter biasanya menggunakan oesophago-gastroduodenoscopy (sejenis endoskopi untuk mengecek bagian pencernaan manusia), dilanjutkan dengan teknik untuk membantu pengosongan lambung. Sebagai tambahan, electrogastrography (EGG) mungkin digunakan untuk mematikan perubahan aktivitas gerakan motor lambung seperti tachygastria, yang biasa timbul pada penderita diabetes yang disebabkan oleh tidak mampunya lambung untuk mengosongkan ruangan (gastroparesis).Tes yang digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosa dan membantu terapi penyembuhan penyakit ini termasuk diantaranya radiolabelled scintigraphy, 13C-acetate dan octanoate breath tes.Pengobatan gastroparesisPengobatan baik untuk diabetes dan idiopathic gastroparesis (luka lambung yang disebabkan gastroparesis), kontrol glycaemic sangat penting sama pentingnya dengan menurunkan konsentrasi gula darah yang mungkin dapat mempercepat pengosongan lambung.Agents Prokinetic adalah obat yang biasa digunakan untuk meningkatkan aktivitas gerakan lambung. Obat yang mengandung Metoclopramide (10 mg 30 menit sebelum makan dan saat hendak tidur) dan domperidone (10-20 mg empat kali sehari) mampu meningkatkan gerakan lambung dan mempercepat pengosongan lambung. Hal ini mungkin terjadi jika dikombinasikan dengan relaksasi pyloric dan gerakan peristaltik usus halus. Akan tetapi manfaat obat-obat ini biasanya hilang dalam waktu 6 minggu, walaupun pada beberapa pasien.Masih banyak obat-obat jenis lain yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ini, antara lain obat yang mengandung Cisapride, antibiotic erythromycin, dan lain-lain sering digunakan untuk mengobati pasien diabetic gastroparesis. Para peneliti juga menemukan obat jenis baru yaitu obat yang mengandung Tegaserod, untuk mengobati penyakit ini. Akan tetapi obat tersebut masih belum beredar dan masih dalam tahap uji coba.Sayangnya semua terapi medis untuk gastroparesis tidak memperlihatkan efek yang cukup baik dalam jangka panjang. Akan tetapi pengobatan jangka panjang telah di coba untuk memperbaki aktivitas myoelectric pada lambung. Saat ini, penggunaan stimulasi listrik untuk lambung juga diujicobakan untuk mengobati penyakit ini.Uji coba tersebut diharapkan mampu meningkatkan aktivitas motorik pada perut manusia. Hal ini pernah dilaporkan pada sebuah ujicoba tahun 1985,'Waterfall et al'. Pada uji coba tersebut diperlihatkan kemungkinan untuk melatih dan membangun otot halus pada lambung dalam tubuh manusia. Ini bisa terjadi jika menggunakan energi yang cukup. Sementara itu Familoni et al, digunakan untuk meningkkan pengosongan lambung paling tidak sampai 1 tahun pada wanita pengidap diabetic gastroparesis dengan menggunakan alat stimulasi lambung listrik.Kesimpulannya, banyak tes dalam penelitian fungsi dari sistem pencernaan tetap harus melihat aspek lain dalam sistem pencernaan tersebut, terutama sistem 'delivery'nya. Intragastric dan oesophageal pH-metry, serta analisa cairan lambung juga dilakukan untuk membantu terapi penyakit yang berhubungan dengan meningkatnya produksi asam lambung sehingga naik ke atas atau gastrooesophageal reflux disease. Penelitian tambahan pada penyakit yang berhubungan dengan pengosongan lambung, mungkin berguna tidak hanya dalam pengembangan obat-obatan untuk mengobati gastroparesis, tetapi juga dokumen pengaruh kekuatan lambung pada obat-obatan.


Baca selengkapnya >>

3 Agt 2012

SAMBUTAN KUNCI WAKIL MENTERI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PADA SEMINAR INTERNASIONAL PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT


SAMBUTAN KUNCI WAKIL
MENTERI KEMENTERIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN PADA SEMINAR
INTERNASIONAL PUSAT KEGIATAN
BELAJAR MASYARAKAT
Perkembangan dan pertumbuhan PKBM di lapisan masyarakat dewasa ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari maraknya ijin yang diajukan kepada Dinas Pendidikan melalui Bagian Pelaksana Pendidikan Luar Sekolah untuk mendirikan dan mengembangkan satuan pendidikan nonformal sejenis PKBM dengan karakteristik yang berbeda-beda pada tiap PKBM yang akan didirikan tersebut.

Dalam mewujudkan harapan dan inisiatif masyarakat terhadap layanan pendidikan yang dapat dirasakan oleh semua lapisan, pada tahun 1998, masyarakat banyak mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai respon terhadap krisis ekonomi dan kebutuhan akan layanan pendidikan yang mampu menjamin kepastian perolehan layanan pendidikan bagi pemuda dan orang dewasa. Pelaksanaan pendidikan orang dewasa mampu meningkatkan ketersediaan, memperluas keterjangkauan, mewujudkan kesetaraan dan meningkatkan mutu pendidikan Indonesia dalam pelaksanaan hak-hak azasi manusia.

Pada masa 2000an, PKBM cukup berperan dalam memperluas akses wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun melalui Pendidikan Kesetaraan Paket A dan Paket B, termasuk perluasan akses pendidikan menengah melalui Pendidikan Kesetaraan Paket C. Pada tahun 2006, Kelompok Belajar dan PKBM giat berperan dalam pendidikan keaksaraan orang dewasa untuk mencapai tujuan Pendidikan Untuk Semua (PUS). Kini, pendidikan orang dewasa perlu dilaksanakan secara efektif dan efisien dan relevan dengan mempertimbangkan azas keadilan, kesetaraan yang non diskriminatif sehingga terlaksana pendidikan sepanjang hayat yang memperkokoh pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk mampu menghadapi tantangan kemiskinan, kebodohan dan lingkungan (perubahan iklim) dimasa datang demi terwujudnya Indonesia yang berharkat dan bermartabat.

Para Peserta dan  Hadirin Yang Kami Muliakan,
Saat ini di Indonesia hampir sebagian besar penyelenggara PKBM  menawarkan beragam layanan pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan kesetaraan, pendidikan keaksaraan, hingga pendidikan perempuan dan kecakapan hidup. Semua layanan tersebut terbentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat di bawah jejaring kemitraan dengan berbagai pihak terkait. Masyarakat berinvestasi dan tidak jarang merelakan sebagian asetnya berupa lahan, tenaga, pikiran, dan anggaran untuk membangun dan menyelenggarakan pendidikan nonformal di PKBM.

Walau demikian, ada juga PKBM yang lebih memfokuskan pada layanan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhan setempat, misalnya kecakapan hidup, seni budaya lokal, kesetaraan atau program lepasan lain bergantung kebutuhan. Dikarenakan hal ini, standar, potensi, dan kompetensi tutor PKBM menjadi beragam dan tidak setara antara satu dengan yang lainnya. Program dan layanan yang ditawarkan juga berbasis konteks dan kebutuhan masyarakat setempat sehingga terkadang ada PKBM yang apabila programnya telah terpenuhi dalam kurun waktu tertentu, PKBM tersebut beralih fungsi. Oleh karena itu diperlukan pendataan untuk mengukur keragaman potensi, mengumpulkan informasi, dan melihat sebaran PKBM.
Peran PKBM berkontribusi cukup signifikan terhadap perluasan akses wajib belajar melalui pendidikan nonformal (kesetaraan), saat ini perannya harus berubah karena wajib belajar sembilan tahun relatif telah dicapai. Untuk itu PKBM di Indonesia perlu direvitalisasi melalui berbagai upaya peningkatan mutu dan peningkatan kebertahanan atau keberlangsungan (sustainability). PKBM perlu meningkatkan kemandirian dan kebertahanannya agar mampu melakukan analisis kebutuhan dan potensi yang berkembang di masyarakat serta mampu menggerakan sumber daya/dana yang terdapat di sekitarnya. Keberhasilan PKBM terletak pada  kemampuan PKBM dalam memberikan dampak kolektif pada kumpulan individu, keluarga, ketetanggaan, dan masyarakat sekitar PKBM. 

Dampak ini dapat berupa penyadaran dan komitmen pengentasan ketunaaksaraan dan pengentasan kemiskinan. Keberhasilan PKBM juga harus ditunjukkan dari tumbuhnya komunitas-komunitas kecil yang sadar dan berbuat dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga dan peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat.

Bagi kami penyelenggara pendidikan non formal di Indonesia, Revitalisasi PKBM sangat penting untuk dilakukan saat ini. PKBM memiliki peran penting dalam perluasan akses pendidikan pada komunitas masyarakat terpencil dan marjinal sehingga masyarakat di kawasan tersebut tidak mengalami ketertinggalan dari daerah lainnya. Perluasan akses pendidikan tidak melulu pada jalur pendidikan formal, namun dapat juga diberikan melalui jalur pendidikan nonformal dan informal. Berbagai program yang sifatnya sudah given ditawarkan setiap tahun oleh PKBM baik bidang pendidikan masyarakat melalui pendidikan keaksaraan dengan ragam bentuk kegiatannya, pendidikan anak usia dini, pendidikan kesetaraan, serta kursus dan pelatihan

Para Hadirin Yang Kami Muliakan, 
Di Indonesia, keberadaan PKBM memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai koordinasi program-program pembelajaran di masyarakat. Tersedianya pengelola/penyelenggara, tenaga pengajar/tutor yang berkualitas, merupakan daya pikat tersendiri bagi masyarakat untuk datang ke PKBM. Tujuan PKBM adalah memberdayakan masyarakat untuk kemandirian, melalui program-program yang dilaksanakan di PKBM, agar dapat membentuk manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sedangkan fungsi PKBM sendiri adalah :
  1. Sebagai wadah pembelajaran artinya tempat warga masyarakat dapat menimba ilmu dan memperoleh berbagai jenis keterampilan dan pengetahuan fungsional yang dapat didayagunakan secara cepat dan tepat dalam upaya perbaikan kualitas hidup dan kehidupannya.
  2. Sebagai tempat pusaran semua potensi masyarakat artinya PKBM sebagai tempat pertukaran berbagai potensi yang ada dan berkembang di masyarakat, sehingga menjadi suatu sinergi yang dinamis dalam upaya pemberdayaan masyarakat itu sendiri.
  3. Sebagai pusat dan sumber informasi artinya wahana masyarakat menanyakan berbagai informasi tentang berbagai jenis kegiatan pembelajaran dan keterampilan fungsional yang dibutuhkan masyarakat.
  4. Sebagai ajang tukar-menukar keterampilan dan pengalaman artinya tempat berbagai jenis keterampilan dan pengalaman yang dimiliki oleh masyarakat yang bersangkutan dengan prinsip saling belajar dan membelajarkan melalui diskusi mengenai permasalahan yang dihadapi.
  5. Sebagai sentra pertemuan antara pengelola dan sumber belajar artinya tempat diadakannya berbagai pertemuan para pengelola dan sumber belajar (tutor) baik secara intern maupun dengan PKBM di sekitarnya untuk membahas berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan PKBM dan pembelajaran masyarakat.
  6. Sebagai lokasi belajar yang tak pernah kering artinya tempat yang secara terus-menerus digunakan untuk kegiatan belajar bagi masyarakat dalam berbagai bentuk.

Yang Kami Muliakan Bapak dan Ibu Sekalian,
Kami menyambut baik pelaksanaan seminar internasional PKBM yang dihadiri oleh beberapa negara dunia  yang juga menyelanggarakan program Community Learning Center (CLC) atau PKBM secara baik. Lewat seminar berskalla internasional ini diharapkan dapat memelihara dialog dan konsultasi berkelanjutan serta bersifat membangun terkait tema Kesetaraan dan Keunggulan PKBM: Peningkatan Mutu, Jejaring, Kepemilikan dan Keluaran. 

Seminar internasional PKBM yang diselenggarakan selama empat hari ini diharapkan dapat memberikan para peserta perspektif internasional mengenai situasi, keadaan terkini dari PKBM yang akan menghasilkan pengetahuan, gagasan dan kemungkinan terbaik untuk mengadaptasi berbagai kisah sukses dan strategi peningkatan mutu PKBM dalam kaitannya dengan tantangan dan isu yang ada di masing-masing negara peserta.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini. Saya yakin, di bawah bimbingan para nara sumber yang kepakaran dan kontribusinya sangat luar biasa dalam pelaksanaan Community Learning Center atau PKBM akan berhasil dijawab sejumlah tantangan masa depan PKBM dan apa yang dapat dihasilkan. 

Selamat Mengikuti Seminar, semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa, memberkahi kegiatan ini. 

Wassalamu’alaikum Wr Wb


sumber: http://www.paudni.kemdikbud.go.id/dikmas/index.php/berita-terkini/679-sambutan-kunci-wakil-menteri-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-pada-seminar-internasional-pusat-kegiatan-belajar-masyarakat.html
Baca selengkapnya >>

2 Agt 2012

Mendagri: Tingkatkan Peran Kepala Daerah untuk Sukseskan PAUDNI

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi beraudiensi
 dengan Direktur Jenderal PAUDNI Lydia Freyani Hawadi
di Jakarta, Senin (23/7).  Dalam pertemuan itu Gamawan
 mengatakan peran kepala daerah sangat besar untuk
 menyukseskan program PAUDNI

Pada kegiatan itu, Gamawan mengatakan Ditjen PAUDNI dapat mengumumkan pencapaian kinerja pemerintah daerah secara berkala. Ini akan memacu kepala daerah untuk memajukan PAUDNI.

“Pengumuman tersebut akan menjadi dorongan bagi kepala daerah yang berhasil memajukan PAUDNI untuk terus meningkatkan peran mereka. Demikian juga sebaliknya, pemerintah yang gagal memajukan PAUDNI akan merasa malu dan memperbaiki kinerjanya,” ujar Gamawan.

Lebih jauh, Ditjen PAUDNI dapat menegur kepala daerah yang bermasalah atau pun peran dan sumbangsihnya pada dunia PAUDNI sangat minim.

“Jika di suatu daerah bupati atau walikotanya bermasalah, maka pemerintah pusat dapat memberikan surat teguran kepada bupati tersebut yang ditembuskan pada DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah-red) ataupun Gubernur,” ujar menteri asal Sumatra Barat ini.

Selain itu, kata Gamawan, Ditjen PAUDNI juga sebaiknya menyelenggarakan pertemuan dengan kepala daerah secara nasional untuk membahas dan menyosialisasikan program PAUDNI.

Gamawan juga memuji aksi Ditjen PAUDNI yang mengukuhkan istri-istri kepala daerah sebagai Bunda PAUD. “Hal tersebut tentunya dapat mendorong peran serta para kepala daerah dalam pembangunan PAUD di wilayahnya masing-masing,” kata dia lagi. (Husnul Farizi/Dina Julita/HK)

sumber: http://www.paudni.kemdikbud.go.id/mendagri-tingkatkan-peran-kepala-daerah-untuk-sukseskan-paudni/
Baca selengkapnya >>