22 Apr 2012

Pendekatan Holistik


salah satu upaya ibu camat campakamulya
untuk melaksanakan pendekatan
holistik kepada semua pihak

Setiap orang harus menyadari bahwa masyarakat bukan milik perseorangan atau kelompok tertentu, bukan pula milik pemerintah atau instansi tertentu, kepala desa, atau siapapun. Masyarkat adalah milik semua orang yang tingal di dalamnya. Kita telah menjadi penghuni lingkungan ini untuk jangka waktu yang lama dengan bercocok tanam dan mencari nafkah secara turun menurun.

Masyarakat kita terdiri atas warga yang hidup rukun dan saling mencintai. Mereka berbagi sumber daya untuk penghidupan sehari-hari, dan selalu berbagi manfaat dari setiap kegiatanpembangunan.

Apapun yang dialami oleh masyarakat, seperti curah hujan yang kurang, kekeringan yang melanda pertanian, harga hasil tani yang murah, atau rendahnya pendapatan petani, merupakan masalah yang saling berkaitan.
Ketika sebuah masalah telah terpecahkan, masalah lainpun timbul dan begitu seterusnya. Dan ketika masalah-masalah tersebut terjadi, tidak hanya satu orang saja yang merasakan akibatnya, tetapi semua orang di lingkungan masyarakat tersebut juga merasakan hal yang sama.

Pendekatan holistik adalah cara bagi warga masyarakat dalam memadukan kecakapan berpikir dan bertindak bijdaksana dalam merencanakan pembangunan masyarakat. Dengan demikian kita memandang keseluruhan maslah dan terlibat bersama dengan yang lain, tetapi bekerja  sekehendak sendiri, maka kemampuan masyarakt bisa menurun dan kita tidak akan menemukan keberhasilan dalam kegiatan apapun. Oleh karena itu, kita memerlukan gambaran masyarakat secara menyeluruh.

Berikut cara melaksanakan pendekatan holistik:
1. Mencari fakta
2. Menggalang kemampuan
3. Menentukan kegiatan masyarakat

silahkan teman-teman berkomentar, apakah para pejabat kita sekarang sudah melaksanakan hal ini?

sumber: Panduan Penyelenggaraan PKBM "Pendekatan Holistik", 2007, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Baca selengkapnya >>

21 Apr 2012

Cara Meningkatkan Pagerank ala MLM


Cara Meningkatkan Pagerank ala MLM

Cara meningkatkan PageRank dan speed " traffic blog ", hanya diperuntukkan bagi anda yang menginginkan pageRank tinggi dan traffik blog yang sangat banyak secara instan. Cara meningkatkan page rank dengan cepat atau traffic blog speed adalah dengan cara penyebaran link menggunakan sistem Multi Level Marketing? heheh,,, kedengaran aneh tapi sow Manjur Lho.. ga percaya? buktikan aja Tips ini.." Cara Meningkatkan Pagerank ala MLM" atau bahasa lainnya Teknik SEO

kali ini saya mau mencoba mengajak temen-temen semua untuk memanfaatkan kedahsyatan faktor kali dan kecepatan penyebaran ini dalam bentuk Backlink Gratis.
Cara Meningkatkan PageRank dan Traffic Blog dengan cepat ternyata cukup mudah. Yang perlu anda lakukan adalah meletakkan link-link berikut ini di blog atau artikel atau silahkan langsung COPAS (copy Paste) artikel ini. ( semuanya ) ke Blog Anda

  1.  PKBM Cibanggala
  2.  Tips Blogging
  3.  Tips dan Trik SEO blogging
  4.  Cheat Ninja Saga
  5.  Free Download Game
  6.  Cara Membuat Blog
  7.  Bisnis Investasi Terbaik
  8.  Bisnis Internet
  9.  Artikel Gratis
  10.  Intuisiblog
  11.  SEOjaguars
  12.  Iklan baris
  13.  Ki Dukun
  14.  Blogobusiness
  15.  Rosandika
  16.  Zona Tutorial Blog
  17.  Zona Review Blog
  18.  Zona Tutorial Bisnis
  19.  Ilmu
  20.  Sang Pengawas
  21.  Gendhogo Al-Ikhlas
  22.  Gema Hati
  23.  Blogger Indonesia



Cara Kerja, pertama-tama anda meletakkan link blog anda beserta anchor text seperti susunan diatas,( jangan sampe link blog hilang itu yg terpenting ) kemudian anda hapus nomerurut ke 23 dari daftar, sehingga semua peserta naik 1 level.Yang semula berada di nomor 1 jadi nomor 2, nomor 2 jadi 3, dst. contoh PKBM Cibanggala menjadi no. 2 dan no 1 menjadi blog anda. masukkan link blog anda di posisi nomer satu (1) atau paling atas sendiri.

Jika tiap peserta mampu mengajak 5 orang saja, maka jumlah backlink yang akan didapat adalah

Ketika posisi blog anda 1, jumlah backlink = 1
Posisi 2, jml backlink = 5
Posisi 3, jml backlink = 25
Posisi 4, jml backlink = 125
Posisi 5, jml backlink = 625
Posisi 6, jml backlink = 3,125
Posisi 7, jml backlink = 15,625
Posisi 8, jml backlink = 78,125
Posisi 9, jml backlink = 390,625
Posisi 10, jml backlink = 1,953,125
dst.


Jika anda memasang sampai posisi 10 saja, dan semuanya menggunakan kata kunci (anchor text) yang anda inginkan. Dari sisi SEO, anda sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efeknya sangat luar biasa, jika pengunjung web para downline anda mengklik link itu, otomatis blog anda akan mendapat tambahan traffic.

Nah, silahkan copy paste artikel Cara Meningkatkan Pagerank ala MLM ini, dan hilangkan peserta nomor 23 lalu tambahkan link blog/website anda di posisi 1. Ingat, anda harus mulai dari posisi 1 agar hasilnya maksimal.

dan untuk temen-temen yang udah ngasih komen ataupun ngasih iklan di kolom komentar, ane akan berusaha untuk bisa buat link dengan web/situs/blog temen-temen dengan cara meng-copas artikel yang ada di web/situ/blog temen-temen. (itu pun kalau ada artikelnya yang sesuai dengan label yang ada di blog ane 'n yang paling penting di izinkan hehe..). tentunya dengan memakai sumber atau link yang 100 % dijamin ada alamat web/situs/blog temen-temen........ setuju tidak......

juga silahkan untuk memberikan komentar apabila temen-temen mempunyai cara yang lebih efesien lagi... oke... kita saling share aja.....

sumber: http://kiitshare.tk/

Baca selengkapnya >>

18 Apr 2012

Identifikasi Kebutuhan


Ibu wakil bupati cianjur sedang mengidentifikasi
kebutuhan warga korban longsor ciherang girang

Suatu masyarakat yang bertahan sampai masa kini adalah masyarakat yang memiliki potensi unggulan, nilai-nilai luhur, dan daya tarik khusus. Nilai-nilai tersebut merupakan milik berharga seluruh warga. Nilai-nilai itu sendiri dapat memberikan kontribusi dalam pemecahan masalah dan perumusan arah masa depan masyarakat yang akan ditempuh.

Kita memulai dari warga masyarakat. Mereka harus menganalisis kebutuhannya sendiri. Berikut Langkah-langkah analisis kebutuhan masyarakat, yaitu:
1. Ungkap Permasalahan
2. Pahami Latar belakang permasalahannya
3. Catat permasalahan
4. Diskusikan
5. Kelompokan Masalah
6. Analisis (uraian, kajian) masalah dan kebutuhan

Masyarakat adalah milik semua warga. Karena itu masalah yang ada merupakan masalah bersama. Tidak seorang pun mampu memecahkan masalah kalau kita tidak memecahkannya bersama. Tidak seorang pun memiliki solusi terbaik untuk suatu permasalahan melainkan solusi yang merupakan kesepakatan seluruh warga.

Apabila analisis kebutuhan masyarakat sudah dilakukan, warga masyarakat akan dengan mudah mengetahui apa yang dibutuhkannya. Jenis kegiatan seperti apa yang patut diselenggarakan oleh PKBM berdasarkan kebutuhan tersebut?

nah... apabila temen-temen punya analisis tersendiri, silahkan beri komentar ya...!!!

sumber: Panduan Penyelenggaraan PKBM "Identifikasi Masalah", 2007, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Baca selengkapnya >>

17 Apr 2012

Data Dasar Masyarakat

pencarian data dasar masyarakat
Data Dasar Masyarakat Dalam Kegiatan perencanaan, mencari pemecahan masalah, atau mengambil keputusan kita melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan berdasarkan sejumlah informasi. informasi ini berisikan data-data yang berkenaan dengan kondisi dasar masyarakat, kondisi geografis, budaya, pendidikan, perekonomian, dan data-data lain yang relevan. Kita bisa memperoleh data-data tersebut baik dari dalam masyarakat kita sendiri maupun dari luar masyarakat dengan cara melakukan survey, diskusi, wawancara dan pengumpulan data dari sumber lain. 

Data Dasar masyarakat adalah sejumlah informasi atau keterangan tentang masyarakat. Infromasi ini bisa digunakan dalam kegiatan perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Data ini antara lain tentang jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, jumlah sumber mata air, jenis-jenis mata pencaharian penduduk, dan sebagainya. 

 Data Dasar masyarakat terdiri atas dua jenis data: 
  1. Data Dasar Umum, seperti data kebutuhan minimum suatu keluarga, data kependudukan dan kondisi geografis (wilayah) desa 
  2. Data Khusus, yang berkaitan dengan sejarah, sumber daya alam, topografi (peta wilayah), objek wisata, sekolah, dan tempat peribadatan 


 Data Dasar Berguna untuk: 
  1. Mengetahui Latar belakang masyarakat 
  2. Mempelejari kekuatan dan kelemahan masyarakat dan sekitarnya 


Siapa yang membuat Data Dasar, yaitu: 
1. Pemimpin/pengurus organisasi (PKBM) 
2. Tokoh-tokoh masyarakat 
3. Sukarelawan, dan masyarakat itu sendiri 

Warga masyarakat harus menyadari kegunaan data bagi kegiatan perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Data tersebut diperoleh melalui kerja sama antara anggota masyarakat dengan masyarakat lain di sekitarnya. Data Dasar menyediakan informasi-informasi yang sesuai dan yang dapat digunakan untuk memecahkan semua permasalahan di masyarakat. 

 sumber: Buku "Data Dasar Masyarakat"
Baca selengkapnya >>

16 Apr 2012

Referensi Blog/web

referensi blog
Sebenarnya untuk posting ini berat rasanya, karena tidak semua pengunjung blog bisa tertulis oleh saya. Tujuan posting ini hanya menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada para pengunjung blog. Dan akhirnya penyelamatan data pengunjung juga sih..., soalnya data ini diambil dari shoutmix gratisan yang keburu ditutup hehehe... walaupun tidak semuanya, akan tetapi semoga ini menjadi jalan apresiasi dari admin. Dan mungkin saja bisa menjadi referensi untuk sekedar blogwalking buat temen-temen. Data ini akan terus di up date 3 (tiga) bulan sekali yang sekarang diambilnya dari Cbox dan Bok Komentar. Pengunjung ini saya anggap menjadi link teman yang akan menjadi salah satu jalan menuju perbaikan blog. Terima kasih atas kedatangannya... terima kasih untuk tidak menjadi silent guest.... terima kasih untuk tidak menjadi silent reader .... terima kasih atas atensinya... terima kasih atas komentarnya ... terima kasih atas masukannya........... 

Apabila berkenan silahkan untuk menambahkan link anda di Bok Komentar dan tambahkan Link blog saya http://pkbmcibanggala.blogspot.com (silahkan di copas).... 
Baca selengkapnya >>

15 Apr 2012

Membuat Blog Dapat Banyak Komentar

Membuat Blog Dapat Banyak Komentar
Saya sedang terus belajar membuat blog yang dapat mendapatkan banyak komentar.Karena ketika saya sedang “blogwalking” ke blog teman-teman yang lain, saya sering melihat kenapa blog yang satu dapat banyak komentar dan kenapa blog yang lain sepi sekali pemberi komentar layaknya piala uber, tapi nggak banyak yang memberi sorakan. :). Nggak seru kan? 

Blogwalking adalah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh pengunjung blog dengan mengunjungi blog sejenis di search engine google dan kemudian setelah ketemu, baca-baca lalu mereka meninggalkan “jejak” yaitu berupa komentar di blog tadi. Tujuannya pemberi komentar bisa memberikan alamat blognya dan menanamkan kata kunci yang ditarget. Sehingga diharapkan tautan balik ke blognya menjadi meningkat dan ini akan sangat berpengaruh pada posisi search engine rangking blog tersebut. Bayangkan saja, dengan banyak-banyak blogwalking ke blog sejenis, sudah dapat cuci mata, dapat baca-baca, dapat banyak ide, eh masih dapat memberikan komentar ( tautan balik ) yang sangat menguntungkan posisi blog anda di search engine. Enak kan? Nah sebagai pemilik blog yang diberikan komentar, tentunya juga untung dong. Karena dapat content. :) Dapat isi. Ibarat sosis, ada dagingnya. :) Nyam. 

Jadi jangan sungkan kasih komentar yang banyak di blog ini yah! :) Ntar dibeliin sosis kalau ketemu. :) Lalu bagaimana caranya, jika anda pemilik blog supaya mendapatkan banyak komentar, dan bukan hanya sekedar “Banyak Kunjungan” saja, inilah dia:

Pastikan blog anda menarik dan mudah dijelajahi. 
Yah kalau blognya ruwet, dengan warna gelap banget atau warnanya mencolok mata, terus banyak sekali flash banner dimana-mana, bagaimana orang bisa betah berlama-lama? Jangankan memberikan komentar. Bertahan lebih dari 5 menit saja sudah syukur. :) Jangan tertawa, saya masih loh menemukan banyak blog seperti itu. Coba deh cari-cari lewat search engine. Anda akan menemukan blog beragam jenis dan warna serta corak. Beberapa sangat profesional, beberapa sangat atraktif, beberapa cool abis, kayak blog ini. :) hahaha. Kapan lagi muji diri sendiri. 

Pastikan blog anda layak diberi komentar
Jadi pastikan postingannya menarik untuk dikomentari. Tidak harus selalu bermanfaat. Boleh saja post anda lucu, menggemaskan, romantis, menyeramkan; Hiiiii! atau apapun yang penting menghibur dan mengundang komentar. Kalau nggak menarik gimana mau komentar? membosankan! :) Nah gimana tehniknya supaya menarik? saya akan buat di satu postingan sendiri yah. Nantikan! 

Undang mereka untuk mengisikan komentar
Bila komentar yang anda inginkan, maka mintalah! Jangan asumsikan bahwa pengunjung sudah pasti tahu maunya kita. Mereka tidak tahu dan tidak mau tahu. Anda harus sampaikan, misalnya: 
  • Pesan sekarang juga! Isikan email dan nama anda dibawah ini! 
  • Berikan komentar anda di bawah postingan ini! 
  • Bagaimana menurut anda, apa yang saya sampaikan diatas? 
  • Saya sukanya Brenda, bagaimana menurut anda, pembaca? 
  • silahkan berikan komentar anda. ——– 
Jadi intinya: minta saja, libatkan mereka. Jangan dicuekin. Nanti mereka merasa nggak diperhatikan. Okay?

Kalau anda mempunyai Newsletter, maka beritahu mereka kalau anda membuat postingan baru
Ini ampuh sekali. Seorang teman baik saya, Welly Kusuma, pemilik wellymulia.com yang pertama kali menunjukkan kepada saya pentingnya memberitahu newsletter saya kalau saya habis ngepost di blog saya. Tidak heran website Welly komentarnya untuk satu postingan saja bisa sampai 50-an. Wow! Silahkan kunjungi website Welly di: wellymulia.com setelah membaca postingan ini! :) 

Kreatiflah! Gunakan berbagai cara! 
Misalnya: ada yang memberikan sebuah report/ebook setiap ada komentar baru yang berkualitas. Tidak heran blognya mendapatkan banyak sekali komentar! Karena anda seperti menyogok pengunjung untuk memberikan komentar. Dan itu bagus! kreatif. 

Gunakan fitur berlangganan via email yang disediakan oleh Google Feedblitz
Feedblitz adalah sebuah program yang anda bisa daftar dan gunakan gratis di feedblitz.com yang gunanya adalah untuk pengunjung blog anda bisa berlangganan setiap postingan anda di email mereka. Jika anda memasang fasilitas ini di blog anda ( seperti yang saya lakukan, disebelah kanan atas blog ini. Pastikan anda berlangganan blog saya di email anda, supaya anda tidak ketinggalan postingan yang keren dan bermanfaat. Apalagi Gratis! ) maka setiap anda melakukan posting sebuah artikel di blog anda mereka akan mendapatkan ringkasannya. Dan apabila pelanggan tadi ingin membaca lebih jauh maka mereka bisa mengklik link yang akan membawa mereka langsung ke postingan anda. Hampir semua blog hebat menggunakan fasilitas “berlangganan isi blog via email ini” jadi jangan remehkan fasilitas ini. Ibaratnya anda sudah punya pengunjung setia dari blog anda. Bergabunglah dengan 80 orang lebih yang berlangganan blog ini, yang tidak mau ketinggalan berita-berita terhangat tentang bisnis online! Okay, jadi anda sekarang sudah tahu cara-cara mendapatkan banyak komentar ke blog anda. Ingatlah bahwa komentar juga sama dengan konten. Ingat sosis! :) Dan ada interaksi antara anda dengan pengunjung. Bayangkan kemungkinannya jika blog anda bukan hanya banyak pengunjung namun juga banyak komentarnya! 

Nah, sekarang, isikan komentar anda dibagian bawah postingan ini!

sumber: Kusuma Putra
Baca selengkapnya >>

13 Apr 2012

Kadal


kadal jadi raja

Aya kadal gawena ngan huleng jentul bae, aral subaha heunteu tumarima kana kadar.
Ku tina nalangsana, tuluy manehna tapa. Panteng neneda ka Nu Kawasa hayang jadi manusa, sangkan hirupna lugina.
Panedana dikabul, jleg bae kadal teh jadi manusa. Atuh kacida atoheunana. Tuluy imah-imah nurutan batur.
Tacan sabaraha lilana jadi manusa, geus ngarasula deui. Da eta cenah sok dikuah-kieuh ku Pa Kuwu.
Ku sabab manehna teu tumarima jadi somah, tuluy tapa deui hayang jadi Kuwu. Panedana ku Nu Kawasa dikabul deui. Manehna kapilih jadi Kuwu di hiji desa.
Teu mangkuk sabaraha bulan, manehna geus aral deui bae.
Ngarasa teu senang, pedah sok digetrik-getrik jeung diparentah ku Pa Camat.
Adat eta Sakadang Kadal teh ngan kitu jeung kitu bae, narah pinanggih jeung susah. Gawena sakeudeung-sakeudeung tapa, sakeudeung-sakeudeung tapa, neneda supaya naej pangkat anu leuwih luhur, dan nya eta senang bae tea.
Pamentana dikabul-dikabul bae, nepi ka bisa jadi Sultan.
Sultan anyar teh ngarasa lugina manahna, da teu aya nu wani ngagetrik-getrik. Atuh rahayatna dikitu-dikieu teh narurut bae. Estu senag hirupna teh bisa sakama-kama jeung sawenang-wenang.
Hiji poe Sultan teh kacida kageteunana, lantaran ngadangu sora karalang-kurulung. Anjeuna mariksa ka Patih, “Patih, naon eta karalang-kurulung teh?”
Walon Patih, “Soanten kohkol di Masjid, nun!”
Saur Sultan, “Sora Kohkol ?”
“Sumuhun, ngawartosan ka sadaya umat Islam kedah saralat Lohor,” Walon patih.
“kami oge kudu salat deuih?”
“kantenan. Sumawonten nu jadi Sultan mah, margi sajabi ti kedah ngolah nagara, Sultan teh kapala agama deuih! Hartosna anu wajib nyontoan sareng nungtun sadaya umat Islam, supados tara’at kana agamana.
“Saha jelemana anu kumawani nakol kohkol ngaluhuran kami, Patih?”
“Sumuhan pun Merebot, nun!”
Sultan sasauran salebeting manahna, “Ana kitu, masih aya keneh bae abu kudu dikawulaan ku aing teh. Tetela pangkat Merebot teh, saluhureun pangkat Sultan.”
Ti dinya Sultan teh tapa deui, neneda ka Nu Kawasa palay jadi .... Merebot. Panedana heunteu dikabul jadi Merebot, tapi keresek teh jadi .... kadal deui. Tereleng bae lumpat ka nu bala!

Sumber: Ki Umbara, 1983, Torotot Heong, Bandung: Rahmat Cijulang

Baca selengkapnya >>

12 Apr 2012

RPP Tematik Kelas 2 SD: Hak dan Kewajiban Anggota Keluargaku - Pertemuan 9, 10, 11, dan 12


hak dan kewajiban anggota keluarga

TEMA : HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).

II.   INDIKATOR
§ Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§ Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
§ Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah (IPS).
§ Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§ Mendeskripsikan pentingnya sebuah dokumen keluarga dan ketika sekolah sebagai haknya.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan.
§ Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§ Menjelskan isi puisi.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
§ Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§ Membilang loncat.
§ Melakukan variasi gerak  dorong, tarik dan putar dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).
§ Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai ukuran ruang beregu.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).

2.   Kegiatan Inti
1) Bertanya jawab tentang benda-benda yang ada di dalam kelas dikaitkan dengan hak dan kewajiban anak di kelas setelah siswa dapat memahami, dialihkan pembicaraan dengan hak dan kewajiban di rumah.
2) Semua siswa diminta mengidentidikasi benda-benda yang ada di rumah yang dikelompokkan menjadi kelompok bidang datar, bidang miring, bidang melengkung, tekstur halus, tekstur kasar, kemudian dikaitkan dengan kewajiban untuk memelihara kebersihan keamanan barang yang dimiliki tersebut (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
3) Guru menceritakan kewajiban untuk melestarikan budaya bangsa seperti tarian daerah, nasional, lagu-lagu daerah yang isinya tentang hak dan kewajiban (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat, Seni-Budaya).
4) Siswa diminta untuk bercerita tentang  dirinya sendiri :
· hak apa saja yang dimiliki di rumah
· hak apa saja yang dimiliki di sekolah
· kewajiban apa saja yang dimiliki di rumah
· kewajiban apa saja yang dimiliki di sekolah
5) Selanjutnya semua siswa secara mandiri ditugaskan  mengerjakan hitungan ”membandingkan bilangan” Pada bagian “Ayo Berhitung” (halaman 37, 38, 39, 40, 41 dan 42) (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat, Seni-Budaya).
· Telur yang diambil paman dengan yang diambil bibi
· Sisa uang saku sinta dengan sisa uang saku adi
· Mengurutkan bilangan
· Membilang loncat
6) Bagian “Ekspresikan Dirimu” di hal 28, semua siswa diminta untuk membaca teks kemudian ditugaskan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan petunjuk.
7) Semua siswa diajak berdinamika (Ayo Bermain) “Pesan Berantai sesuai dengan contoh (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
8) Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal tentang hak dan kewajiban 45 dan 46.
9) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.


Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2


Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§ menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§ semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur ketercapaian indikator.


Cara bermain:
· Guru menyiapkan pesan pada selembar kertas.
· Pemain pertama disuruh membaca isi pesan tersebut kemudian kertas dilipat/digulung, dan tidak boleh dibuka sebelum sampai pada pemain kelima.
· Setelah membaca, pemain pertama melalui rintangan balok 1 menyampaikan pesan secara lisan (berbisik) kepada pemain kedua dan menyerahkan gulungan kertas yang berisi pesan.
· Kemudian pemain kedua melalui rintangan balok 2 akan melanjutkan ke pemain ke 3 dst sampai pemain ke 5.
· Pemain ke 5 sebagai penerima pesan terakhir mengucapkan isi pesan dari pemain ke 4 (didengar oleh semua kelompok) kemudian dicocokkan dengan isi pesan yang ada di dalam gulungan kertas tadi.
· Guru dapat memberikan penilaian berdasarkan kesesuaian isi pesan berantai dengan kecepatan dan ketepatannya.

Baca selengkapnya >>

11 Apr 2012

RPP PKn Paket B Kelas IX: Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi


globalisasi

NAMA KEJAR                        :

MATA PELAJARAN              : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS/SEMESTER               : IX/II

STANDAR KOMPETENSI    : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan   bernegara

Baca selengkapnya >>

4 Apr 2012

Anak saya Tommy, bukan anak bodoh !!!


Anak saya Tommy,
 bukan anak bodoh !!!

Suatu hari, seorang bocah berusia 4 tahun, agak tuli dan bodoh di sekolah, pulang ke rumahnya membawa secarik kertas dari gurunya. ibunya membaca kertas tersebut, " Tommy, anak ibu, sangat bodoh. kami minta ibu untuk mengeluarkannya dari sekolah."

sang ibu terhenyak membaca surat ini, namun ia segera membuat tekad yang teguh, " anak saya Tommy, bukan anak bodoh. saya sendiri yang akan mendidik dan mengajar dia."

Tommy bertumbuh menjadi Thomas Alva Edison, salah satu penemu terbesar di dunia. dia hanya bersekolah sekitar 3 bulan, dan secara fisik agak tuli, namun itu semua ternyata bukan penghalang untuk terus maju.

tak banyak orang mengenal siapa Nancy Mattews, namun bila kita mendengar nama Edison, kita langsung tahu bahwa dialah penemu paling berpengaruh dalam sejarah. Thomas Alva Edison menjadi seorang penemu dengan 1.093 paten penemuan atas namanya. siapa yang sebelumnya menyangka bahwa bocah tuli yang bodoh sampai-sampai diminta keluar dari sekolah, akhirnya bisa menjadi seorang genius? jawabannya adalah ibunya!

Ya, Nancy Edison, ibu dari Thomas Alva Edison, tidak menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya. Nancy yang memutuskan untuk menjadi guru pribadi bagi pendidikan Edison dirumah, telah menjadikan puteranya menjadi orang yang percaya bahwa dirinya berarti. Nancy yang memulihkan kepercayaan diri Edison, dan hal itu mungkin sangat berat baginya. namun ia tidak sekalipun membiarkan keterbatasan membuatnya berhenti...

Baca selengkapnya >>

3 Apr 2012

Perencanaan Mikro Untuk Pembangunan Masyarakat

Perencanaan Mikro Untuk Pembangunan Masyarakat
ketika kita akan melakukan suatu kegiatan sebaiknya kita melakukan persiapan awal yang berkenaan dengan gagasan pemikiran, dana yang dibutuhkan, dan daya dukung sumber daya manusia dan sumber daya alam yang tersedia.

perencanaan ini memungkinkan kita untuk menggerakan seluruh potensi dan dukungan kerja sama setiap warga secara sistematis. Ada tiga jenis Perencanaan Masyarakat, yaitu:
1. Perencanaan Awal (self-reliance plan/SRP)
    adalah rencana kerja yang akan dilaksanakan oleh warga masyarakat sendiri tanpa bantuan dari lembaga 
    pemerintah maupun pihak lain.
2. Perencanaan Bantuan Kerjasama (requested service plan/RSP)
    merupakan bentuk kerja sama dengan pihak luar masyarakat, seperti dengan pihak lembaga atau pihak 
    terkait. hal ini dilakukan karena ada bagian kegiatan yang tidak dapat didukung oleh kemampuan yang 
    ada di masyarakat. hal yang dikerjasamakan termasuk: bantuan dana, atau bantuan teknis dari nara 
    sumber
3. Perencanaan Bantuan Donor (outside support plan/OSP)
    merupakan bentuk perencanaan untuk kegiatan yang sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan 
    masyarakat namun masyarakat tidak dapat melaksanakannya sendiri tanpa dukungan dari luar. 
    perencanaan kategori ini sepenuhnya tergantung bantuan langsung dari pemerintah atau lembaga luar.    
    contoh: warga membutuhkan pembangunan jalan tetapi tidak mampu membangun jalannya sendiri tanpa 
    sumbangan dari pemerintah.
 
    sumber : Buku "Perencanaan Mikro Untuk Masyarakat"
Baca selengkapnya >>

2 Apr 2012

Standar Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Disamakan

Standar Lembaga Pendidikan
Anak Usia Dini Disamakan
Padang -- Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menata kembali lembaga pendidikan anak usia dini untuk menyamakan standar. Direktur Jenderal PAUDNI Lydia Freyani Hawadi mengatakan, status akreditasi menjadi perhatian penataan. Saat ini, lembaga PAUD yang sudah mendapat akreditasi baru 0,16 persen dari total lembaga yang ada. "Diharapkan jumlah ini akan lebih bertambah," ujar Lydia pada pembukaan Orientasi Teknis Penguatan Kapasitas Forum Pengembangan Anak Usia Dini Tingkat Nasional, Selama (27/3) malam, di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat. 

Tingkat pendidikan guru PAUD juga mendapat perhatian penataan. Guru PAUD diharapkan berstatus pendidikan S1. Lembaga PAUD yang memiliki guru dengan kualifikasi tersebut, dapat mengarahkan mereka untuk melanjutkan pendidikan. Selanjutnya, guru yang sudah menamatkan pendidikan S1 dapat mengurus sertifikasi agar mendapatkan tunjangan fungsional dari pemerintah. Dari total 22 ribu orang guru PAUD di Indonesia, baru 2.000 orang yang mendapat sertifikasi. 

Untuk tempat penitipan anak (TPA), persyaratan pendidikan bagi guru adalah tamatan sekolah menengah atas, yang ditambah dengan pendidikan dan latihan pendaftaran yang diselenggarakan per tahun. Lydia menghimbau para pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan TPA meningkatkan jumlah pendidikan dan latihan. Dan, menjangkau guru dan pengasuh yang belum memenuhi syarat pendidikan dan latihan. Demikian juga pembimbing untuk lingkungan kelompok bermain. "Jadi, perbaikan ini bukan hanya pada guru, dan tenaga kependidikan tapi juga lingkup kelembagaan," ujar Reny. Pada penataan sarana dan prasarana, Lydia mengungkapkan, ada intervensi dana bantuan. Sebanyak Rp100 juta diberikan kepada lembaga Muslimat Nahdlatul Ulama, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid (BKPRM), Aisyiah, Dharma Wanita, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi), dan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI). "Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan kapasitas lembaga PAUD," ujar Lydia. Ketua Forum PAUD Damanhuri Rosadi menjelaskan, pemberian bantuan kepada lembaga besar itu sebagai kegiatan percontohan pembenahan standar PAUD. 

Lembaga-lembaga itu membawahi lingkungan PAUD yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Diharapkan lembaga itu dapat berkoordinasi dalam pemetaan kebutuhan, dan kekurangan dari masing-masing lingkungan PAUD yang dibawahi. Damanhuri mengungkapkan pemetaan bagi PAUD yang tersebar di tiap provinsi sedang dilakukan. "Jadi lebih akurat untuk berikan bantuan bagi PAUD di daerah terpencil," ujar Damanhuri.(GG) 

Baca selengkapnya >>