31 Mar 2011

free counters
Baca selengkapnya >>

30 Mar 2011

KONSEP DASAR DAN NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER


Oleh:
Drs. AHMAD SUNARYA, M.Pd
Pada Sosialisasi PUG
Di WISMA SINAR KASIH
9 Maret 2011


GENDER ??
*Gender berbeda dengan jenis kelamin
*Gender tidak hanya membicarakan perempuan saja ataupun laki-laki saja
*Gender bukan konsep tentang perbedaan biologis yang dimiliki keduanya
*Gender bukan sinonim untuk perempuan 
Baca selengkapnya >>

27 Mar 2011

MITOS DAN FAKTA GENDER


Oleh:
Drs. AHMAD SUNARYA.,MPd.
KASI DIKMAS, KELEMBAGAAN DAN KURSUS
 pada Sosialisasi PUG
di Wisma Sinar Kasih, Cipanas, Cianjur
Cianjur, 9 Maret 2011


APA ITU MITOS?
Pandangan tertentu yang melekat kuat pada suatu masyarakat, berasal dari sumber yang tidak jelas, dan seringkali mengakibatkan pola perilaku yang tidak tepat.
Mitos berkembang disebabkan:
u  Kebiasaan-kebiasaan yang berkembang di masyarakat
u  Tradisi/kebiasaan atau norma masyarakat
u  Kecenderungan untuk mengambil kesimpulan secara berlebihan dari fakta yang ada
Baca selengkapnya >>

23 Mar 2011

KEBIJAKAN DAN PROGRAM PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DINAS PENDIDIKAN KAB. CIANJUR


Oleh:
Drs. AHMAD SUNARYA.,MPd.
KASI DIKMAS, KELEMBAGAAN DAN KURSUS
pada Sosialisasi PUG
Wisma Sinar Kasih
Cianjur9 Maret 2011


  

Hambatan Implementasi Program
Hambatan Kultural:
·         Masih melekatnya budaya patriarkis di masyarakat sehingga masih terjadinya pandangan yang keliru terhadap peran laki-laki dan perempuan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Masih kurangnya pemahaman para stakeholders di bidang pendidikan terhadap konsep kesetaraan gender dalam bidang pendidikan

Hambatan Struktural:
·         Masih adanya kelemahan sistem koordinasi dan komitmen dalam PUG  Pendidikan diantara para pengambil kebijakan baik di tingkat propinsi maupun kabupaten/kota,
·         PUG diidentikkan dengan perempuan saja dan eklusif merupakan tanggung jawab program PLS saja, dan
·         masih adanya iklim dan budaya organisasi yang tidak responsif gender. 

Baca selengkapnya >>

22 Mar 2011

MEMBENTUK ETIKA MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

Apakah Anda termasuk Seorang Pemimpin Yang Baik ?, jawabannya ada pada anda sendiri. Tetapi anda juga tidak bisa begitu saja mengklaim bahwa diri anda adalah seorang pemimpin yang baik, karena begitu banyak aspek yang menjadi kriteria yang menunjukkan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang baik.

Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah, banyak sekali orang berambisi untuk dapat menempati posisi ini, tetapi apakah sebenarnya yang menjadi motivasi mereka sehingga sangat berambisi agar bisa menjadi seorang Bos ??!! apakah hanya sekedar untuk dihargai, disanjung atau dihormati ? wah...ini adalah suatu persepsi yang salah. Bukan hanya dalam dunia politik, pemerintahan atau Perusahaan bahkan dalam organisasi yang paling kecil yaitu Rumah Tangga hal ini sering di jumpai., seorang pemimpin yang seharusnya menjadi seorang pelindung, justru menjadi seorang diktator yang tidak pernah bisa disalahkan. Lantas apa dan bagimana sebenarnya ETIKA yang harus dimiliki seorang pemimpin ??

1. Menghargai hasil kinerja anak buah
Dengan adanya rasa menghargai kepada anak buah, tentu menjadi suatu motivasi yang jitu dalam memacu semangat kerja mereka. Dengan kita memberikan pujian terhadap hasil karya mereka walaupun itu menurut pikiran kita "remeh" atau "gampang dilakukan". Perlu diketahui bahwa hasil tersebut dilakukan dengan sekuat tenaga oleh anak buah anda. Dengan memberikan pujian pada waktu dan kesempatan yang tepat maka anak buah akan merasa dihargai. Hal ini akan berdampak pada kemajuan kinerja dari anak buah anda nantinya.
Baca selengkapnya >>

21 Mar 2011

PENGETAHUAN BAGI SEORANG PEMIMPIN

leader performance = (knowledge+skill) x attitude

KNOWLEDGE/PENGETAHUAN
Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kepemimpinan dan ilmu tentang ruang lingkup kerja profesinya yang terdiri dari pengetahuan kognitif maupun skill/keterampilan. Seorang pemimpin akan dihadapkan pada situasi tertentu dimana dia harus mengambil keputusan yang tepat dalam menyelasaikan masalah. Dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat adalah pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki.
Oleh karena itu untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif yang mampumengambil keputusan yang tepat dalam suatu situasi tertentu maka haus memiliki pengetahuan tentang :

Baca selengkapnya >>

20 Mar 2011

Peranan Pemimpin di Sekolah


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Visi Reformasi Pembangunan dalam rangka penyelamatan dan Reformasi kehidupan nasional yang tertera dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin.
Baca selengkapnya >>